free stats
banner 728x250
Berita  

Perluas Pangsa Pasar, UMKM Emak-emak Mampu Naikan Omset Dua Kali Lipat

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan Fahdi Fahlawi

Jakarta – Sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan bantuan APP Sinar Mas berhasil memperluas pangsa pasarnya setelah mengikuti Program Inkubasi Bisnis bekerjasama dengan Yayasan Doktor Sjahrir dan Komunitas Womenpreneur.

banner 325x300

Tatik, pemilik usaha makanan jajanan yang disponsori oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Kabupaten Perawang Riau, mengaku mengalami peningkatan omzet dua kali lipat setelah mengikuti pelatihan.

Dan Tatic dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022): “Saya sangat menikmati berkah Ramadhan kali ini, saya memesan hingga 300 kilogram untuk berbagai jenis keripik.”

Ia menuturkan, awalnya hanya menjalankan usaha sederhana pada tahun 2021, padahal perusahaannya nyaris gulung tikar akibat pandemi Covid-19.

Namun, setelah mengikuti program inkubasi bisnis selama dua bulan dan mendapatkan bantuan dari mentor, bisnisnya berkembang pesat.

Salah satu pendamping dari program ini, Lily dari PT IKPP Tangerang mengatakan, ada sejumlah tantangan dalam membawa pelaku UMKM ini untuk maju ke kelas.

Namun dengan bantuan tersebut, para pelaku UMKM dapat yakin akan memasuki pasar nasional.

“Kami mensupervisi setidaknya 20 proyek kecil dan menengah, mulai dari mengajarkan bagaimana menyiapkan laporan keuangan, menetapkan tujuan, dan branding produk hingga menemukan pasar,” kata Lilly.

Sementara itu, Ketua Yayasan Doktor Kecil (YDS), Kartini Saher mengatakan bahwa Program Pemberdayaan Perempuan oleh UMKM merupakan wujud nyata dari semangat pembebasan perempuan yang diungkapkan oleh RA Kartini.

“Pembebasan adalah bagaimana memberikan kesempatan dan kesempatan sebesar-besarnya kepada perempuan untuk berpartisipasi di segala bidang, dalam hal ini usaha kecil dan menengah,” ujarnya.

Melalui UMKM, perempuan berperan dalam ketahanan ekonomi keluarga, terutama di tengah pandemi.

Untuk itu, upaya APP Sinar Mas dalam membina pelaku UKM di kalangan ibu-ibu dan mentransfernya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara patut diapresiasi.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Kewirausahaan Irma Sustica menambahkan, program yang telah berjalan sejak Oktober 2021 ini diikuti oleh 40 pelaku UMKM yang tersebar di sejumlah provinsi.

Terus ditingkatkan dari Oktober hingga Desember 2021 untuk memperluas jangkauan pasar, khususnya menargetkan pasar nasional hingga pasar global.

Kemudian, mereka diberikan bantuan untuk mendigitalkan bisnis sehingga diharapkan mampu membobol bisnis e-commerce.

“Tanpa mengurangi, kami juga memberikan peluang banyak produk lokal unggulan dikoordinasikan untuk menembus pasar Belanda,” ujarnya.

“Diharapkan melalui sinergi antara masyarakat, YDS dan APP Sinar Mas dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan serta ikut menjaga bumi kita dari ancaman terbesar yaitu perubahan iklim,” tutup Chief Sustainability Petugas APP. Sritapa (*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.