free stats
banner 728x250
Berita  

Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Akan Melemah Hingga Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan , Reynas Abdila

JAKARTA – Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Anthony Budiawan memprediksi pertumbuhan ekonomi akan terus melemah dalam jangka tidak terlalu lama hingga pemilu 2024.

banner 325x300

Hal itu disebabkan ekonomi global sedang melawan inflasi yang meningkat tajam, bank sentral terkemuka dunia menaikkan suku bunga acuan cukup agresif.

“Suku bunga ini akan terus naik sampai inflasi terkendali artinya sampai harga komoditas turun, yang merupakan suatu kenisyaan,” kata Anthony dalam catatannya dikutip Senin (8/8/2022).

Menurutnya, Indonesia dan keuangan negara untuk sementara waktu diselamatkan oleh melambungnya harga durian runtuh komoditas, yang merupakan berkah bagi pengusaha dan pemerintah tetapi derita bagi rakyat.

“Kenaikan harga komoditas juga mengakibatkan kenaikan harga pangan dan energi, inflasi, yang sebagian besar dibebankan kepada rakyat,” tukas Anthony.

Pihaknya meyakini penurunan harga komoditas tinggal menunggu waktu, ketika itu datang, ekonomi dan keuangan negara dalam posisi memprihatinkan dan dapat memicu krisis valuta dan krisis fiskal.

Hal tersebut memicu aliran dolar ke luar negeri diperkirakan akan meningkat dan sulit dikendalikan.

Anthony menjelaskan penurunan harga komoditas akan membuat ekspor dan neraca perdagangan turun drastis, membuat defisit transaksi berjalan membesar.

Selain itu, pertumbuhan investasi asing akan melambat bahkan kontraksi. Resesi global akan menahan aliran penanaman modal asing (PMA).

“Investasi portfolio kemungkinan besar juga akan kontraksi artinya investor asing akan divestasi saham dan obligasi,” lanjutnya.

Kontraksi ekspor, investasi dan belanja negara akan berpengaruh pada daya beli dan konsumsi masyarakat yang diperkirakan akan terus melemah.

Pemetintah Tetap Optimistis

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif lebih baik dibanding negara lain.

Meskipun dua engine pertumbuhan ekonomi dunia yaitu China dan Amerika Serikat sedang dalam situasi stasioner dan Pemerintah berharap dalam jangka panjang tidak berdampak pada ekonomi di ASEAN.

“Pengeluaran konsumsi dan ekspor menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi pada triwulan ini,” katanya dalam Konferensi Pers tentang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia kuartal II tahun 2022, Jumat (5/08),

Kebijakan Pemerintah yang mengijinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik pada Hari Raya Idulfitri di bulan Mei lalu telah mendorong konsumsi masyarakat dengan sangat kuat dan menghasilkan perputaran ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Sumbangan pertumbuhan yang siginifikan juga berasal dari kinerja impresif ekspor Indonesia.

Selain karena faktor peningkatan harga komoditas, menguatnya kapasitas output di berbagai sektor juga turut mendorong peningkatan ekspor Indonesia.

“Konsumsi Rumah Tangga pertumbuhannya 5,51 persen artinya engine pertumbuhan dari segi Rumah Tangga yang selama Covid-19 berdampak, ini sudah kembali pada kondisi asal,” ujar Menko Airlangga.

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah masih tumbuh positif.

Ketimpangan ekonomi antar wilayah juga semakin berkurang.

Ekonomi luar Jawa, terutama Maluku dan Papua tumbuh tinggi 13,01 persen bahkan Bali Nusra mulai tumbuh dan mencapai 3,94 persen.

“Ekonomi di Jawa pulih dan yang menarik tentu Bali Nusra yang biasanya pertumbuhannya rendah, ini sudah naik di 3,4 persen. Jadi pembukaan di sektor pariwisata, kebijakan dari penanganan Covid-19 yang sudah membuka terhadap turis ini sangat membantu di Bali dan Nusa Tenggara,” jelas Menko Airlangga.

Pertumbuhan Ekonomi Ri Diprediksi Turun Menjadi 5 3 Persen Di
Bahkan di tahun depan pertumbuhan ekonomi juga akan terpangkas 0 pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi makin melemah hingga tahun depan

Csis Stagnasi Ekonomi Dan Kepuasan Publik Alasan Tak
Dibandingkan dengan pdb tahun 2020 yang pertumbuhan ekonomi diprediksikan ekonomi nasional akan tumbuh di kisaran 4 7 hingga 5 5 di

Bab 2 Perkembangan Ekonomi Beberapa Negara Dan Kawasan
Ekonomi yang melemah serta inflasi yang textiles akan dikenakan tarif pada 15 desember 2019 ekonomi diprediksi berlanjut hingga akhir 2019 seiring

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melemah Bbc News Indonesia
Ekonomi indonesia diprediksi tumbuh 5 1 5 5 pada tahun 2014 perekonomian indonesia menurun pada kuartal kedua tahun ini ungkap badan

Ekonomi Global Diprediksi Terus Melemah Ini Dampak Bakal
Pertumbuhan ekonomi berbagai negara seperti as eropa jepang china dan india diperkirakan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Bakal Lebih Rendah
Bank indonesia bi memperkirakan pertumbuhan ekonomi indonesia akan meningkat lebih tinggi pada kisaran 4 7 persen hingga 5 5 persen

Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Sulit Capai Target Ini Penyebabnya
Jakarta pertumbuhan ekonomi indonesia diprediksi akan sulit mencapai target apbn 2019 yang sebesar 5 3 persen

Realisasi Kebijakan Pemerintah Lemah Kemenperin
Pertumbuhan ekonomi tahun 2014 diprediksi 5 6 persen 5 8 persen dengan tingkat inflasi 5 persen 6 persen ekonom institute for development of economics and

Inilah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 2024
Direktorat perencanaan makro dan analisis statistik kementerian ppn bappenas merilis outlook perekonomian indonesia pasca pemilu nasional yang

Mengapa Pemilu Berpengaruh Terhadap Ekonomi Indonesia
Pemilu kerap disebut sebut dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia baik positif maupun negatif apa saja faktornya

Kenapa Bank Dunia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Ri
Harga minyak kelapa sawit mentah crude palm oil cpo melemah hingga 17 yoy di kuartal i 2019 melanjutkan pelemahan 23 yoy di kuartal

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.