free stats
banner 728x250
Berita  

Prediksi Menteri BUMN: Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh 8 Kali Lebih Cepat Di 2030

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memprediksi ekonomi digital Indonesia pada 2030 akan tumbuh sangat masif hingga 8 kali lipat dari APBN yang hanya tumbuh 1,5 kali lipat.

“Jadi nanti di tahun 2030 ekonomi digital kita akan tumbuh 8 kali lipat lebih cepat dari APBN yang hanya 1,5 kali lipat. Tak hanya itu, kue ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp 4.500 triliun menjadi terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030, ” ujarnya saat menjadi keynote speech pada acara “Menuju Cashless Society” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jakarta, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

banner 325x300

Melihat masifnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, ia berharap seluruh masyarakat khususnya generasi muda (milenial) bersiap.

Menurut Erick, ekonomi digital saat ini memasuki gelombang ketiga dan berharap Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

“Saat ini, tantangan generasi muda Indonesia adalah mempersiapkan diri di era digital dan menghadapi perubahan dengan menjadi bagian dari perubahan itu sendiri,” ujarnya.

Erick menjelaskan, ada 5 prioritas utama Kementerian BUMN dimana inisiatif digitalisasi menjadi faktor kunci dalam program tersebut, termasuk inovasi modal usaha yaitu Business Model Restructuring.

Hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan ekosistem kolaboratif, pertimbangan, kebutuhan pemangku kepentingan dan fokus pada bisnis inti.

”Yang kedua Talent Development. Kami mendidik dan melatih tenaga kerja, mengembangkan SDM yang berkualitas untuk Indonesia, profesionalisasi tata kelola dan sistem seleksi SDM,” ujarnya.

Ketiga adalah Technology Leadership yang memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kemampuan digital seperti manajemen data, analitik lanjutan, data besar, kecerdasan buatan.

Keempat, meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial khususnya di bidang ketahanan pangan, energi dan kesehatan dan terakhir mengoptimalkan nilai aset dan menciptakan ekosistem investasi yang sehat.

Senada dengan Erick, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan pada tahun 2021 ekonomi digital berbasis internet di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, akan tumbuh pesat.

Sektor jasa keuangan digital yang meningkat khususnya layanan pinjaman digital menyebabkan dominasi uang tunai semakin berkurang seiring dengan penggunaan pembayaran non tunai alias cashless.

“Nominal transaksi dan jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia secara konsisten meningkat, hal ini terlihat dari hasil data yang kami kumpulkan dimana transaksi uang elektronik tahunan pada tahun 2021 mencapai 5.452 juta transaksi,” kata Purbaya.

Kemudian, kemunculan beberapa bank digital (NeoBank) di Indonesia di masa pandemi disambut baik oleh masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan pesatnya pertumbuhan jumlah rekening simpanan di bank-bank tersebut.

Ia mencontohkan, perkembangan jumlah rekening deposito bank digital di Indonesia, pada akhir tahun 2020 hanya sekitar 179 ribu rekening deposito di bank digital.

Namun, per Mei 2022, ada sekitar 38,2 juta akun di Neobank.

Sedangkan jika mengacu pada perkembangan jumlah nominal simpanan bank digital di Indonesia, jumlah nominal simpanan di Neobank tidak tumbuh secepat pertumbuhan jumlah rekening, karena pada akhir tahun 2020 nominal Nominal simpanan neobank di Indonesia Rp 31,6 triliun. Sampai Mei 2022, nominal simpanan mencapai Rp 49,3 triliun,” jelasnya.

Oleh karena itu, melihat betapa masifnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, kami tentu akan terus mendukung semua program pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi digital.

Erick Thohir Ri Butuh 17 Juta Tenaga Kerja Ekonomi Digital
Jakarta menteri badan usaha milik negara bumn erick thohir menyatakan bahwa indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja untuk

Erick Thohir Bumn Jangan Jadi Dinosaurus Yang Tak Mampu
3 jam yang lalu menteri bumn erick thohir terus mendorong transformasi digital perusahaan hal ini ditopang dari potensi ekonomi digital indonesia yang

Erick Thohir Sebut Ri Butuh 17 Juta Tenaga Kerja Di Bidang
Menteri bumn erick thohir mengatakan indonesia membutuhkan 17 juta tenaga kerja di bidang ekonomi digital hingga 2030

Erick Thohir Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp 1 736 Triliun Di
Menteri bumn erick thohir menyebut era disrupsi digital saat ini ekonomi digital sejak 2015 hingga prediksi di 2025 mendatang

Erick Thohir Sebut Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp1
Menteri bumn erick thohir menyebut potensi ekonomi digital di indonesia diperkirakan tumbuh hingga rp1 736 triliun didominasi oleh sektor

Peluang Baru Erick Thohir Prediksi Ekonomi Digital Ekonomi Voi
Bagikan jakarta menteri badan usaha milik negara bumn erick thohir mengatakan bahwa ekonomi digital menjadi peluang baru bagi indonesia ia

Menteri Bumn Prediksi Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai
Jakarta menteri badan usaha milik negara bumn erick thohir memprediksi ekonomi digital di indonesia mencapai us 133 miliar pada tahun 2025

Erick Thohir Prediksi Ekonomi Digital Indonesia 2030 Bisa Tembus
Kontan co id jakarta menteri badan usaha milik negara bumn erick thohir meyakini potensi ekonomi digital indonesia akan terus membesar ia

Erick Thohir Prediksi Ekonomi Digital Ri Di 2030 Money
Kontribusi ekonomi digital indonesia terhadap pdb saat ini sekitar 4 persen erick thohir menteri bumn firman taufiqurrahman

Menuju 2030 Bumn Gencar Kembangkan Program Ekonomi Digital
Menteri bumn erick thohir berbicara tentang ekonomi digital di acara hipi sejalan dengan prediksi bahwa pada 2045 indonesia akan masuk

Erick Bicara Potensi Besar Ekonomi Digital Ri Rp 4 500 T
Jakarta cnbc indonesia menteri bumn erick thohir menyebutkan kalau hingga 2030 ekonomi digital indonesia diperkirakan tumbuh 8 kali

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.