free stats
banner 728x250
Berita  

Produsen Baja Dalam Negeri Keluhkan Membanjirnya Produk Impor

banner 120x600
banner 468x60

Rapport du journale, Eko Sutriyanto

JAKARTA – Masuknya produk baja ringan dari luar negeri ke Indonesia menjadi ancaman serius bagi produsen baja dalam negeri.

banner 325x300

Mereka menilai tidak ada produk baja impor yang menjamin kualitasnya, sedangkan produk nasional sudah terstandarisasi dan harus bersertifikat SNI.

“Siapa yang bisa menjamin produk impor seperti ketebalan dan lapisan, sedangkan produk dalam negeri harus terstandarisasi melalui SNI,” kata Rahmat Sulaiman, general manager pemasaran dan proyek PT Kencana Maju Bersama (KMB), Sabtu (12/6). /2022). ).

Bos merek baja ringan Kencana itu mengatakan, besarnya pasar baja dalam negeri memang cukup menggiurkan bagi importir untuk mendatangkan produk dari luar, misalnya Vietnam.

“Saat ini, setidaknya 30-40% produk baja yang beredar di Indonesia adalah produk impor dan memang pasarnya masih terbuka, apalagi setelah pandemi ini berakhir,” ujarnya.

PT KMB bekerja sama dengan konsultan yang tergabung dalam Ikatan Konsultan Ahli Nasional Indonesia (Intakindo) untuk mendorong konsultan dan konsumen menggunakan produk yang sudah terbukti kualitasnya dan sesuai SNI.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan kerja sama antara kedua pihak dilakukan di sela-sela Munas ke-5 Intakindo yang digelar di Jakarta, Sabtu.

The signing was carried out by Rahmat Sulaiman, General Manager of Marketing and Projects of PT Kencana Maju Bersama and President of DPN of Intakindo, Sigit Adjar Susilo.

Rahmat Sulaiman mengatakan kerjasama ini juga bertujuan agar PT KMB sebagai perusahaan nasional dapat lebih berpartisipasi dalam proyek-proyek milik pemerintah.

“Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama ini, pihaknya akan bekerjasama dengan manajemen Intakindo di daerah, khususnya dengan memberikan pelatihan bagi aplikator atau builder,” ujarnya.

Presiden DPN Intakindo Sigit Adjar Susilo mengatakan esensi dari sinergi ini adalah bagaimana Intakindo sebagai forum expert advisor akan bersinergi untuk mendukung pembangunan tenaga ahli yang kompeten dan rantai pasok material untuk mencapai konstruksi yang berkualitas.

“Diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kehandalan tenaga ahli di bidang konstruksi atap baja ringan untuk mempraktekkan profesinya dengan standar yang telah ditentukan sehingga pelaksanaan konstruksi baja ringan menjadi lebih berkualitas dan meningkatkan pemanfaatan produksi dalam negeri yang aman bagi pengguna atau masyarakat Indonesia,’ kata Sigit, Sabtu.

Saat ini, kata dia, ada 4.000 ahli aplikasi baja ringan yang telah dilatih sehingga kerjasama ini dapat membantu pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum sebagai pemain di industri jasa bangunan.

Henry Setiawan, CEO Kencana Group mengatakan pihaknya memiliki program yaitu Kios Kencana dan dalam perjanjian kerjasama tersebut juga disebutkan bahwa DPN Intakindo akan mendukung program tersebut dalam bentuk sosialisasi dengan anggotanya.

“Kami berharap sinergi ini akan membuahkan hasil yang terbaik sehingga masyarakat bisa merasakan produk-produk berkualitas sesuai standar nasional Indonesia melalui konsultan dan tenaga ahli seperti Intakindo,” ujarnya.

Sejumlah Produsen Baja Dalam Negeri Mengalami Kerugian
Serbuan impor produk baja dari tiongkok juga menyebabkan perusahaan tidak dapat mengoptimalkan utilisasi produksi sepanjang tahun lalu

Artikel Baja Hari Ini Artikel Terbaru Terkini Liputan6 Com Page 6
Artikel baja pengendalian masuknya baja impor akan tertuang dalam revisi peraturan menteri industri lokal keluhkan membanjirnya produk baja impor

Impor Baja Marak Pemerintah Didesak Lindungi Produsen Baja Lokal
Bhima mengingatkan jika baja impor dibiarkan terus membanjir dikhawatirkan membuat produsen baja dalam negeri ambruk

Produsen Baja Nasional Keluhkan Serbuan Baja Impor
Lebih lanjut banka mengatakan sebagai produsen utama produk baja wire rod lebih murah dibandingkan baja buatan produsen dalam negeri

Pengusaha Konstruksi Keluhkan Banjir Baja Impor Tak Berlabel Sni
Kualitas produk hasil produksi dalam negeri tak jauh berbeda dibanding baja dari tiongkok vietnam maupun thailand

Produsen Dalam Negeri Keluhkan Serangan Impor Baja Dari China
Jakarta asosiasi produsen baja lapis aluminium seng bjlas mengeluhkan soal maraknya serbuan impor baja dari china dan

Pelaku Industri Besi Dan Baja Hilir Nasional
Sejumlah pelaku industri besi dan baja hilir nasional merasa khawatir akan membanjirnya produk impor di pasar dalam negeri

Pelaku Industri Besi Dan Baja Hilir Nasional Keluhkan Permendag
Sejumlah pelaku industri besi dan baja hilir nasional merasa khawatir akan membanjirnya produk impor di pasar dalam negeri

Pengusaha Khawatir Besi Dan Baja Impor Banjiri Pasar Ri
Pelaku industri besi dan baja hilir nasional khawatir akan banjirnya produk impor di pasar dalam negeri hal ini seiring dengan penerbitan peraturan menteri

Iisia Beberkan Penyebab Banjir Impor Baja Di Tanah Air
Faktor faktor tersebut mengakibatkan membanjirnya produk baja melati bilang dari segi harga sebenarnya baja dalam negeri masih

Perlindungan Hukum Terhadap Industri Universitas
Impor produk produk china yang membanjiri pasar dalam negeri karena harga yang membanjirnya produk industri china yang mengakibatkan besarnya arus

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.