free stats
banner 728x250
Berita  

Punya Peran Strategis, UMKM Indonesia Berpeluang Besar Bersaing Di Pasar Global

banner 120x600
banner 468x60

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat, swasta, perbankan dan pemerintah harus bersinergi mendorong daya saing UMKM Indonesia agar bisa melebarkan sayapnya di pasar global.

Salah satu fokus perhatian pemerintah adalah terciptanya usaha mikro, kecil, dan menengah yang berdaya saing dalam menciptakan ekosistem digital. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Samboaga juga mengharapkan 30 juta UMKM memasuki ekosistem digital pada 2030.

banner 325x300

Hal itu disampaikannya dalam rangkaian webinar bertajuk “Bangun Buatan Indonesia, UKM Bangka Belitung dan Bangkitnya Ekonomi Indonesia” yang digelar bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (18/5/2022).

“Jadi, saya kira kegiatan yang kita lakukan ini juga sebagai momen dukungan terhadap gerakan kebanggaan bangsa yang dibuat di Indonesia,” kata Jerry.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Bangga di Indonesia (Gernas BBI) 2022 fokus meningkatkan UMKM, IKM, perajin di ekosistem digital, meningkatkan transaksi penjualan, membantu memulai dan mengembangkan jiwa wirausaha.

Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah juga mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan mendorong masyarakat Indonesia untuk membeli produk lokal.

“Seperti namanya, bangga buatan Indonesia, kita tidak hanya bangga, tapi juga harus menggunakan dan mengkonsumsinya. Yang bisa kita lakukan untuk mendukungnya, misalnya jam tangan yang saya pakai adalah produk UMKM yang siap diekspor dari Jawa Barat,” kata Jerry.

Di kesempatan yang sama dengan webinar, Deputi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Pariwisata, Odo RM Manuhutu menjelaskan, ada komponen kunci dari Gernas BBI.

Pertama, secara khusus, meningkatkan kesadaran masyarakat kepada pemerintah, BUMN, dan perusahaan swasta akan perlunya mengutamakan produk lokal. Kedua: Membeli produk-produk orang dalam negeri, dan ketiga: mempromosikannya.

Dijelaskannya, Koordinasi Penanaman Modal juga berusaha mendorong keberhasilan Gernas BBI 2022 yang akan diselenggarakan di Bangka Belitung ke depan. Salah satunya adalah aplikasi Virtual Expo dimana 25 produk lokal dari Bangka Belitung akan dimasukkan dalam aplikasi.

Nanti dari masing-masing daerah juga ada dan rencananya akhir tahun nanti kita kumpulkan hasil-hasil dari organisasi dari berbagai daerah termasuk dari Bangka Belitung, dan kita tampilkan di G20 di Bali, dan kedua kita akan pancarkan. kepada seluruh perwakilan Indonesia termasuk Departemen Perdagangan dan BI.”.

Kebangkitan Usaha Kecil Menengah di Belitung

Tahun ini, Gernas BBI juga terselenggara sejalan dengan Gerakan Nasional Kebanggaan Travel Only Indonesia (Gernas BWI). Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sangat antusias dan menyambut baik kegiatan yang akan dilakukan di kawasan pesisir Tanjung Kelayang mulai 20-22 Mei 2022 mendatang.

Dalam webinar tersebut, Wakil Bupati Isyak Meirobie dari Belitung menyampaikan bahwa Gernas BBI telah menjadi pintu gerbang kebangkitan UMKM dan ekonomi kreatif di Kepulauan Bangka Belitung.

“Selama 2,5 tahun epidemi, penjualan banyak usaha mikro, kecil dan menengah telah menurun. Jadi, dengan momentum ini, kami bekerja sama untuk membuatnya bekerja, sehingga usaha mikro, kecil dan menengah yang saat ini low-end bisa ditingkatkan kualitasnya, standardisasinya dan segala macamnya,” kata Issac.

Ia melanjutkan, “Bahkan ketika Gernas BBI diluncurkan di kemudian hari, Indonesia bisa bangga dengan produknya dan bisa dinikmati masyarakat global.”

Isyak menjelaskan, Belitung memiliki banyak produk unggulan yang semuanya berbasis kearifan lokal dan diselaraskan untuk memenuhi standar internasional. Selain itu, produk unggulan juga ramah lingkungan seperti topi dan batik yang menggunakan teknologi ecoprint. Ia juga menyebutkan salah satunya adalah produk sabun merica.

“Kita ambil contoh produk dari Belitung, seperti sabun dan losion berbahan merica. Lalu ada parfum merica, dan kemasannya bagus dan sudah dipajang di hotel sehingga wisatawan bisa menikmati sensasi sabun yang mengandung merica,” pungkas Essak.

For information, the webinar was also attended by Head of SME Development and Consumer Protection at BI Yunita Official Sari, South Korean Diaspora Hartono Susanto, MSME Cual Destiani Nina Sarjulianto, MSME Billiton Purun Eco Hartati.

Potensi Umkm Mendorong Pembangunan Ekonomi Di Indonesia
Aug 9 2021 link umkm sektor usaha mikro kecil dan menengah umkm memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional

Strategi Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan
Usaha mikro kecil dan menengah umkm di indonesia strategy of oleh potensi ekonomi indonesia berpeluang umkm memiliki peran yang sangat penting

Peran Usaha Kecil Dan Menengah Ukm Dalam Neliti
Mempunyai posisi yang sangat strategis bagi pembangunan ekonomi bangsa di era reformasi peran sektor ukm di indonesia dalam bentuk kontribusi out put

Umkm Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia
May 5 2021 umkm merupakan pilar terpenting dalam perekonomian indonesia berdasarkan data kementerian koperasi dan ukm jumlah umkm saat ini mencapai 64 2

Umkm Memiliki Peran Strategis Menopang Kebangkitan Ekonomi Di
Jul 30 2020 kontan co id jakarta usaha mikro kecil dan menengah umkm memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sinergi
Dalam proses pembangunan perekonomian indonesia sektor umkm memiliki peranan yang sangat strategis dan penting usaha kecil dan menengah ukm mempunyai peran

Kewirausahaan Umkm Dan Pertumbuhan Ekonomi Sekretariat
Jun 27 2021 transformasi spirit kewirausahaan pada ekonomi kerakyatan yakni usaha mikro kecil dan menengah umkm memiliki peran strategis dalam

Geliatkan Umkm Indonesia Perempuan Jadi Pahlawan Ekonomi
Nov 26 2020 hal ini juga akan berdampak besar pada pemenuhan kesehatan keluarga lebih jauh lagi pengusaha mikro perempuan juga berpeluang untuk membuka

Umkm Berpeluang Selamatkan Indonesia Dari Jebakan Kelas
May 28 2019 hanya umkm baru berkontribusi sebesar 36 82 terhadap produk domestik bruto pdb indonesia dengan peran umkm yang sangat kecil dalam

Bab Vi Transformasi Umkm Untuk Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif
Mikro kecil dan menengah umkm yang memiliki peran strategis terhadap perekonomian melalui pilar peningkatan produktivitas umkm berpeluang

Peran Umkm Dalam Perekonomian Indonesia
Feb 18 2021 peran usaha mikro kecil dan menengah umkm atau usaha kecil menengah ukm dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara dinilai penting

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.