free stats
banner 728x250
Berita  

Pupuk Organik Bisa Jadi Solusi Petani Untuk Suburkan Tanaman Dan Perbaiki Struktur Tanah

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Coroll Arefin

Jakarta – Kebutuhan petani akan pupuk sangat tinggi untuk menambah unsur hara bagi tanaman agar dapat tumbuh optimal dengan hasil yang maksimal.

banner 325x300

Namun, petani menghadapi keterbatasan dengan ketersediaan pupuk bersubsidi pemerintah yang terbatas. Alokasi pupuk bersubsidi tahun 2022 hanya berkisar 37-42 persen dari total kebutuhan petani di Indonesia.

Di sisi lain, harga pupuk nonsubsidi juga sangat mahal. Akibatnya, tentu saja akan meningkatkan biaya produksi para petani.

Kondisi demikian membuat petani berinisiatif mencari alternatif lain seperti penggunaan pupuk organik.

Seperti yang dilakukan para petani di Kabupaten Derry, Sumatera Utara yang tergabung dalam Persatuan Petani Organik Derry (PPODA).

Duat Sihumping, seorang petani dan anggota PPODA, mengatakan, orang tuanya di desa tersebut sebelumnya tidak mengetahui tentang pupuk kimia. Mereka ditanam hanya menggunakan kompos dari kotoran ternak ditambah jerami dari panen padi.

“Mereka memiliki konsep sinur napinahan gabe na niuka atau horas jolma atau pertanian yang memadukan antara pertanian dan peternakan.

Artinya setiap petani memiliki ternak sebagai sumber pupuk dari kotoran ternak yang mereka pelihara.

Jadi sebenarnya kita punya potensi baik tanaman atau dedaunan maupun kotoran ternak yang bisa diolah sebagai pupuk alternatif,” kata Duat, Sabtu (21/5/2022).

Ia menjelaskan, meski bukan hal yang mudah dilakukan, ketergantungan pada pupuk bersubsidi atau kimia memang bisa dikurangi. Asalkan pupuk organik menjadi pilihan utama dan diperlukan peran pemerintah dalam hal ini.

“Untuk mendorong konsep pertanian ini, diperlukan infrastruktur berupa teknologi tepat guna, seperti mesin pemotong rumput misalnya untuk mempermudah pembuatan pupuk dan pestisida organik,” ujar petani yang juga koordinator PPODA ini.

Hal penting berikutnya, tambah Dutt, adalah meyakinkan petani bahwa pertanian organik memiliki peluang yang sangat bagus. Menurutnya, ada stigma yang membuat petani kehilangan kepercayaan.

Mereka tidak yakin tanaman akan tumbuh dengan baik jika tidak ada pupuk urea di dalam tanah.

Ia menambahkan, ”Oleh karena itu, model ini harus dikoreksi dan kepercayaan petani dikembalikan, dan ini juga merupakan akibat dari revolusi hijau, yang membuat petani lebih cepat berpikir untuk mengelola pupuknya sendiri.”

Oleh karena itu, kata Duat, pupuk organik dapat menjadi alternatif bagi petani, karena kondisi pupuk bersubsidi atau pupuk kimia tidak dapat memenuhi kebutuhan nasional.

“Petani tidak bisa berhenti bertani karena sulitnya mendapatkan pupuk, dan solusinya beralih ke pertanian organik dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitar kita, dan ini sudah kami buktikan di beberapa tempat, tapi mereka berhasil, walaupun ini bukanlah hal yang mudah, jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Dawat, peran pemerintah melalui kebijakannya sangat penting untuk mendorong petani menggunakan pupuk organik.

“Pemerintah dapat mengambil kebijakan dengan mengalokasikan dana untuk menyediakan alat atau teknologi berupa mesin untuk mempermudah pengolahannya, selain itu juga melakukan berbagai pelatihan dan sosialisasi terkait konsep pertanian organik,” ujarnya.

Dawat mengatakan pemerintah seharusnya mengubah konsep pertanian berdasarkan hasil dan kuantitas, tetapi sudah lebih memikirkan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan.

“Perbaiki struktur lahan pertanian dan jika perlu ke depan subsidi pupuk akan dihilangkan dan dialihkan ke jaminan harga komoditas, misalnya.

Karena masalah yang dihadapi petani selain iklim dan alam selama ini adalah harga yang tidak stabil, sehingga dengan biaya yang tinggi mereka merugi karena harga tidak berpihak pada mereka.

Dengan pertanian organik, biaya produksi bisa ditekan dan hasilnya tidak jauh dari pertanian konvensional.”

Cara Mengembalikan Kesuburan Tanah Dengan Pupuk Organik
Pupuk organik merupakan olahan dari bahan bahan yang dapat didaur ulang oleh mikroorganisme di dalam tanah penggunaan pupuk ini baik untuk perbaikan tanah

Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk
Pertanian organik maka keseimbangan tanah dapat terjaga karena tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia tetapi menggunakan pupuk organik seperti pupuk

Kuota Pupuk Subsidi Terbatas Pengamat Pupuk Organik Jadi
Aug 9 2021 kuota pupuk subsidi terbatas pengamat pupuk organik jadi solusi bagi petani

Pupuk Organik Solusi Saat Pandemi
Nov 9 2020 penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan seorang petani sayur di

Bupati Sumbawa Dukung Petani Kreatif Membuat Pupuk Organik
Aug 5 2021 saatnya petani memanfaatkan keberadaan bahan organik yang melimpah pertanian rasional dengan pemupukan berimbang sesuai kebutuhan menjadi

Pupuk Organik Dan Hayati Bisa Jadi Alternatif Atasi Kekurangan
Jul 13 2021 pupuk subsidi dikeluarkan untuk mendukung aktivitas usaha tani para petani jadi tidak ada kebijakan menjual pupuk subsidi secara paket petani

Petani Disarankan Gunakan Pupuk Organik Dibanding Pupuk Kimia
Mar 9 2022 kata subagia pupuk non subsidi yang harganya tinggi tidak serta merta dapat menjadi solusi atas kekurangan kebutuhan pupuk

Pemda Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik Agroindonesia
Mar 7 2022 dia mencontohkan masyarakat tidak perlu membakar jerami sebaliknya jerami tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos dan

Pupuk Organik Bisa Jadi Pilihan Petani Saat Pupuk Bersubsidi
Jul 12 2021 pupuk organik bisa menjadi alternatif pilihan petani di saat terjadi kelangkaan pupuk subsidi selain itu pupuk organik dapat mengurangi

Pupuk Organik Solusi Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi Tv
Nov 11 2021 pupuk organik berbahan dasar limbah dari rumah pemotongan hewan ini dinilai oleh petani dapat bekerja dengan efektif lantaran mampu mendongkrak

Pupuk Organik Solusi Petani Hemat Biaya Produksi Di Masa Pandemi
Sep 28 2020 di masa pandemi harga obat obatan kimia semakin mahal dengan pupuk organik petani bisa hemat biaya produksi hampir separuh untuk per

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.