free stats
banner 728x250
Berita  

Putin Balas Denda, Aset Google Senilai 7 Juta Dolar AS Dibekukan

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Namira Unia Lisanti

Pada Kamis (26 April 2022), Pengadilan Arbitrase Rusia secara resmi membekukan aset perusahaan teknologi Amerika, Google, senilai $7 juta.

banner 325x300

Rusia membuat keputusan setelah GPM Entertainment Television milik Gazprom Media Holding menggugat YouTube, anak perusahaan Google, untuk memblokir TNT secara sepihak.

Akibat pembatasan akses ke saluran YouTube TNT, GPM Entertainment mengalami masalah teknis yang menyebabkan konten tidak dapat dimuat, sehingga menyulitkan pemirsa untuk mengakses layanan media.

Sebelum Rusia memberlakukan pembekuan pada Google, GPM Entertainment Television sebelumnya meminta perusahaan teknologi Amerika itu untuk segera memulihkan akses ke akun Youtube TNT miliknya, namun sayangnya permintaan ini tidak dijawab oleh perwakilan Google.

“Maret 2022, YouTube secara efektif melarang akun saluran resmi TNT tanpa klarifikasi apa pun, yang menyebabkan masalah teknis yang mencegah konten diunggah dan pemirsa mengaksesnya.” Reuters mengutip perwakilan dari pengadilan arbitrase.

Marah dengan situasi ini, pengadilan Rusia akhirnya mengambil tindakan tegas untuk membekukan saham Google di Rusia, termasuk uang yang masuk ke rekening bank, barang bergerak dan tidak bergerak, yang dimiliki oleh Google dalam jumlah total 7 juta dolar AS.

Tak hanya itu, Google yang mewakili Youtube juga diharuskan membayar kerugian perusahaan sebesar satu miliar rubel.

Tindakan pemblokiran ini bukan kali pertama YouTube melakukan tindakan terhadap Rusia, banyak media yang dibiayai oleh pemerintahan Putin seperti Russian Today (RT) dan Sputnik juga menjadi korban YouTube.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.