free stats
banner 728x250
Berita  

Rencana Kucuran Penyertaan Modal Negara Ke BTN Belum Jelas, Ini Kata Ekonom

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan, Sanusi

JAKARTA – Partisipasi negara (PMN) di PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dinilai strategis untuk mempercepat agenda Sejuta Rumah Presiden Jokowi.

banner 325x300

PMN dinilai mampu meningkatkan kapasitas pembiayaan, menambah jumlah rumah yang tersedia dan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Diketahui, pemerintah masih mengkaji ulang keputusan PMN senilai Rp 2,98 triliun untuk PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tahun ini.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan keputusan itu dibahas dalam rapat Komite Privatisasi BUMN, Rabu (10/8). Sementara PMN untuk Garuda dan Waskita pasti akan dicairkan.

“BTN masih perlu dikaji ulang. Beberapa memang sedang dinilai ulang. Ini rapat panitia privatisasi BUMN,” kata Susiwijono.

Sebelumnya, Haru Koesmahargyo, Direktur Utama BTN, mengatakan dukungan PMN diperlukan untuk meningkatkan kemampuan BTN membantu pemerintah dalam menjembatani kesenjangan antara kebutuhan rumah dengan ketersediaan rumah atau backlog di dalam negeri.

Ekonom Indef Nailul Huda mengatakan sektor real estate harus menjadi prioritas dalam program pelonggaran pemerintah karena perannya yang sangat strategis, bahkan dibandingkan dengan sektor ekonomi lainnya.

Pengganda real estate terbentang dari pelaku industri dan kegiatan spin-offnya hingga konsumen akhir, khususnya segmen kelas menengah ke bawah (MBR).

“PMN bagi BTN untuk mendukung program Sejuta Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah harus menjadi prioritas. Untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan sekaligus membantu daya beli masyarakat untuk memiliki perumahan yang layak, menurut saya lebih tepat untuk mengendurkan sektor real estate dibandingkan dengan sektor otomotif. kata Nailul saat mengomentari pidato pemerintah tentang -menilai keputusan PMN sebesar Rp. 2,98 triliun ke BTN tahun ini. .

Data Kementerian PUPR menunjukkan backlog kepemilikan rumah di Indonesia mencapai 11,4 juta unit. Ditambah lagi dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 yang menunjukkan hanya 59,5% keluarga yang tinggal di rumah layak huni, sedangkan sisanya rumah tidak layak huni.

Ekonom INTI Indonesia Piter Abdullah mengingatkan, tanpa PMN di Bank BTN, program sejuta rumah Presiden Jokowi bisa melambat, mengingat masa jabatan Presiden tinggal 2 tahun lagi.

“Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi merupakan solusi brilian untuk meningkatkan jumlah masyarakat berpenghasilan rendah dengan perumahan yang layak. Tanpa percepatan program Sejuta Rumah, backlog perumahan tidak akan berkurang, malah meningkat. Pasalnya, setiap tahun jumlah keluarga baru terus bertambah, namun pasokan rumah masih di bawah kebutuhan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, setiap tahun ada 1,8 juta pernikahan. Beberapa rumah tangga baru ini pasti membutuhkan tempat tinggal, yang akan meningkatkan angka backlog.

Kondisi ini semakin diperumit dengan kenyataan bahwa daya beli masyarakat saat ini terhimpit oleh kenaikan inflasi dan risiko suku bunga yang tinggi. Pengembang juga tidak punya pilihan selain berencana menaikkan harga rumah untuk mengimbangi kenaikan harga bahan bangunan. Sementara itu, laju peningkatan pendapatan masyarakat masih tertinggal dari laju kenaikan harga properti.

“Tanpa keberpihakan dan komitmen pemerintah, memiliki rumah layak huni hanyalah impian MBR. Pemerintah tidak punya pilihan selain mempercepat PMN ke BTN. Menunda PMN berarti kehilangan kesempatan. Segmen MBR paling dirugikan,” kata Piter.

Sementara itu, Ekonom MNC Sekuritas Tirta Widi Gilang Citradi memperkirakan kemampuan BTN untuk mendukung kebangkitan sektor real estate relatif terbatas karena Capital Adequacy Ratio (CAR) saat ini masih rendah. 18,15% pada Maret 2022.

“CAR BTN saat ini relatif baik, solid dan sehat. Namun, untuk percepatan pendanaan MBR, angka saat ini belum cukup. Jika PMN terealisasi, tentunya modal BTN dan CAR akan bertambah sehingga lebih banyak lagi proyek perumahan dan KPR yang bisa dibiayai,” kata Tirta.

Berdasarkan data tersebut, lanjut Tirta, pembangunan perumahan merupakan industri padat karya. Setidaknya dibutuhkan 5 pekerja untuk membangun sebuah hunian atau 500.000 pekerja untuk 100.000 hunian.

“Proyek real estate juga mendukung industri produk lokal, karena 90% bahan bangunan yang digunakan untuk pembangunan rumah adalah produk lokal. Proyek real estate juga memberikan multiplier effect pada 174 sektor ekonomi lainnya,” ujarnya.

Dampak lain dari percepatan sektor real estate adalah kontribusi terhadap penerimaan negara karena setiap rumah yang dijual menghasilkan pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan, bea balik nama (BBN), pajak bumi dan bangunan, hak untuk memperoleh hak atas tanah dan bangunan. .

“Tentu data ini menunjukkan bahwa pemerintah harus mempercepat PMN ke BTN, bukan menundanya. Semakin cepat PMN dikirim ke BTN, semakin cepat dampaknya terhadap perekonomian Indonesia,” ujarnya. -dia menyatakan.

Rencana Pmn Btn Belum Ada Kepastian Simak Prospek Bisnis
7 jam yang lalu kontan co id jakarta pemerintah masih mengevaluasi kembali keputusan penyertaan modal negara pmn sebesar rp 2 98 triliun untuk pt bank

Btn Jadi Dapat Suntikan Modal Negara Rp 1 8 T Detikfinance
Beberapa bumn bakal mendapat suntikan penyertaan modal negara pmn tahun rencana bisnis perseroan itu btn membutuhkan tambahan modal

Dpr Dalami Rencana Pencairan Pmn Untuk Bank Bumn Di 2022
Merdeka com sejumlah bank bumn direncanakan mendapat penyertaan modal negara pmn pada 2022 bank bni dan btn menjadi bank bumn yang akan

Kementerian Bumn Siapkan Pmn Rp 2 98 Triliun Untuk Btn
Rencaannya suntikan dana kepada btn dilakukan dalam bentuk penyertaan modal negara pmn senilai rp 2 98 triliun

Berita Pmn Hari Ini Kabar Terbaru Terkini Liputan6 Com
Pengertianpenyertaan modal negara atau pmn adalah pemisahan kekayaan negara kereta api indonesia persero atau pt kai rencananya bakal memperoleh pmn

Rencana Penambahan Modal Btn Untuk Menjamin Kebutuhan
Seperti diketahui kementerian bumn mengusulkan penyertaan modal negara pmn senilai rp2 triliun untuk pt bank tabungan negara persero tbk dalam rapat

Pmn Disetujui Dpr Pembiayaan Rumah Mbr Bakal Makin Masif
Jakarta pt bank tabungan negara persero tbk btn mengapresiasi keputusan komisi vi dpr ri yang menyetujui usulan pemerintah terkait penyertaan modal

Bank Btn Segera Dapat Suntikan Modal Rp 2 98 Triliun Lewat
Caranya pemerintah melakukan penyuntikan dana lewat penyertaan modal negara pmn sebesar rp 2 98 triliun yang akan di eksekusi lewat

Begini Proyeksi Kinerja Btn Bbtn Usai Disuntik Modal Negara
Pt bank tabungan negara persero tbk bbtn memproyeksikan kinerja perseroan setelah dilakukan penyertaan modal negara pmn sebesar rp2

Rencana Penambahan Modal Pemerintah Untuk Btn Dan Bni
Sebagian dari dana tersebut akan disalurkan menjadi pmn untuk pt bank tabungan negara persero tbk btn sebesar rp 1 98 triliun dan pt bank

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.