free stats
banner 728x250
Berita  

Resesi Kembali Jadi Ancaman, Ekonomi RI Dinilai Akan Mampu Bertahan

banner 120x600
banner 468x60

Journalist Report, Yanuar Riezqi Yovanda

JAKARTA — Perekonomian global baru saja pulih dari gempuran resesi akibat pandemi, resesi kembali mengancam dampak perang yang sedang berlangsung di Ukraina, yang mengakibatkan krisis pangan dan energi.

banner 325x300

Associate Director Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan dua negara yang berselisih, Rusia dan Ukraina, merupakan produsen migas dan pangan yang berkontribusi terhadap energi dan pangan global.

“Sehingga pengetatan pasokan menimbulkan kekhawatiran, terutama bagi negara-negara yang mengimpor kebutuhan tersebut dan selanjutnya pergerakan inflasi lebih cepat,” ujarnya melalui risetnya, Senin (13/6/2022).

Sementara itu, dia menilai perekonomian Indonesia sedang dalam tahap pemulihan akibat dampak pandemi Covid-19 di tahun 2020.

“Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah kita juga akan menghadapi resesi seperti dulu? Seperti diketahui, saat ini kita sedang dalam fase pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Perekonomian negara masih ditopang oleh kegiatan ekspor sejumlah komoditas unggulan yang kebetulan sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini.

Namun, mereka juga mendapat tekanan dari kenaikan harga minyak dan pangan, karena Indonesia adalah importir minyak dan arus perdagangan yang saling terkait.

Namun, pemerintah juga aktif memanfaatkan momentum peningkatan penerimaan negara melalui penerapan royalti dan pajak lainnya.

Dimana, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pembiayaan serta memberikan subsidi dan kompensasi guna kelancaran perekonomian.

Nico mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi domestik diproyeksikan berada pada kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen pada 2022.

“Mulai tahun ini perekonomian Indonesia tumbuh 5,01 persen secara tahunan. Namun jika dilihat pada triwulan I, perekonomian kita mengalami kontraksi hampir 1 persen, dimana varian Omicron yang menyebar cukup masif di awal tahun, dan ekonomi China melambat dan invasi Rusia-Ukraina dimulai,” kata Nico.

Dia menjelaskan, seluruh komponen mengalami penurunan, seperti belanja pemerintah, investasi tetap, konsumsi, serta ekspor dan impor.

“Apakah cerita yang sama akan terulang di kuartal kedua? Kami rasa tidak, karena aktivitas ekspor sudah mulai meningkat meski sempat terhenti selama 3 minggu.

Konsumsi juga meningkat pada kuartal ini didorong oleh momentum puasa dan lebaran, rencana investasi Elon Musk di Indonesia, dan belanja pemerintah juga diharapkan mulai berjalan lebih cepat,” pungkasnya.

Resesi Ekonomi Ancaman Kesejahteraan Negara Katadata
Resesi ekonomi memang menjadi momok tersendiri di tiap negara terdampak covid 19 sejumlah negara saling susul ke jurang resesi

Upaya Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Di Tengah Ancaman Resesi
3 hari yang lalu sementara pertumbuhan ekonomi indonesia menjadi salah

Resesi Ekonomi Indonesia Pemerintah Disarankan Fokus Bbc
Indonesia resmi mengalami resesi akibat pandemi covid 19 setelah perekonomian kuartal ketiga tercatat minus dibandingkan periode yang sama

Ancaman Resesi 2022 Menghantui Daya Tahan Indonesia Kuat
Jakarta cnbc indonesia inversi yield us treasury yang kembali terjadi telah mendorong kekhawatiran pasar akan ancaman resesi ekonomi 2022

Sederet Ancaman Ekonomi Ri Di 2022 Awas Ada 39 Bom Waktu 39
Lepas dari resesi ekonomi ri sudah kembali kayak 2019 news 11 bulan yang lalu baca juga

Ancaman Resesi Tak Dapat Dihindari 92 Negara Di Dunia
Q4 harapannya lebih baik lagi jelasnya meskipun demikian ia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia di q2 masih lebih lebih baik

Resesi Adalah Ancaman Nyata Bagi Ekonomi Ri Apa Artinya
Begitu juga dengan perekonomian indonesia yang diprediksi kuat pada kuartal ii 2020 ini mengalami kontraksi belum lagi isu resesi yang

Ancaman Resesi Ekonomi Dan Dampak Parah Yang Ditimbulkan
Menteri keuangan menkeu sri mulyani indrawati menyatakan bahwa indonesia bersiap mengalami resesi jika pertumbuhan ekonomi nasional pada

5 Tanda Ancaman Resesi Ri Kian Nyata Vadhia Lidyana Iapi
Jakarta pertumbuhan ekonomi indonesia di kuartal ii 2020 minus 5 32 ancaman resesi pun semakin nyata menurut direktur eksekutif institute for

Awas Resesi Ekonomi Kembali Intai Indonesia Sepanjang 2021
Varian delta ini seperti kotak pandora bila kita menyikapinya biasa biasa saja dan akhirnya terbuka ancaman resesi dapat terjadi di

Mengenal Stagflasi Ancaman Ekonomi Dunia Saat Ini Berpotensi
Tak hanya indonesia hal ini pun dihadapi semua negara di dunia terciptanya resesi ekonomi menjadi ancaman akan risiko global ini

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.