free stats
banner 728x250
Berita  

Rusia Tegaskan Mampu Bayar Utang Luar Negeri

banner 120x600
banner 468x60

MOSKOW — Rusia telah menekankan bahwa negara yang terkena sanksi ekonomi masih mampu membayar utangnya.

Sebelumnya, Negara Beruang Merah dinyatakan default.

banner 325x300

Gubernur Bank Rusia Elvira Nabiullina mengatakan Jumat pada konferensi pers.

“Dari sudut pandang sumber daya keuangan, kami memiliki kemungkinan dan kapasitas.

Kami juga memiliki keinginan untuk membayar, dan Kementerian Keuangan telah menunjukkan semua opsi.

Biasanya, masalah pembayaran obligasi pemerintah disebabkan oleh masalah anggaran. Kami tidak punya masalah seperti itu.

Sekali lagi, kami memiliki semua sumber daya yang kami butuhkan untuk membayar utang kami,” kata Gubernur Bank Rusia Elvira Nabiullina pada hari Jumat, seperti dilansir TASS.

Menurut Nabiullina, kendala Rusia berasal dari kesulitan teknis pembayaran utang publik dalam valas, serta pembatasan perbankan internasional.

Dia menunjukkan bahwa kewajiban negara untuk warga Rusia dan penduduk Rusia yang membeli obligasi utang federal tidak terpengaruh oleh situasi ini.

Pemerintah Rusia menjelaskan bagaimana mereka akan membayar utang negara. Menteri Keuangan Anton Siluanov mengatakan sistem serupa yang digunakan Rusia untuk mendapatkan pembayaran asing untuk gas alamnya akan digunakan untuk melunasi utang negara.

Di bawah sistem ini, debitur akhirnya harus membuka dua rekening di bank Rusia yang ditunjuk untuk mendapatkan apa yang terutang kepada mereka.

Rusia telah lama menggunakan sistem keuangan yang dikendalikan Barat untuk pembayaran terkait utang, tetapi akses telah dibatasi di bawah sanksi yang dikenakan sebagai pembalasan atas serangan Februari di Ukraina.

Amerika Serikat sebelumnya mengizinkan pembayaran kepada pemegang Eurobond Rusia – pertama menggunakan cadangan devisa beku, kemudian hasil perdagangan luar negeri – tetapi minggu lalu Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa pengabaian tidak akan diperpanjang.

Berbicara kepada harian bisnis Rusia Vedomosti, Minggu (30/5/2022), Siluanov mengatakan Rusia bermaksud menggunakan sistem yang serupa dengan yang diberlakukan untuk pembeli gas alamnya, yang berbasis di “negara-negara bermusuhan” untuk menghindari larangan AS.
Kementerian sebelumnya mengatakan utang itu akan dibayar dalam rubel.

Program gas, yang diluncurkan untuk memastikan bahwa pembayaran mata uang asing tidak disita oleh negara-negara Barat, mengharuskan pelanggan dari negara-negara ‘tidak bersahabat’ untuk membuka dua rekening di bank Rusia.

Pembayaran dilakukan dalam euro dan kemudian dikonversi ke mata uang Rusia. “Mekanisme pembayaran Eurobond akan bekerja dengan cara yang sama, tetapi ke arah lain,” kata Siluanov. Dia menambahkan bahwa Kementerian Keuangan Rusia akan segera menyelesaikan pengaturan dan siap untuk menyerahkannya kepada kreditur.

Menteri sebelumnya mengatakan bahwa Rusia akan memiliki mekanisme yang siap untuk pembayaran kupon Eurobond pada akhir Juli.

Pembatasan AS diyakini bertujuan untuk mencegah Rusia membayar utang negaranya, yang berpotensi menyebabkan default teknis.

Namun para pejabat AS mengakui itu akan lebih merupakan pukulan simbolis bagi Rusia yang menunjukkan status negara itu sebagai paria di panggung dunia.

“Jika Rusia [default], saya tidak berpikir itu benar-benar mewakili perubahan signifikan dalam situasi Rusia. Mereka telah terputus dari pasar modal global,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen, menurut Russia Today (RT).

Dia menambahkan bahwa pengecualian yang sekarang telah berakhir ada untuk memungkinkan periode waktu agar transisi yang teratur terjadi dan bagi investor untuk menjual sekuritas.

Rusia juga meremehkan ancaman tersebut, dengan mengatakan pembayaran yang terlewat atas utang negara yang dikelola AS tidak mencerminkan situasi keuangan Rusia yang sebenarnya.

Kementerian Keuangan Rusia menjelaskan bahwa, tidak seperti default menyakitkan pada utang dalam negeri pada tahun 1998, insiden ini tidak akan mempengaruhi situasi domestik negara itu.

Berita Utang Luar Negeri Terkini Dan Terbaru Hari Ini Sindonews
Berita utang luar negeri terkini bayar utang luar negeri cadangan devisa turun tipis soal utang sri mulyani pastikan ri tak akan bernasib seperti sri

Lembaga S P Global Mengumumkan Status Selective Default
Dalam ketentuan kontrak obligasi rusia harus melakukan pembayaran utang luar negerinya menggunakan mata uang dolar

Rusia Akan Bayar Utang Luar Negeri Dalam Rubel Jika Opsi Lain Diblokir
Kami kan dapat membayar dan akan membayar orang asing dalam rubel sebagai pilihan terakhir jika infrastruktur keuangan barat ditutup untuk

Rusia Kekurangan Dolar Amerika Serikat Untuk Bayar Utang Putin
Pekan lalu rusia membayar bunga dari sebagian utang luar negeri dalam bentuk dolar amerika serikat tapi ada kemungkinan mereka tidak bisa

Pemerintah Rusia Lakukan Pembayaran Utang Luar Negeri Lebih
Kementerian keuangan rusia mengungkapkan sudah melakukan pembayaran atas utang luar negeri sebesar 71 25 juta dolar as

China Tegaskan Tetap Buka Perdagangan Dengan Rusia Sembari
China juga memperingatkan as dan negara negara lain terkait sanksi pembayaran antarbank internasional swift oleh amerika serikat dan

Kremlin Tegaskan Tak Ada Alasan Objektif Tetapkan Rusia Default
Kremlin tegaskan tak ada 39 alasan objektif 39 tetapkan rusia default masih bisa bayar utang rusia default utang luar negeri rusia 30 05 2022 15

Adang Sanksi Rusia Tawarkan Bayar Utang Luar Negeri Dengan
Rusia senin 30 5 2022 menawarkan pembayaran utang luar negeri menggunakan pengaturan serupa yang digunakan untuk pembayaran pasokan gas

Kremlin Tegaskan Tak Ada Alasan Objektif Tetapkan Rusia Default
Tv juru bicara kremlin dmitry peskov menegaskan bahwa rusia saat ini tidak bisa dinyatakan default alias gagal bayar utang luar negeri

Cara Jitu Rusia Bayar Utang Di Tengah Sanksi Hingga Bantu Sri
Sanksi yang dijatuhkan negara barat sempat membuat perekonomian rusia terpuruk namun negara yang dipimpin vladimir putin tersebut tak

S P Sebut Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri Gara Gara Pakai
S p menyebut ini merupakan default selektif karena investor tidak mungkin dapat mengubah rubel menjadi dolar yang setara dengan jumlah utang

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.