free stats
banner 728x250
Berita  

Saat Dua Menteri Jokowi Tak Kompak Soal Kenaikan Harga Mi Instan, Pernyataan Mentan Dibantah Mendag

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Dua menteri Jokowi yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berbeda pendapat soal kenaikan harga mi instan.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengatakan harga mi instan akan naik tiga kali lipat.

banner 325x300

Sementara itu, Zulkifli Hasan menepis pertanyaan tersebut dan menegaskan harga mi instan tidak akan naik tiga kali lipat.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan harga mi instan akan naik tiga kali lipat saat berbicara di “Webinar Strategi Implementasi GAP Tanaman Pangan Meningkatkan Produksi Guna Mengantisipasi Krisis Pangan Global”, Senin (8/8/2022).

Dia mengatakan bahwa perang antara Ukraina dan Rusia adalah penyebab kenaikan harga.

Kedua negara ini adalah pemasok gandum terbesar di dunia dan karena perang, gandum yang dapat diekspor tidak bisa lagi meninggalkan kedua negara.

“Kita menghadapi perang Ukraina-Rusia, dimana 180 juta ton gandum tidak bisa keluar, jadi hati-hati yang banyak makan mie gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat,” kata Syahrul.

Akhir Juli lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai ketersediaan pangan, khususnya gandum.

Diketahui, Indonesia merupakan importir gandum.

Gandum juga merupakan bahan baku roti dan mie instan.

Jokowi juga mengingatkan, harga pangan berpotensi naik akibat konflik antara Rusia dan Ukraina.

Kedua negara juga merupakan produsen gandum di pasar dunia.

“Perhatian, yang suka makan roti, yang suka makan mie (instan), harganya bisa naik. Kenapa? Ada perang di Ukraina,” kata Jokowi.

Mendag Zulkifli Hasan Tolak Isu Kenaikan Harga Mie Instan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menepis pertanyaan bahwa harga mi instan akan naik tiga kali lipat karena kenaikan gandum.

Hingga dia bersikeras bahwa harga tersebut masih normal di pasaran.

“Harga mie tidak akan naik tiga kali lipat. Memang tren gandum kemarin naik karena di Australia ada 67 juta ton panen buruk. Kemudian Kanada, Amerika, Rusia, dan Ukraina juga gagal,” ujarnya. kata dalam pemeriksaan harga komoditas di pasar air, Kamis (8/11/2022).

Untuk saat ini, kinerja gandum sebagai bahan utama mie instan dari beberapa negara produsen seperti Australia, Kanada dan Amerika telah meningkat.

Selain itu, hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Rusia dan Ukraina sebagai negara produsen gandum telah membuahkan hasil.

Pada saat kedua negara sedang berperang.

Sehingga ekspor gandum yang dikhawatirkan stagnan bisa kembali normal.

Bahkan harga gandum akan cenderung turun di bulan September.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kulon Progo Sudarna mengatakan, permintaan dan ketersediaan stok komoditas gandum sangat terjamin.

Dengan kata lain, tidak ada penurunan atau peningkatan yang signifikan.

Hal ini terlihat saat jajarannya melakukan pengawasan di beberapa pasar tradisional di wilayahnya.

Disdagin Kulon Progo monitored five wheat items of different brands, namely Blue Triangle at Rp. 12,000 per kilogram, Cakra Twins at Rp. 13,000 per kilogram, Kunci at Rp. 13,000 per kilogram, Red Pita at Rp. 11 500 per kilogram and bulk wheat at Rp. 11,000 per kilogram.

“Harga itu berdasarkan pemantauan 3 kali di pasar tradisional yang kami lakukan setiap Senin dan Kamis, harganya selalu sama,” kata Sudarna.

Lebih lanjut, pihaknya juga tidak menemukan adanya penimbunan gandum di pasar tradisional Kulon Progo.

Sudarna mengatakan memang ada pernyataan dari Menteri Pertanian (Mentan) bahwa ada kemungkinan dalam beberapa hari ke depan akan terjadi kenaikan harga mi instan, namun hal itu langsung dibantah. oleh para produsen.

Pasalnya, tidak semua gandum yang digunakan industri di Indonesia berasal dari Ukraina dan Rusia.

Tapi ada juga yang dari Amerika Selatan dan Australia. Sehingga tidak mempengaruhi kenaikan harga.

100% gandum impor Indonesia

Mengutip, gandum sendiri bukan produk Indonesia, sehingga pemerintah tidak bisa mengendalikan kenaikan harga.

Renata Puji, selaku pengelola program agroekosistem Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati), mengatakan bahan baku gandum bisa diganti dengan sumber pangan lokal.

”Indonesia mengimpor 100% gandum. Gandum tidak ditanam di Indonesia, tetapi Indonesia memiliki sumber karbohidrat yang dapat dijadikan tepung,” kata Renata.

Makanan tertentu yang bisa menggantikan, misalnya tepung dari umbi-umbian, singkong, sorgum atau jenis serealia lainnya.

“Kalau kita bicara gandum, itu tepung, tepung yang sekarang diimpor 100%. Ketergantungan Indonesia sangat tinggi. Orang Indonesia menganggap tidak boleh orang Indonesia makan gandum, jadi harganya murah karena ada subsidi. dia menambahkan.

Dia juga menambahkan, pemerintah telah memberlakukan kebijakan yang mewajibkan produsen mi instan yang menggunakan gandum untuk menggunakan 10% tepung lokal.

“Dengan kata lain, sekarang saatnya kita kembali menggunakan sumber tersebut. Tepung yang ada untuk mengurangi gandum,” pungkasnya.

Menparekraf menginginkan pelaku UMKM dan anak-anak dari Koso

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengimbau agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berinovasi mengantisipasi kenaikan harga mi instan hingga tiga kali lipat.

“Anak-anak pesantren sudah siap, dan untuk pelaku ekonomi kuliner kreatif yang berjualan mi instan, siapkan strategi dan inovasinya,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

Kenaikan harga mi instan akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Menurut data pemerintah, 180 juta ton gandum tidak bisa diekspor dari kedua negara. Karena itu, mie instan harus tiga kali lipat.

“Dampak ketidakstabilan ekonomi global akibat pandemi dan juga perang Rusia-Ukraina mengakibatkan melonjaknya harga gandum, termasuk mi instan dan turunannya. Bukan tanpa alasan, karena kedua negara ini merupakan pemasok hampir 30 persen. hingga 40 persen dari produksi gandum dunia,” tambah Sandiaga.

Pantauan, harga mi instan di minimarket saat ini berada di kisaran Rp. 3.000 ke atas. Misal, Mie Instan Goreng Sedaap 90G: Rp 3.100 Sedaap, Mie Instan Goreng Indomie Aceh 90G: Rp 3.000, Indomie Mie Goreng Instan Jumbo Special 129G: Rp 4.000 dan Mie Instan Lemonilo Rendang 77G: Rp 9.600.

Menurut Sandiaga, pelaku UMKM perlu merespon dengan ide-ide kreatif dan inovatif. Diantaranya dengan mengoptimalkan sumber pangan dan berbagai produk lokal ekonomi kreatif.

“Kondisi seperti ini seharusnya tidak lantas membuat kita menyerah, tetapi justru mendorong kita untuk mengoptimalkan sumber pangan dan berbagai produk ekonomi kreatif lokal agar tidak terus bergantung pada bahan baku impor”, kata Sandiaga. (//)

2 Menteri Jokowi Tak Kompak Soal Aturan Impor Baju Bekas
Baju bekas memang sebenarnya sudah enggak boleh diimpor jadi untuk impor baju bekas pakai permendag clear ya tegas dia saat berbincang

Reshuffle Kabinet Pengamat Sebut Dua Nama Ini Layak Diganti
Ujang pun menilai bahwa hal tersebut tidak baik ketika informasi yang disampaikan menteri dan presiden tidak kompak saya tidak tahu pertama

Menteri Menteri Jokowi Tak Kompak Dasco Itu Sudah Kami Prediksi
Jawapos com ketidakkompakan menteri di kabinet indonesia maju sudah mulai terlihat salah satunya ketika merespon soal omnibus law ruu

Menteri Jokowi Kompak Yakin Ekonomi Kuartal Ii 2022 Tumbuh Di
6 hari yang lalu kita masih menjaga inflasi saat sekarang yang sekitar 4 9 ujarnya sebelumnya menteri keuangan sri mulyani indrawati juga memperkirakan

Menteri Jokowi Kompak Bantah Ada Deklarasi Dan Danai Wacana
Para menteri kabinet indonesia maju buka suara soal dukungan tidak ada deklarasi 3 periode saat presiden jokowi hadir di istora senayan

Soal Pencitraan Jokowi Anggap Kementerian Tak Kompak
Hal itu disampaikan jokowi saat memimpin rapat terbatas tentang strategi peningkatan citra indonesia di dunia di kantor presiden jakarta

Airlangga Dan Suharso Kompak Tak Mau Banyak Bicara Soal
Isu reshuffle ini semakin menguat setelah jokowi menyinggungnya secara langsung di depan para menteri menterinya saat bicara tentang

Soal Reshuffle 2 Menteri Dan 3 Wamen Setkab Presiden Memang
Secara keseluruhan pramono menilai jokowi yang sudah menjabat dua periode selama 8 tahun pasti cukup memahami persoalan yang ada

Deretan Menteri Jokowi Yang Minta Maaf Ke Publik Soal Corona
Presiden jokowi saat takbir akbar hari raya idul adha 1442 h 2021 m 19 di indonesia membuat dua menteri presiden joko widodo jokowi

Rahasia Kabinet Jokowi Diungkap Seskab Detiknews
Seskab pramono anung buka bukaan soal kabinet presiden joko widodo dalam kabinet jokowi selalu bekerja dengan kompak tanpa ada gesekan

Politisi Pks Ramai Ramai Kritik Reshuffle Kabinet Jokowi Populis
Di mana dalam reshuffle kali ini jokowi merombak dua menteri dan kritik reshuffle kabinet jokowi nyinyirnya kompak banget ini sekedar

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.