free stats
banner 728x250
Berita  

Saat Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Tarif Melebihi Batas Atas

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Pemerintah akhirnya menetapkan aturan baru terkait tarif penerbangan untuk rute domestik.

Kebijakan baru ini memungkinkan maskapai untuk menetapkan harga tiket pesawat di atas tarif batas atas dengan jumlah yang telah ditentukan.

banner 325x300

Besaran biaya tambahan untuk tiket pesawat domestik dalam polis adalah 15% dari tarif batas atas untuk pesawat jenis jet.

Sedangkan untuk tarif pesawat baling-baling, diperbolehkan dikenakan biaya tambahan sebesar 25% dari tarif batas atas.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 142 Tahun 2022 tentang besaran biaya tambahan akibat fluktuasi tarif penumpang bahan bakar (fuel surcharge) untuk angkutan udara niaga berjadwal domestik kelas ekonomi.

Aturan ini diterapkan karena saat ini biaya operasional pesawat sudah cukup tinggi akibat melonjaknya harga minyak dunia akibat perang di Ukraina.

Pj Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Istiartono mengatakan, kebijakan ini akan dievaluasi setelah 3 bulan diterapkannya surcharge oleh maskapai.

“Selain itu, penerapan surcharge ini bersifat opsional bagi maskapai penerbangan atau tidak wajib,” kata Isnin dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Kemudian pada Senin, Departemen Perhubungan meminta maskapai yang melayani rute domestik reguler untuk menerapkan tarif penumpang yang lebih terjangkau.

“Dengan memberlakukan tarif penumpang yang terjangkau akan menjaga konektivitas antar wilayah dan layanan transportasi udara,” katanya, Senin.

Menurutnya, penetapan tarif yang terjangkau juga akan mendorong mobilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan melalui udara.

”Kami sudah menyampaikan himbauan harga tiket pesawat yang terjangkau ini kepada Direktur Utama maskapai nasional agar bisa diterapkan di lapangan,” kata Isnin.

Mengenai penetapan besaran surcharge ini, lanjut Isnin, merupakan upaya memperhatikan kepentingan semua pihak dengan tujuan untuk menjamin perlindungan konsumen dan menjaga kelangsungan usaha yang sehat.

kehilangan sayap

Sementara itu, Lion Air Group mengatakan dengan tarif yang ada, pihaknya mengalami kerugian dalam pengoperasian pesawat baling-baling tersebut.

Strategi Komunikasi Korporat Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan operasional Wings Air mengalami kerugian akibat penggunaan ATR-72 yang kurang optimal.

“Namun kami tetap melayani rute perintis dengan menggunakan pesawat baling-baling meskipun kami mengalami kerugian dari operasi tersebut,” kata Danang dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Dikatakannya, Wings Air berusaha menjangkau kecamatan dan kabupaten di jalur antar pulau terjauh dengan armada ATR-72.

“Saat ini Wings Air rata-rata memiliki 200 penerbangan per hari,” kata Danang dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Danang juga menjelaskan, operasi tersebut masih mengalami kerugian akibat belum optimalnya pemanfaatan ATR 72 karena melayani wilayah perbatasan.

”Selain itu, harga avtur lebih mahal dari harga avtur di bandara-bandara kota besar,” kata Danang.

Menurut dia, ada beberapa pertimbangan mengapa Wings Air akan tetap melayani penerbangan dengan rute mulai dari daerah terdepan hingga daerah terluar.

Yang pertama adalah upaya untuk berkontribusi pada program pemerintah sejalan dengan fase pemulihan ekonomi regional dan nasional.

Kedua, membantu terciptanya transportasi yang saling terhubung antar kecamatan, antar kelurahan, dan antar kelurahan dan kota besar.

Ketiga, mendukung kelancaran mobilitas masyarakat dan logistik secara cepat, aman dan terjamin.

Keempat, pesawat ATR-72 mengakomodir penerbangan langsung secara tepat atau tergantung infrastruktur bandara di daerah hingga tingkat kecamatan.

Garuda patuhi kebijakan pemerintah

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan pihaknya mematuhi ketentuan dan kebijakan harga tiket pesawat, terutama yang mengacu pada aturan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) serta kebijakan pendukungnya. terkait dengan komponen harga tiket lainnya.

Hal itu disampaikan Garuda Indonesia menanggapi imbauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait penerapan harga tiket yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Irfan melanjutkan, Perseroan juga mengajak seluruh pemangku kepentingan penerbangan untuk bersama-sama fokus mengoptimalkan momentum pemulihan industri penerbangan dan kebangkitan ekonomi nasional dengan memperkuat sinergi dalam memaksimalkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara.

“Garuda Indonesia melihat himbauan ini sebagai pengingat bagi seluruh pelaku industri jasa transportasi udara untuk menyelaraskan langkah percepatan kinerja dengan tetap menjaga komitmen kepatuhan terhadap aturan bisnis penerbangan,” kata Irfan.

“Termasuk penerapan komponen harga tiket yang mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku serta terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi udara bagi masyarakat,” lanjutnya.

Irfan kembali menyampaikan bahwa perusahaan meyakini kesadaran akan pentingnya harmonisasi upaya pemulihan bersama di tengah situasi pandemi yang berkepanjangan.

Sementara itu, terkait penerapan Kebijakan Kementerian Perhubungan KM 142 Tahun 2022 tentang besaran biaya tambahan (surcharge) yang diakibatkan oleh fuel surcharge, Garuda Indonesia pasti akan merespon dan menerapkan kebijakan tersebut dengan hati-hati. dan ketelitian.

“Garuda Indonesia akan merespon dengan pertimbangan fluktuasi harga bahan bakar avtur terhadap perlunya penyesuaian harga tiket, tentunya dengan tetap mengutamakan kebutuhan masyarakat akan aksesibilitas layanan penerbangan” tutupnya.

Harga tiket pesawat meroket akibat kenaikan harga avtur atau avtur. Bahkan harga tiket pesawat diperkirakan akan terus meningkat, setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai regulasi fuel surcharge.

YLKI Comprendre

Menanggapi hal tersebut, pengurus harian Yayasan Konsumen Indonesia Agus Suyatno mengatakan, kenaikan TBA di industri penerbangan dapat dimaklumi.

Selain itu, hal ini disebabkan dampak pandemi yang belum memulihkan kondisi industri penerbangan dan kenaikan harga avtur.

Baca juga: Dishub Minta Maskapai Berlakukan Harga Tiket Lebih Terjangkau

“Industri penerbangan merupakan industri padat modal dengan komponen dan biaya operasional yang besar, sedangkan dampak pandemi belum pulih 100% keadaan maskapai, saat ini berhadapan dengan harga avtur yang melonjak, sehingga fuel surcharge Kebijakan dengan menaikkan harga pesawat TBA bisa dimaklumi,” kata Agus kepada Kontan.co.id, Minggu (7/8).

Namun, YLKI mencatat kenaikan tiket ini. Pertama, pemerintah harus menjelaskan kepada masyarakat, izin kenaikan TBA sebesar 15% dan 25% berlaku sampai kapan.

“Dengan demikian, konsumen juga mendapat kepastian waktu dan peran pengawasan terkait kebijakan ini,” imbuhnya.

Kedua, harus ada pengawasan pemerintah bahkan audit untuk memastikan fuel surcharge yang ditentukan tidak dilanggar oleh maskapai. Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat sebagai konsumen agar dapat ikut serta dalam proses pemantauan dan mekanisme pelaporan jika terjadi dugaan pelanggaran.

Ketiga, pemerintah juga harus mempertimbangkan penghapusan PPN atas tiket pesawat dan PPN 10% atas avtur, jika tarif penerbangan naik dalam waktu yang lama.

“That’s right, it’s not just the airlines that are under pressure to lower fares but also the role of the government in this. Therefore, the state revenue from this sector will decrease” , explained Agus.

Fourth, this increase must also be accompanied by benefits received by consumers.

“Until now, air travel issues that are often reported to YLKI are related to aircraft flight delays without clear information, complicated refund processes, rescheduling and delay management. flights that do not comply with SOPs. These are all issues that need to be addressed,” Agus concluded. (/Darmawan/Bambang Ismoyo/Kontan)

Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Pesawat Pantas
Jika kenaikannya mempengaruhi biaya operasi penerbangan hingga 10 persen lebih maka pemerintah dapat mengizinkan maskapai penerbangan

Kemenhub Ultimatum Maskapai Yang Naikan Tarif Tak Sesuai Aturan
Pemerintah hanya mengatur tarif rute direct langsung pesawat kelas ekonomi ujar novie baca juga kemenhub izinkan maskapai naikkan harga

Harga Minyak Dan Avtur Naik Kemenhub Izinkan Maskapai
Sehingga pemerintah mengizinkan maskapai menaikkan tarif untuk daftar harga tiket pesawat libur lebaran lebih mahal saat arus balik

Menhub Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Pesawat Jelang
Jika kenaikannya mempengaruhi biaya operasi penerbangan hingga 10 persen lebih maka pemerintah dapat mengizinkan maskapai penerbangan

Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Sampai Batas Atas
Silakan kalau mau dimanfaatkan peluang untuk menaikkan harga tiket pesawat sesuai ketentuan tarif batas atas saat ini harga batas itu

Pemerintah Beri Izin Harga Tiket Pesawat Naik Detikcom
24 jam yang lalu pemerintah memberi izin kepada maskapai untuk menaikkan harga tiket dalam negeri untuk menerapkan tarif penumpang yang lebih terjangkau

Harga Avtur Naik Kemenhub Izinkan Maskapai Naikkan Tarif Tiket
Jika kenaikannya mempengaruhi biaya operasi penerbangan hingga 10 persen lebih maka pemerintah dapat mengizinkan maskapai penerbangan

Kemenhub Izinkan Maskapai Naikkan Biaya Tambahan Tarif
Jika kenaikannya mempengaruhi biaya operasi penerbangan hingga 10 persen lebih maka pemerintah dapat mengizinkan maskapai penerbangan

Kemenhub Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Pesawat Berikut
5 jam yang lalu besaran biaya tambahan untuk pesawat udara jenis jet paling tinggi 15 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan masing masing

Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Tarif 10 Persen Di Atas Tba
Jika kenaikannya mempengaruhi biaya operasi penerbangan hingga 10 persen lebih maka pemerintah dapat mengizinkan maskapai penerbangan untuk

Avtur Mahal Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket
Hal ini menyusul adanya kenaikan harga minyak dan avtur dunia dalam beberapa waktu terakhir juru bicara kementerian perhubungan adita irawati

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.