free stats
banner 728x250
Berita  

Sampoerna Dorong Transformasi Industri Melalui Inovasi Produk Bebas Asap

banner 120x600
banner 468x60

Seiring dunia terus bergerak menuju berbagai perubahan, komitmen terhadap nilai keberlanjutan merupakan langkah yang harus diambil oleh berbagai pihak.

Keberlanjutan tidak hanya lingkungan, tetapi juga mempengaruhi kehidupan manusia.

banner 325x300

Untuk itu, perusahaan-perusahaan yang saat ini berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia juga terlibat dalam menggagas nilai keberlanjutan.

Salah satunya adalah PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) yang berada di bawah naungan Philip Morris International (PMI).

Transformasi bisnis dalam konteks keberlanjutan

Dalam mengimplementasikan inisiatif keberlanjutannya di Indonesia, transformasi bisnis merupakan salah satu tindakan yang dilakukan oleh Sampoerna dan PMI.

Direktur Keberlanjutan PMI, Jennifer Motles, dalam wawancara bersama, Jumat (29/7/2022), tidak memungkiri efek kesehatan dari produk rokok.

“Ketika kita berbicara tentang keberlanjutan, kita juga menyadari jenis dampak yang akan ditimbulkan oleh produk kita. Sebagai bagian dari strategi keberlanjutan kami, kami mencoba untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana memasarkan produk kami secara bertanggung jawab, termasuk mencegah anak di bawah umur mengakses produk dan mempertimbangkan apa yang mungkin terjadi di masa depan, ”kata Jennifer.

“Untuk itu kami menggunakan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi untuk memberikan solusi dan produk yang lebih baik yang dapat membawa perubahan, baik bagi konsumen, lingkungan, maupun untuk keberlangsungan kegiatan PMI dan Sampoerna”, lanjutnya.

Sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan ini, PMI dan Sampoerna berupaya menghidupkan transformasi dengan menghadirkan inovasi dalam bentuk produk tembakau tanpa asap yang inovatif, seperti produk tembakau berpemanas IQOS dan HEETS.

“Kami juga memberikan pemahaman kepada konsumen tentang bahaya merokok, sehingga kami terdorong untuk melakukan penelitian, pemanfaatan teknologi dan transformasi produk melalui inovasi produk tembakau tanpa asap yang kini hadir di Indonesia melalui uji pasar terbatas yaitu IQOS,” ujar Direktur External Affairs Sampoerna, Elvira Lianita.

Selain itu, PMI telah memenuhi komitmennya dengan membangun fasilitas produksi batang tembakau untuk IQOS dengan merek HEETS di Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang berlokasi di Karawang ini akan menjadi pabrik produksi produk tanpa asap PMI pertama di Asia Tenggara dan ketujuh di dunia.

Komitmen Sampoerna dan PMI untuk Menciptakan Masa Depan Bebas Rokok

Elvira mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya yang ditimbulkan oleh rokok berasal dari dampak pembakaran. Inilah yang mendorong PMI untuk mengembangkan produk tembakau tanpa asap yang inovatif.

Tanpa pembakaran, IQOS mampu mengurangi senyawa berbahaya dan berpotensi berbahaya hingga 95% dibandingkan dengan rokok.

“Ini bagian dari keberlanjutan, bagaimana kami bisa memberikan produk yang lebih baik bagi perokok yang masih berniat menggunakan produk tembakau. Tentu saja berhenti merokok adalah solusi terbaik, tetapi jika perokok dewasa memilih untuk terus merokok, mereka harus beralih ke produk tembakau alternatif yang memiliki profil risiko lebih rendah dibandingkan rokok yang dibakar,” lanjut Elvira.

IQOS hadir di Indonesia sejak 2019 melalui uji pasar terbatas bernama IQOS Club. Melalui Club IQOS, perokok dewasa yang tertarik beralih ke produk tembakau tanpa asap yang inovatif.

Pada akhir tahun 2021, IQOS Club di Indonesia memiliki 65.000 perokok dewasa.

Inovasi IQOS ini merupakan wujud keseriusan PMI dan Sampoerna dalam mewujudkan transformasi masa depan bebas asap rokok sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan mereka. Secara global, IQOS telah menyebar ke 70 pasar global dan menjangkau 19 juta konsumen dewasa.

Saat ini, masih ada tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan transformasi dan masa depan Indonesia yang bebas asap rokok.

“Tidak semua orang tahu bahwa masalah berasal dari pembakaran. Jadi edukasi tentang itu dan kemampuan kita untuk memberikan informasi yang mudah dipahami juga tidak kalah pentingnya,” kata Elvira.

Selain itu, regulasi dan peran seluruh pemangku kepentingan, termasuk pelaku komersial, pemerintah, masyarakat, lembaga advokasi kesehatan dan peneliti, memiliki pengaruh yang sama pentingnya.

“Seperti yang dikatakan Jennifer, sebelum kita melakukan perubahan, semuanya akan beres. Itu mempengaruhi bagaimana kita bekerja sama untuk mencapai kesepakatan, bagaimana kita bisa melakukan transformasi sehingga jumlah perokok di Indonesia dan di seluruh dunia bisa berkurang secara signifikan, ” dia menjelaskan.

Perkembangan IQOS juga berdampak pada transformasi masa depan bebas asap rokok yang ingin dicapai PMI pada tahun 2025.

“Diharapkan produk ini sudah tersedia di ratusan pasar pada tahun 2025 dan kami ingin memastikan 40 juta perokok dewasa beralih ke produk bebas asap rokok ini,” pungkas Jennifer.

Dorong Digitalisasi Umkm Di Papua Src Gandeng Kemendag
Melalui pelatihan dan dukungan digitalisasi dari sampoerna baik dari sisi produk maupun akses pasar dengan memanfaatkan inovasi dan

Src Dorong Transformasi Dan Digitalisasi Umkm Toko Kelontong
Sampoerna retail community src terus mendorong transformasi dan digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah umkm toko kelontong di

Optimalkan Inovasi Sampoerna Raih Indi 4 0 Award Dari Kemenperin
Salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional adalah melalui akselerasi transformasi industri 4 0 di indonesia

Dorong Digitalisasi Umkm Di Papua Src Kemendag Perkenalkan
Melalui pelatihan dan dukungan digitalisasi dari sampoerna baik dari sisi produk maupun akses pasar dengan memanfaatkan inovasi dan

Hm Sampoerna Dorong Pengembangan Teknologi Dan Sains
Pt hm sampoerna tbk mendukung visi pemerintah dalam mendukung inovasi industri kreatif 4 0 untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing

Sampoerna Tingkatkan Sinergi Dukung Inovasi Industri Kreatif 4 0
Foto acara1st indonesia innovation series hm sampoerna di transformasi pada industri tembakau melalui inovasi produk bebas asap

Dukung Inovasi Industri Kreatif 4 0 Sampoerna Dorong
Dukung inovasi industri kreatif 4 0 sampoerna dorong kemandirian dan transformasi pada industri tembakau melalui inovasi produk bebas

Dorong Pengembangan Riset Dan Inovasi Teknologi Industri
Jakarta 22 mei 2019 pt hm sampoerna tbk sampoerna perusahaan tembakau terkemuka di indonesia menandatangani nota kesepahaman

Optimalkan Inovasi Sampoerna Raih Indi Ekbis Sindonews Com
Selain itu hasil indi 4 0 menunjukkan pencapaian perjalanan transformasi industri 4 0 di perusahaan manufaktur yang berdampak positif pada

Konsisten Dengan Program Berkelanjutan Sampoerna Raih
Pt hm sampoerna tbk sampoerna menyabet penghargaan internasional global dan melakukan transformasi bisnis melalui sejumlah inovasi

Laporan Transformasi Digital Korporasi 2020 Dailysocial
Lanskap industri fmcg industri fmcg di era disrupsi fmcg indonesia undisclosed source hm sampoerna transformasi digital di masa covid 19

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.