free stats
banner 728x250
Berita  

Sanksi Baru Untuk Rusia, Eropa Mulai Setop Impor Batubara Produksi Negeri Vladimir Putin

banner 120x600
banner 468x60

Report of Journalist Namira Yunia Lestanti

BRUSSEL – Impor batu bara Rusia ke Uni Eropa resmi dilarang, dengan dikeluarkannya regulasi bahwa eksportir dari UE tidak bisa lagi memasok kebutuhan batu baranya dari Rusia, mulai Rabu (10/8/2022).

banner 325x300

Mengutip dari Reuters, aturan ini selain sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa untuk memukul pendapatan Rusia dalam membiayai operasi militer Vladimir Putin di Ukraina.

Sebelum meresmikan regulasi, UE diketahui telah melakukan uji coba sanksi pembatasan impor batubara Rusia sejak April lalu.

Aturan UE diterapkan agar 27 negara kawasan Eropa bisa lepas dari ketergantungan impor batubara Rusia. Padahal saat ini jumlah pasokan batubara Rusia untuk pembangkit listrik Eropa sudah mencapai 70%.

“Uni Eropa telah memperjelas bahwa mengurangi ketergantungan kita pada impor energi dari Rusia adalah keharusan yang mendesak,” kata Komisi Eropa Eric Mamer.

Untuk menggantikan pasokan dari Rusia, negara-negara Uni Eropa diharapkan mencari alternatif dengan meningkatkan pasokan batubara termal dari negara lain seperti Kolombia, Australia dan Amerika Serikat. Amerika Serikat.

Layanan transportasi batubara Eropa Braemar mencatat bahwa saat ini UE berhasil mengimpor 1,2 juta ton produk batubara termal dari Kolombia pada Juni.

Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan tahun 2021, ketika UE hanya mengimpor 287.000 ton batu bara.

Peningkatan serupa juga terjadi pada impor batu bara dari Australia. Pada bulan Juni, Australia mengekspor hingga 1,1 juta ton produk batubara termal. Tidak hanya itu, impor batubara dari Amerika pada bulan yang sama juga meningkat sebesar 28%.

“Kami yakin ini akan terjadi karena pembangkit listrik dari gas hingga 120 terawatt hour akan digantikan oleh batu bara keras dan lignit.

Ini akan menghemat sekitar 22 miliar meter kubik gas per tahun, jauh lebih banyak daripada ukuran individu lainnya,” kata Brian Ricketts dari European Coal and Lignite Association (Eurocoal).

Selain memotong impor batu bara, ditemukan pada bulan Juni bahwa UE telah menerapkan serangkaian sanksi lain, termasuk embargo parsial terhadap minyak Rusia.

Sanksi tersebut melarang negara-negara UE mengimpor minyak laut Rusia mulai 5 Desember 2022 dan produk minyak bumi mulai 5 Februari 2023.

Berkat sanksi tersebut, Rusia akan kehilangan sekitar seperempat pangsa pasar ekspornya, diperkirakan pendapatan Rusia dari penjualan energi juga akan turun menjadi 8 miliar euro per tahun, dikutip dari Deutsche Welle.

Meskipun sanksi embargo dapat mempengaruhi pendapatan Rusia, dengan melarang impor batubara Rusia ke 27 negara di kawasan Eropa, ada potensi krisis energi di musim dingin mendatang.

Rencananya untuk mengurangi dampak krisis energi, Badan Energi Internasional Eropa akan meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan energi terbarukan, seperti energi nuklir.

Rusia Bakal Dapat Sanksi Baru Dari Uni Eropa Antara News
Uni eropa ue berharap meloloskan sanksi putaran keenam terhadap rusia pada pertemuan dewan urusan luar negeri ue berikutnya

Tok Uni Eropa Resmi Jatuhkan Paket Sanksi Keenam Untuk Rusia
Jakarta cnbc indonesia dewan eropa akhirnya resmi memberlakukan paket sanksi keenam untuk rusia sebagai buntut serangannya terhadap

Uni Eropa Siapkan Paket Sanksi Terbaru Untuk Rusia Moskow
Perdana menteri republik ceko petr fiala mengatakan uni eropa ue sedang mempersiapkan paket sanksi ketujuh terhadap moskow

Rusia Sebut Sanksi Baru Uni Eropa Bisa Remukkan Ekonomi Global
Para diplomat uni eropa pada rabu 20 7 2022 menyepakati babak baru sanksi terhadap moskwa karena menginvasi ukraina

Negara Negara Ue Dorong Sanksi Baru Untuk Rusia Sindonews
Luxembourg beberapa negara uni eropa ue mendorong untuk mulai mengerjakan paket sanksi baru terhadap rusia dan belarusia atas invasi ke

Tolak Tambah Sanksi Untuk Rusia Negara Eropa Ini Kapok
Hungaria menyatakan uni eropa harus berhenti menambahkan sanksi sanksi terbaru terhadap moskow yang mencakup larangan impor minyak rusia

Uni Eropa Incar Emas Rusia Pada Paket Sanksi Terbaru Katadata
Para pemimpin negara negara uni eropa ue tengah menyiapkan paket sanksi terbaru terhadap rusia atas perang yang masih berlanjut di ukraina

Bahas Sanksi Baru Untuk Rusia Kekompakan Pemimpin Uni Eropa
Tempo co jakarta menteri ekonomi jerman robert habeck menyatakan kekhawatiran kekompakan uni eropa mulai runtuh menjelang pertemuan

Uni Eropa Sepakat Jatuhkan Sanksi Baru Kepada Rusia Dw
Presiden ukraina volodymyr zelenskyy berterimakasih kepada uni eropa atas paket sanksi keenam yang dijatuhkan kepada rusia

Inggris Jatuhkan Sanksi Baru Untuk Rusia Republika Online
Larangan juga diberlakukan untuk ekspor uang kertas mata uang sterling atau uni eropa ke rusia pemerintah inggris menanggapi invasi rusia ke

Sanksi Uni Eropa Untuk Pacar Putin Buntut Invasi Rusia Ke Ukraina
Sanksi eropa kepada orang terdekat di lingkar presiden rusia vladimir rentetan sanksi terbaru ini menjadi sanksi gelombang keenam yang

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.