free stats
banner 728x250
Berita  

Solusi Praktis Di Masa Kritis, Yuk Cari Tahu Apa Itu Paylater Dan Cara Kerjanya Berikut Ini

banner 120x600
banner 468x60

Paylater dikenal luas sebagai salah satu layanan keuangan digital paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan fungsi pembayaran ini kerap dijadikan sebagai solusi praktis untuk mengatasi masalah keuangan di masa kritis. Misalnya berkat paylater, Anda bisa memenuhi kebutuhan mendesak meski isi dompet Anda habis di akhir bulan.

Namun karena mudah diterapkan, layanan ini juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen kecil atau bahkan konsumen. Akibatnya, beban utang menggunakan pembayar menumpuk dan menjadi mimpi buruk finansial.

banner 325x300

Karena mengandung risiko ini, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu fitur bayar nanti, cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

1. Apa itu fungsi Paylater?

Paylater adalah fitur atau metode pembayaran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan transaksi yang sedang berlangsung dan melakukan pembayaran di kemudian hari. Dengan fitur ini, Anda bisa leluasa berbelanja segala kebutuhan dan membayar tagihan nanti secara mencicil atau sekaligus dalam sekali pembayaran.

Di Indonesia, fitur pembayaran ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai platform belanja online, e-commerce, dan marketplace. Bahkan, banyak pengguna yang bisa langsung menggunakan metode pembayaran ini untuk melakukan transaksi pembelian dan baru membayar tagihannya nanti.

Bisa dibilang paylater adalah fitur pembayaran digital yang sedang menikmati tingkat popularitas yang tinggi di masyarakat. Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh DSResearch pada tahun 2019, paylater menjadi fitur ketiga yang paling disukai dengan persentase pengguna sebesar 56,7%.

Menurut survei lain, di antara semua responden, 95% tahu paylater dan hampir 80% tahu cara kerjanya.

2. Cara kerja fitur Paylater

Seperti dijelaskan di atas, fungsi paylater ini sudah cukup banyak ditawarkan oleh aplikasi belanja online serta platform e-commerce dan marketplace. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan fitur pembayaran alternatif seperti kartu kredit, yaitu menyelesaikan transaksi pembelian terlebih dahulu dan membayar tagihan kemudian.

Misalnya, Anda dapat berbelanja hari ini menggunakan bayar nanti dan membayar tagihan di akhir bulan atau saat hari gajian tiba dengan mencicil atau sekaligus. Jika Anda memilih metode cicilan, pengguna dapat menentukan jangka waktu pembayarannya sendiri. Dengan cara ini, beban angsuran dapat lebih mudah disesuaikan dengan kemampuan membayar dan tidak ada risiko menyebabkan gagal bayar atau kredit macet.

Namun, pahami juga bahwa ada biaya bunga dan biaya layanan yang harus ditanggung pengguna saat menggunakan fitur pembayaran ini, termasuk biaya keterlambatan.

Nilai biaya bunga, biaya layanan, dan biaya keterlambatan tentu berbeda untuk setiap layanan, sehingga Anda harus membandingkannya untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Selain itu, berdasarkan situasi keuangan dan kebiasaan belanja pengguna, penyedia paylater akan memberikan limit dengan nominal tertentu. Dengan demikian, selama digunakan dengan bijak, risiko bahwa pembayar di kemudian hari menjadi sumber utang yang tidak berkelanjutan secara finansial akan lebih rendah.

3. Manfaat Layanan Paylater

Ada berbagai kelebihan yang menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik menggunakan layanan paylater, antara lain:

Layanan ini dapat diminta dan digunakan dengan cepat dan hampir kapan pun dibutuhkan. Tanpa harus mengisi saldo, mentransfer uang atau membayar biaya tahunan seperti kartu kredit, fitur ini bisa langsung dipilih sebagai metode pembayaran di marketplace atau e-commerce.

Berbeda dengan kartu kredit, Pay Later dapat diajukan tanpa harus mengumpulkan dokumen atau melalui proses verifikasi yang sulit. Bahkan, seluruh proses pendaftaran paylater dari awal hingga akhir bisa dilakukan secara instan.

Keunggulan lainnya, layanan ini juga memiliki limit yang relatif besar yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pembelian tanpa minimal pembelian. Namun perlu dipahami bahwa ada batas maksimal yang dapat digunakan pelanggan untuk melakukan pembelian dan telah disesuaikan dengan kondisi keuangan dan riwayat penggunaan layanan.

Tak kalah menarik, fitur ini juga kerap menawarkan berbagai promo menggiurkan. Dengan demikian, keuntungan yang bisa diperoleh pengguna akan semakin menggiurkan.

4. Kekurangan layanan Paylater

Terlepas dari sederet keunggulan di atas, paylater juga memiliki beberapa kekurangan yang patut diantisipasi, seperti:

Penggunaan layanan ini dapat dengan mudah memicu sikap pemborosan dan konsumsi yang dapat menjadi sumber masalah keuangan.

Termasuk sebagai produk pinjaman, paylater juga bisa menjadi sumber hutang dan cicilan jika tidak digunakan dengan bijak.

Sama seperti produk pinjaman pada umumnya, paylater juga memiliki biaya layanan dan biaya bunga yang harus ditanggung oleh pengguna. Tergantung pada kebijakan penyedia layanan, bunga dan biaya dapat bervariasi. Oleh karena itu, penting untuk membandingkan fitur paylater yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan untuk mendapatkan layanan yang paling hemat biaya.

Gunakan Paylater hanya dalam situasi darurat

Meski mudah diterapkan dan digunakan, paylater idealnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak saja. Alasannya adalah karena layanan membebankan bunga kepada penggunanya, biaya layanan, dan risiko biaya keterlambatan.

Dengan kata lain, jika tidak digunakan dengan bijak, metode pembayaran ini dapat merugikan Anda dan bahkan merusak keuangan Anda!

Menjadi Milenial Yang Kreatif Dan Inovatif Di Era Kompetitif
Bisnis yang sederhana pun juga akan menjanjikan apabila kita telaten dan tau yang ada di masyarakat lalu menemukan solusi cerdasnya

Seberapa Penting Kemampuan Berpikir Kritis Di Dunia Kerja Glints
Kenapa di hampir semua lowongan pekerjaan butuh kemampuan untuk berpikir kritis yuk simak alasannya di sini

6 Alasan Anak Perlu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis
Keinginan untuk berpikir kritis tentang masalah dan tugas yang paling sederhana pun menunjukkan keinginan untuk hasil yang konstruktif

40 Kata Kata Motivasi Untuk Tetap Tegar Dalam Melewati Masa Kritis
Setiap orang memiliki cara masing masing untuk menghadapi masa masa kritis ada yang dengan mudah dan kepala tegap ada pula yang membutuhkan

Cegah Bahaya Kenali Seluk Beluk Fase Kritis Demam Berdarah Di
Saat penderita dinyatakan memasuki masa kritis keadaan penderita dbd bisa tetap stabil asalkan diatasi dengan pemberian cairan yang memadai

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid 19
Asuransi kesehatan middot perlindungan penyakit kritis middot medis inilah 5 cara mengatasi stres di tempat kerja yuk simak tips olahraga di masa pandemi

5 Cara Melatih Anak Generasi Abad 21 Berpikir Kritis Halaman All
Kemampuan anak untuk menemukan solusi atas masalah yang ditemuinya dalam kehidupan sehari hari tips stimulasi berpikir kritis 1 dorong anak

7 Trik Sederhana Menjawab Pertanyaan Sulit Dengan Tenang
Dapatkan informasi tentang 7 trik sederhana menjawab pertanyaan sulit dengan tenang terbaru di topkarir com yuk cari tahu disini sekarang

Serba Serbi Rekomendasi Dan Tips Olahraga Saat Pandemi
Makanya yuk simak tips olahraga di masa pandemi berikut ini olahraga di rumah adalah langkah praktis dan menyehatkan karena tubuh aktif bergerak dan

7 Cara Untuk Mengembangkan Upaya Berpikir Inovatif Yuk Coba
Proses berpikir inovatif adalah praktik dari kemampuan yang dapat diasah untuk menghasilkan ide ide dan alternatif solusi termasuk didalamnya adalah tujuan

Zero Waste Lifestyle Menantang Kamu Untuk Menerapkan Gaya Hidup
Bumi tempat satu satunya manusia tinggal saat ini sedang dalam kondisi kritis yuk kita saling mengingatkan dan belajar untuk lebih peduli dan berbuat

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.