free stats
banner 728x250
Berita  

Sri Mulyani : Dana Pemda Banyak Parkir Di Bank, Pemprov DKI Paling Tinggi

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Jurnalis, Dennis Destryawan

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti besarnya dana pemerintah daerah (Pemda) di perbankan yang mencapai Rp212,44 triliun hingga akhir Juli 2022, dan terbanyak dilakukan oleh Provinsi DKI Jakarta.

banner 325x300

“Dana pemerintah daerah di perbankan masih tinggi Rp 212,4 triliun,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers KiTa APBN, Kamis (11/8/2022).

Jumlah tersebut, kata Sri Mulyani, turun dari Rp. 220,9 triliun pada bulan Juni, tetapi ini berarti selama tiga bulan berturut-turut, dana dari pemerintah daerah di sektor perbankan telah mencapai Rp. 200 triliun.

“Pada Mei Rp 200,75 triliun, Juni Rp 220,95 triliun, dan Juli Rp 212,44 triliun. Jika kita berharap transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah tentu diharapkan bisa segera memutar perekonomian. di daerah,” ujarnya. Sri Mulyani.

Berdasarkan kabupaten/kota di masing-masing provinsi, Jawa Timur masih menjadi yang terbanyak di sektor perbankan.

Jawa Timur merupakan yang tertinggi dibandingkan Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk kabupaten/kota di wilayah tersebut. Namun, untuk provinsi sendiri yang paling terselamatkan adalah DKI Jakarta.

“Kalau kita lihat DKI Jakarta yang tertinggi. Kemudian kita lihat Jawa Barat dan Jawa Timur. Nilainya bisa mencapai di atas Rp 6 triliun. Itu dana di perbankan yang kita harapkan bisa segera digunakan,” ” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap dalam lima bulan ke depan, daerah dapat menggunakan dana terutama dari transfer pemerintah pusat untuk membantu masyarakat memulihkan status sosial ekonominya.

Sri Mulyani melanjutkan, besarnya dana pemda untuk parkir di bank tak lepas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terkontraksi sebesar 6,6 persen.

Realisasi belanja daerah hingga akhir Juli hanya Rp432,11 triliun atau lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp462,54 triliun. Artinya daerah baru menghabiskan 36,4 persen.

Dana Pemda Parkir Di Bank Rp 200 T Sri Mulyani Apbd Belum
Menteri keuangan menkeu sri mulyani indrawati mengungkapkan dana pemerintah daerah pemda di perbankan pada akhir mei 2022 tercatat rp

Sri Mulyani Soroti Ratusan Triliun Dana Pemda Mengendap Di Bank
Menteri keuangan sri mulyani menyoroti masih tingginya simpanan pemda akibat belanja daerah yang belum terakselerasi

Sri Mulyani Kesal Pemda Lelet Dana Daerah Rp 200 Triliun
Yang perlu dipikirkan ya tadi kenapa belanja barangnya banyak sebut sri mulyani geram dapatkan update berita pilihan dan breaking news

Sri Mulyani Dana Pemda 39 Parkir 39 Di Bank Capai Rp200 Triliun
Simpanan dana pemerintah daerah pemda yang ada di

Sri Mulyani Geram Uang Pemda Di Bank Capai Rp200 Triliun
Sri mulyani indrawati menjelaskan bahwa dana pemda yang berada di bank mengalami yang perlu dipikirkan kenapa belanja barangnya banyak

Kala Sri Mulyani Semprot Pemda Mau Anggaran Ditambah Tetapi
Dana pemda juga banyak menganggur di bank jumlahnya mencapai ratusan triliun di sisi lain pemda kerap mengeluh kurang anggaran padahal tkdd

Dana Pemda Rp200 Triliun Ngendon Di Bank Sri Mulyani Ironis
Dia pun menyampaikan bahwa realisasi belanja sebesar rp223 triliun justru lebij banyak dialokasikan untuk gaji pegawai yang angkanya mencapai

Sri Mulyani Geregetan Dana Pemda Di Bank Bengkak Jadi Rp 200 T
Menteri keuangan sri mulyani geram lantaran dana pemerintah daerah di perbankan makin membengkak menjadi rp 200 triliun

Dana Pemda Mengendap Di Bank Makin Banyak Tertinggi Dalam 6
Dana pemerintah daerah pemda yang ngendon di perbankan masih banyak menteri keuangan sri mulyani indrawati pun menyesalkan saldo pemda

Sri Mulyani 39 Gemes 39 Lihat Dana Pemda Banyak Mengendap Di Bank
Kementerian keuangan akan mengatur dana transfer ke daerah tkd sesuai kemampuan daerah terkait

Sri Mulyani Ungkap Dana Pemda Ngendon Di Bank Tembus Rp200 T
Menteri keuangan sri mulyani indrawati kembali menyorot simpanan dana pemerintah daerah pemda di bank yang kembali naik

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.