free stats
banner 728x250
Berita  

Stok Pertalite Menipis, Menteri ESDM Koordinasi Dengan Airlangga, Banggar: Tak Ada Tambahan Subsidi

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) dalam laporannya menyebutkan penyaluran Pertalite mencapai 16,8 juta kiloliter (KL) hingga Juli 2022.

Jika direvisi lebih lanjut, kuota untuk jenis BBM bersubsidi akan menyusut.

banner 325x300

Untuk Pertalite tahun ini kuotanya 23 juta KL. Diperkirakan sebelum akhir tahun, kuota Pertalite sudah habis.

Namun di sisi lain, pemerintah yakni Kementerian Keuangan mengakui anggaran negara (APBN) cukup sulit untuk menambah subsidi BBM.

Banggar Pastikan Tidak Ada Subsidi Tambahan

Badan Anggaran DPR (Banggar) menyatakan tidak akan menambah anggaran subsidi energi yang saat ini rendah.

Ketua Banggar Said Abdullah mengatakan, jika anggaran subsidi tidak dinaikkan, solusinya adalah memperluas, menambah, atau menyesuaikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang ada.

“Bagi saya tidak ada tambahan anggaran (anggaran subsidi energi), jika terus seperti ini, tidak ada pegangan, maka lebih baik pemerintah secara bertahap memperluas, menambah atau menyesuaikan subsidi BBM kita,” kata Said kepada media tim. saat rapat di DPR RI, Selasa (16/8/2022).

Tidak hanya bahan bakar, menurut dia, anggaran subsidi elpiji 3 kg tidak akan ditambah. Memang, penerima subsidi elpiji 3 kg itu setidaknya sudah mencapai tujuannya. Dia mencatat bahwa targetnya hanya 22% orang yang harus merasakannya.

Selain itu, untuk menjaga daya beli masyarakat saat pemerintah menaikkan harga Pertalite, Said menyarankan sejumlah bantuan seperti kesejahteraan dan bansos harus dilakukan secara intensif. kepada masyarakat.

“Untuk menjaga daya beli masyarakat, artinya media sosial harus diperkuat, langsung menyasar masyarakat penerima manfaat,” jelasnya.

Bagi Banggar, lanjut Said, menyesuaikan harga BBM merupakan pilihan yang tepat ketimbang pemerintah menambah anggaran subsidi lagi yang jelas tidak sesuai jadwal.

Koordinasi Menteri ESDM dengan Menko Airlangga

Pada sambutan kenaikan tarif BBM Pertalite, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pihaknya sedang berdiskusi dan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Harga Pertalite sedang dibahas. (Naik atau tidak) masih dikoordinasikan dengan Pak Airlangga,” kata Arifin saat ditemui tim media usai Sidang Tahunan Bersama MPR, DPR, dan DPR RI, Selasa (16/8) di Kompleks Parlemen.

Arifin menambahkan, jika ada keputusan, tentu pemerintah harus mengubah Peraturan Presiden (Perpres) no. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Eceran BBM.

Dia belum bisa memastikan kapan BBM Pertalite akan dinaikkan. Namun, Arifin memastikan harus ada sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat, jika harga BBM Pertalite naik.

BPH Migas imbau pemilik mobil beralih ke BBM nonsubsidi

Anggota panitia Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengimbau masyarakat yang tidak mampu untuk tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar.

Pasalnya, kuota BBM bersubsidi sudah habis. “Kami mengimbau konsumen yang mampu membeli kendaraan roda empat untuk beralih ke BBM nonsubsidi,” kata Saleh saat dihubungi Kamis (8/11/2022).

Saleh mengatakan penyebab habisnya kuota BBM bersubsidi adalah akibat pertumbuhan ekonomi.

Dikatakannya, pertumbuhan ekonomi meningkatkan mobilitas dan kebutuhan energi.

“Alasannya ekonomi tumbuh. Aktivitas masyarakat meningkat dan kebutuhan energi meningkat. Bukan hanya BBM, tapi juga listrik, oke,” katanya.

Hibah Pertalite yang Tidak Sesuai

Sementara itu, Energy Observer dan Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan penyesuaian harga jual Pertalite ke publik bisa dipertimbangkan.

Sebab, harga jual Pertalite saat ini dibandingkan dengan harga keekonomiannya sangat jauh.

Seperti diketahui, harga keekonomian BBM Pertalite seharusnya ditetapkan Rp 17.200 per liter. Dan saat ini harga jual Pertalite hanya Rp 7650.

Mamit juga mengungkapkan, subsidi BBM saat ini dinilai tidak efisien dan kurang tepat sasaran. Pasalnya, masih banyak orang kaya yang membeli BBM bersubsidi Pertalite.

“Menaikkan harga BBM bersubsidi (bisa jadi pilihan) karena disparitas harga (ekonomi) sangat besar,” kata Mamit.

“Itu banyak penipuan. Akhirnya subsidi tidak tepat sasaran,” lanjutnya.

Mamit merasa akan lebih baik jika hibah pemerintah dialihkan ke rakyat dan bukan ke properti. Oleh karena itu dianggap lebih tepat sasaran.

Mamit juga menegaskan, revisi aturan pembatasan penjualan BBM harus segera diselesaikan agar kuota BBM bersubsidi tidak kolaps.

”Perlu adanya pembatasan terkait konsumsi BBM pertalite dan solar bersubsidi. Oleh karena itu, saya berharap Perpres 191/2014 revisi Perpres 191/2014 segera terbit karena ini kuncinya,” kata Mamit menjelaskan.

“Sudah diatur siapa yang berhak mendapatkan BBM ini. Kalau lebih mudah BBM bersubsidi, itu hanya untuk angkutan umum plat kuning dan kendaraan roda 2 misalnya. Jadi lebih mudah untuk mengontrolnya,” pungkasnya. (/Uang tunai)

Kuota Bbm Menipis Stok Pertalite Cukup Untuk Berapa Lama
4 hari yang lalu menteri keuangan sri mulyani mengatakan kuota bbm subsidi yang menipis terjadi akibat meningkatnya konsumsi masyarakat jakarta

Subsidi Hashtag On Instagram Photos And Videos
Kementerian energi dan sumber daya mineral esdm meminta masyarakat agar lebih bijak hal ini karena kuota untuk bbm subsidi seperti pertalite menipis

Kuota Menipis Menteri Esdm Orang Kaya Jangan Isi Pertalite
5 hari yang lalu menteri esdm arifin tasrif mengimbau bagi masyarakat mampu untuk tidak mengisi bbm pertalite

Stok Bbm Capai 21 Hari Pemerintah Jamin Cukup Selama Mudik
Erika memaparkan stok bbm pertalite mencapai 17 hari kementerian esdm membentuk posko nasional sektor esdm selama 17 hari

Stok Pertalite Aman Pertamina Kami Akan Menyalurkan Sesuai
Di sisi lain kementerian energi dan sumber daya mineral esdm menilai tingginya harga minyak dunia dan memasuki bulan ramadhan yang diikuti

Harga Bbm Pertalite Bersiap Naik Ini Kata Menteri Esdm
8 jam yang lalu menteri esdm arifin tasrif buka suara perihal kabar bakal naiknya harga sudah dibeberkan oleh menteri investasi kepala badan koordinasi

Soal Wacana Pertalite Naik Menteri Esdm Sedang Koordinasi
4 jam yang lalu soal wacana kenaikan tarif bbm pertalite menteri energi dan sumber daya mineral esdm arifin tasrif mengatakan pihaknya tengah melakukan

Pertamax Naik Esdm Jamin Stok Pertalite Dan Solar Subsidi
Kenaikan harga bensin jenis pertamax dikhawatirkan membuat bensin jenis pertalite menipis stoknya karena peralihan konsumsi masyarakat

Perhatian Motor Jenis Ini Tak Boleh Lagi Isi Pertalite
Direktur utama pertamina nicke widyawati mengatakan sesuai dengan hasil rapat koordinasi bersama pemerintah tersebut mobil yang dilarang

Memasuki Ramadhan Pasokan Pertalite Dan Solar Aman Sampai
Pemerintah menjamin tersedianya bbm dan melakukan koordinasi pertalite ini juga agar stoknya tersedia dan distribusinya juga rata

Kuota Pertalite Tersisa 6 7 Juta Kl Menteri Esdm Kita Minta
5 hari yang lalu kementerian energi dan sumber daya mineral meminta masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak bbm khususnya jenis

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.