free stats
banner 728x250
Berita  

Sungai Rhine Dilanda Kekeringan, Ekonomi Jerman Semakin Terancam

banner 120x600
banner 468x60

Laporan oleh jurnalis Nur Febriana Trinugraheni

DORTMUND – Sungai Rhine Jerman telah mengering, mengganggu rantai pasokan dan menciptakan banyak masalah bagi perekonomian Jerman.

banner 325x300

Seorang pejabat Jerman mengatakan pada hari Jumat (8/12/2022) bahwa air Rhine telah turun ke tingkat yang sangat rendah di beberapa daerah, mengganggu pengiriman barang melalui sungai terbesar kedua di Eropa itu.

Kurangnya curah hujan dalam beberapa bulan terakhir telah memaksa kapal barang untuk mengurangi volume kargo, yang menyebabkan biaya transportasi yang lebih tinggi, risiko ekonomi dan pasokan listrik yang memburuk.

Bulan lalu, Institut Hidrologi Federal Jerman memperingatkan bahwa aliran air di kota Kaub, sebelah barat Frankfurt, berada pada 45% dari tingkat rata-rata.

Badan tersebut mengatakan aliran sungai yang rendah dapat mengganggu kecepatan kapal.

Jumat lalu, Otoritas Jalur Air dan Navigasi Rhine mengatakan bahwa ketinggian Sungai Rhine diperkirakan akan turun lebih jauh sebelum sedikit meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Situasi ini mengingatkan pada kondisi di Rhine pada 2018, ketika kekeringan menghentikan pengiriman kargo dan mengurangi pertumbuhan ekonomi Jerman sekitar 0,2%.

Para ekonom mengatakan tingkat air yang lebih rendah di Rhine tahun ini telah memaksa kapal barang untuk mengurangi jumlah pengiriman, sehingga biaya transportasi meroket.

Mereka menambahkan bahwa ketika ketinggian air di bawah 29,5 inci, kapal barang besar umumnya harus mengurangi muatannya hingga 30%.

“Ada juga peningkatan pajak di Jerman untuk membayar ongkos angkut ketika permukaan air turun di bawah tingkat tertentu,” kata seorang analis asuransi di bank investasi UBS kepada CNN. .

Kekeringan dapat memperburuk krisis di Jerman, ekonomi terbesar di Eropa. Sementara itu, Jerman saat ini menghadapi risiko resesi akibat krisis energi, inflasi yang tinggi, dan gangguan rantai pasokan.

Baru-baru ini, Jerman terpaksa menyalakan pembangkit listrik tenaga batu bara, untuk memastikan negara itu masih memiliki akses listrik, di tengah pembatasan pasokan gas dari Rusia.

“Banyak batu bara keras yang dibutuhkan diangkut dari pelabuhan Belanda di Amsterdam, Rotterdam dan Antwerpen dengan tongkang di sepanjang Rhine, yang menambah tekanan pada kapasitas di sana,” kata seorang ekonom Deutsche Bank.

Menurut analis minyak UBS Henri Patricot, tingkat air yang lebih rendah di Rhine akan menghambat pengiriman produk energi, sehingga memperburuk pasokan bahan baku di Eropa. Selain itu, Sungai Rhine telah menjadi jalur air untuk pengangkutan bahan kimia dan biji-bijian.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu lalu, firma riset ekonomi independen Capital Economics mengatakan bahwa sementara kekeringan Rhine dipandang sebagai masalah kecil dibandingkan dengan krisis gas untuk industri Jerman, itu bisa berdampak penting akhir tahun ini.

Kepala ekonom Eropa Andrew Kenningham mengatakan penurunan tingkat air Rhine bisa berlangsung hingga Desember, berpotensi mengurangi produk domestik bruto (PDB) Jerman sebesar 0,2% di semester kedua.

Sektor manufaktur Jerman akan menjadi yang paling terpengaruh. Para peneliti di Institut Kiel untuk Ekonomi Dunia sebelumnya memperkirakan bahwa produksi industri Jerman bisa turun sekitar 1% jika aliran Rhine tetap lemah di bulan mendatang.

Sementara itu, sebagian besar Eropa menderita gelombang panas dan kekeringan ekstrem. Sungai Thames yang ikonik di London, Inggris juga telah mengering.

Suhu tinggi air sungai Prancis telah menghambat pengoperasian beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir.

Di Italia utara, para petani mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun, mempengaruhi produksi tanaman mulai dari kedelai hingga produksi keju parmesan.

Rhine adalah sungai terbesar kedua di Eropa, mengalir melalui beberapa negara di Eropa Tengah dan Barat.

Aliran sungai ini dimulai dari Pegunungan Alpen, kemudian melewati Swiss, Austria, Liechtenstein, Jerman, Prancis, dan kemudian mengalir ke laut di Belanda.

Rhine adalah sungai terpanjang di Jerman dan merupakan jantung kehidupan di negara ini.

Portugal Dilanda Kekeringan Hebat 67 Lebih Wilayahnya Tak
Portugal mengalami kekeringan terparah tahun ini ketika 67 9 persen wilayahnya masuk dalam kategori parah 28 4 persen dalam kategori

Mengeringnya Sungai Rhine Mempengaruhi Transportasi Air News
2 hari yang lalu bagi ekonomi yang sudah dilanda kesulitan logistik kekeringan sungai rhine pada 2018 di kaub menyusutkan pdb jerman sebesar 0 2 persen

Negara Ini Paling Kekurangan Air Di Dunia Sains
Baca dilanda kekeringan yordania akan membangun pabrik ditambah negara ini juga memiliki danau dan sungai yang sangat sedikit

Terpanjang Di Swiss Ini Ujung Sungai Aare Tvone
Selanjutnya bertemu dengan sungai rhine di dekat kota waldshut jerman sungai aare dengan panjang 288 kilometer itu berasal dari gletser

Dilanda Musim Panas Ekstrem Belanda Umumkan Kekurangan Air
Saat ini tongkang di hilir rhine rute penting untuk mengangkut batubara dari pedalaman rotterdam ke pembuat baja dan produsen listrik jerman

Belanda Deklarasikan Kelangkaan Air Republika Online
Belanda dilanda kekeringan yang tak biasa dan tidak akan ada hujan 14 air sungai rhine yang mengalir masuk ke lobith sebanyak 850 kubik

Panas Dan Curah Hujan Yang Minim Bikin Sungai Di Eropa Mengering
4 hari yang lalu sungai sungai besar eropa adalah jalur ekonomi dan ekosistem yang penting ketinggian air di sungai rhein di jerman sangat rendah

Panas Dan Curah Hujan Minim Sungai Di Eropa Mengering Dw
5 hari yang lalu konsekuensinya serius bagi satwa liar dan perekonomian ketinggian air di sungai rhein di jerman sangat rendah

Kekeringan Hantam Benua Eropa Akan Jadi Yang Terparah
2 hari yang lalu sungai rhine di jerman dilanda kekeringan parah perbesar suasana sungai rhine dengan air yang rendah di cologne jerman rabu 10 8 2022

Sungai Di Eropa Mengering Akibat Panas Dan Minim Curah Hujan
2 hari yang lalu sungai rhine di jerman dilanda kekeringan parah koblenz sungai sungai besar eropa adalah jalur ekonomi dan ekosistem yang penting

Rhein Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas
Rhein bahasa jerman rhein bahasa prancis rhin bahasa belanda rijn adalah salah satu sungai paling panjang di eropa yang

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.