free stats
banner 728x250
Berita  

Tak Takut Ancaman Amerika, India Tetap Borong Minyak Rusia

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Namira Unia Lisanti

MUMBAI – Diskon yang ditawarkan pemerintah Rusia pada impor minyak mentah telah menggoda banyak perusahaan India untuk membeli komoditas tersebut.

banner 325x300

Tindakan ini langsung menarik perhatian Amerika Serikat dan sekutunya, sebelum pelaksanaan kesepakatan impor ini, pemerintah India beberapa kali mendapat peringatan keras dari pejabat Amerika untuk menghentikan kegiatan komersialnya dengan Moskow.

Amerika Serikat bahkan mengancam India bahwa jika terus membeli dan menjual minyak Rusia, ini akan memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi negara itu.

Dengan melakukan perdagangan ini, analis AS mengatakan, India dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi Rusia, sehingga memperpanjang ketegangan antara Putin dan Ukraina.

Namun, peringatan ini tampaknya tidak lagi diindahkan oleh India, malah terus mengimpor minyak Rusia di tengah eskalasi perang dengan Ukraina.

Seperti perusahaan minyak dan gas India, Gujarat State Petroleum dan GAIL, keduanya telah secara aktif membeli dalam beberapa bulan terakhir kargo LNG dari Rusia dengan harga jauh di bawah harga pasar dunia.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Business Insider, pembelian minyak mentah Rusia oleh India mencapai 700.000 barel per hari pada April 2022.

Jumlah itu melonjak signifikan dari pembelian pada Januari hingga Maret yang hanya 300.000 barel per hari.

Kehadiran minyak mentah Rusia kini penting bagi India, karena negara yang memegang beruang merah itu telah menyumbang sekitar 17 persen pasokan minyaknya.

Meski menjalin hubungan dagang yang baik dengan Putin, India menegaskan akan menjaga netralitasnya dalam perang Rusia di Ukraina.

Keputusan India untuk mengimpor minyak mentah kontras dengan posisi Uni Eropa, yang telah memberlakukan larangan resmi atas barang-barang energi dari Rusia.

Langkah itu diambil Uni Eropa sebagai bentuk kekecewaan atas serangan Rusia ke Ukraina.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.