free stats
banner 728x250
Berita  

Tarif Ojek Online Naik, Berikut Respons Pengguna Ojol

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberlakukan aturan pembatasan tarif angkutan ojek atau ojol line.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan dengan aturan ini, tarif layanan ojol akan dibagi menjadi tiga zona.

banner 325x300

Keputusan Kementerian Perhubungan menaikkan harga ojek online (ojol) menuai kritik dari berbagai pihak.

Pasalnya, ketika aktivitas masyarakat mulai meningkat kembali pasca pandemi, masyarakat harus dibebani biaya transportasi yang meningkat.

Banyak netizen yang melontarkan kritikan melalui akun media sosial. Misalnya, pengguna akun Twitter @chocolatublanc. “Pliss jaraknya cuma 1 km, sekarang udah 14.000, selain itu kalau dapat tarif tinggi, sudah mahal banget, dong”, tulisnya. “Oh tidak, saya PP setiap sore buddhi setia,” kata akun @nengNitria.

Banyak pengguna internet yang berstatus pelajar dan mahasiswa juga berkomentar dan mengeluhkan kenaikan tarif ojol yang menjadi moda transportasi mereka sehari-hari.

“Semuanya naik, kenapa semua kebutuhan dasar mahasiswa ini ingin naik, mie instan juga naik” kata @poppypufft. “Harga mie naik, harga ojol juga naik, PP ojol 60.000 per hari, jadi mau makan apa, perbaiki, lebih baik belajar online dari desa ” kata pengguna lain dari akun. .

Noviansyah, seorang pegawai swasta yang setiap hari harus bekerja menggunakan berbagai moda transportasi dari rumahnya di Cilebut, Bogor.

Dimulai dengan menggunakan ojol dari tempat tinggalnya, kemudian dilanjutkan dengan kereta api dan dilanjutkan dengan ojol hingga sampai di kantornya di Jakarta Selatan. “Sekarang dari rumah saya ke stasiun naik ojol sudah 26 ribu, kalau naik biayanya lebih mahal lagi”, ujarnya, Selasa (08/09).

Kenaikan tarif ojol tentunya akan semakin menurunkan daya beli masyarakat yang saat ini tertekan oleh kenaikan harga lebih lanjut.

Dalam survei yang dilakukan oleh Research Institute for Socio-Economic Development (RISED), biaya pengeluaran transportasi harian menyumbang sekitar 20% dari total pengeluaran pemerintah setiap bulannya. Oleh karena itu, wajar jika pengguna transportasi menolak kenaikan tarif tersebut.

“Faktor harga terbukti menjadi pertimbangan utama dalam keputusan konsumen untuk menggunakan Ojol. Jauh melebihi alasan lain seperti fleksibilitas dalam hal dan metode pembayaran, layanan door-to-door dan keamanan. Karena itu, perubahan tarif bisa sangat sensitif terhadap keputusan konsumen,” kata Rumayya Batubara, Ekonom Universitas Airlangga yang pernah menjadi ketua tim peneliti survei bertajuk “Persepsi Konsumen Terhadap Kenaikan Tarif Ojek Online. in Indonesia” yang diselenggarakan oleh Research Institute for Socio-Economic Development (RISED) pada tahun 2019.

Dampak lain kenaikan tarif terhadap ojol patut ditakuti, karena juga akan memicu peningkatan inflasi domestik. Dimana pemerintah mencoba melakukan berbagai langkah agar inflasi tetap rendah, mulai dari subsidi BBM hingga subsidi pangan.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Retribusi Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat yang dilakukan melalui aplikasi pada 4 Agustus lalu. 2022.

“Kami telah mengevaluasi batasan tarif terbaru yang berlaku untuk ojek online. Selain itu, sistem zonasi masih menerapkan 3 zonasi,” kata Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Senin (8/8).

Rata-rata kenaikan tarif dasar berkisar antara 30% hingga 40%. Melalui peraturan ini, Kementerian Perhubungan juga menaikkan tarif per KM di Jabodetabek menjadi Rp 2.600 – Rp 2.700 per km, dan Rp 2.250 – Rp 2.650 per km. Perusahaan Permohonan diundang untuk menyesuaikan besaran biaya selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kalender setelah diterbitkannya Peraturan Menteri ini.

Tarif layanan Ojol dibagi menjadi tiga zona

Hendro Sugiatno mengatakan dengan penyelesaian ini, tarif layanan ojol akan dibagi menjadi tiga zona.

“La zone I comprend Sumatra, Java (en plus de Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) et Bali”, a déclaré Hendro, mardi 08/09/2022.

Kemudian Zona II meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Zona II meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua. Batas bawah service charge jasa angkutan ojol di Zona I adalah batas bawah service charge Rp 1.850 per kilometer dan batas atas service charge Rp 2.300 per kilometer.

”Untuk minimum service charge di Zona I, service charge berkisar antara Rp 9.250 hingga Rp 11.500,” kata Hendro.

Kemudian di Zona II, service charge batas bawah sebesar Rp2600 per kilometer, service charge batas atas sebesar Rp2700 per kilometer dan service charge minimum dengan kisaran service charge antara Rp13.000 hingga Rp13.500.

Sedangkan untuk Zona III, batas bawah service charge Rp 2.100 per kilometer, batas atas service charge Rp 2.600 per kilometer, minimum service charge dengan range service charge antara Rp 10.500 sampai Rp 13.000.

“Aturan besaran besaran biaya jasa ini selanjutnya dapat dinilai paling lambat setiap 1 tahun sekali atau jika ada perubahan yang signifikan mempengaruhi kelangsungan usaha,” kata Hendro.

Beberapa artikel tersebut dimuat di Kontan.co.id dengan judul Tarif Mau Naik, Keberatan Pengguna Ojol

Grab Buka Suara Respons Tarif Ojol Naik Kami Sedang Diskusi
18 jam yang lalu grab indonesia buka suara merespons kenaikan tarif ojek online ojol yang telah dikeluarkan kementerian perhubungan

Tarif Ojek Online Naik Berikut Rinciannya Cnn Indonesia
1 hari yang lalu berikut rincian besaran kenaikan tarif ojek online besaran tarif ojol di zona i yang naik adalah biaya jasa minimal

Tarif Ojek Online Naik Ini Respons Grab Gojek Dan Maxim
Tarif ojek online naik ini respons grab gojek dan maxim targetkan tiga nol pada 2030 berikut fakta fakta menarik dari komitmen

Dirjen Perhubungan Darat Ungkap Alasan Tarif Ojek Online Naik
21 jam yang lalu menurut hendro adanya tarif ojol yang naik demi menjamin kelangsungan hidup ojol di indonesia berikut tarif ojek online yang berubah

Tarif Ojek Online Resmi Naik Ini Besaran Biaya Di Setiap Wilayah
1 hari yang lalu tarif ojek online di jabodetabek naik begini respons gojek dan grab adapun pembagian ketiga zonasi tersebut sebagai berikut

Resmi Naik Cek Tarif Terbaru Ojek Online Grab Gojek Cs
7 jam yang lalu tarif ojek online naik ketentuan itu tertuang dalam keputusan menteri perhubungan nomor kp 564 tahun 2022

Tarif Ojek Online Jabodetabek Resmi Naik Ini Respons Masyarakat
Kenaikan tarif belum tentu meningkatkan kesejahteraan pegemudi ojek online halaman all

Tarif Ojek Online Naik Jadinya Segini Cnbc Indonesia
1 hari yang lalu harga makanan di ojol lebih mahal dibanding resto kok bisa berikut rincian tarif zona i biaya jasa batas bawah rp 1 850 km batas atas rp

Resmi Naik Segini Tarif Baru Ojek Online Yang Berlaku Solopos Com
1 hari yang lalu tarif ojek online khususnya di area jabodetabek naik setelah kementerian perhubungan kemenhub menerbitkan aturan terkait tarif baru ojek

Respons Pengemudi Dan Penumpang Terkait Kenaikan Tarif Ojek
1 hari yang lalu soalnya kalau tarif naik susah juga menggharapkan peningkatan adapun besaran tarif baru ojek online per zonasi sebagai berikut

Ini Respons Grab Dan Gojek Soal Aturan Baru Tarif Ojek Online
5 jam yang lalu baca juga tarif ojek online naik blue bird sebut tak ikut naikkan berikut rincian besaran biaya jasa yang diatur dalam tiga zona pada

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.