free stats
banner 728x250
Berita  

Tarif Ojek Online Naik, Sektor UMKM Dinilai Akan Ikut Terdampak Hingga Berpotensi Mengerek Inflasi

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan aturan pembatasan tarif angkutan ojek atau ojol line.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan dengan aturan ini, tarif layanan ojol akan dibagi menjadi tiga zona.

banner 325x300

Penetapan harga ojek online (ojol) baru oleh Kementerian Perhubungan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pasalnya, kenaikan tarif ojol yang ditetapkan Kementerian Perhubungan dinilai sangat tinggi dan berpeluang membebani masyarakat dan perekonomian nasional.

Direktur Riset Indonesia Center for Economic Reform (CORE), Piter Abdullah, mengatakan tarif ojol baru yang ditetapkan Kementerian Perhubungan naik lebih dari 30%.

“Kenaikan harga baru Ojol memang tinggi, mungkin lebih dari 30%. Di empat kilometer pertama saja, kenaikannya sudah 50%. Sehingga nantinya tarif baru pada ojol ini akan sangat terasa,” kata Piter kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya, jika kenaikannya begitu tinggi, tarif ojol akan mendekati tarif taksi. Dengan demikian, minat masyarakat untuk menggunakan ojol semakin berkurang.

Jika hal ini terjadi, akan berdampak negatif bagi pengemudi karena dapat mengurangi pendapatan pengemudi.

“Perlu dicatat bahwa masyarakat kelas bawah sangat sensitif terhadap kenaikan harga. Selain itu, daya beli masyarakat tergerus akibat pandemi, banyak terjadi PHK, pemotongan upah, kenaikan harga pangan, harga properti, dll kata Peter.

Oleh karena itu, pernyataan bahwa kenaikan tarif ojol ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan pengemudi tidak sepenuhnya benar.

Karena jika tarif yang ditetapkan terlalu tinggi akan menurunkan pendapatan pengemudi dan akan berdampak cukup besar terhadap fondasi perekonomian. Seperti menurunkan daya beli, memicu kenaikan harga dan meningkatkan inflasi.

“Menurut saya, sebelum ada kenaikan tarif ojol, inflasi akan berkisar 5-6%. Mengapa begitu penting, karena banyak produsen yang belum meneruskan kenaikan harga komoditas ke harga jual ke konsumen. Padahal, inflasi di tingkat produsen sudah di atas 10%. Sedangkan inflasi konsumen masih 4%,” kata Piter.

Dan kenaikan tarif ojol yang tajam ini, lanjutnya, bisa menjadi pemicu bagi produsen untuk mulai menerapkan kenaikan harga komoditas kepada konsumen.

Begitu juga dengan pelaku komersial di sektor mikro atau UMKM yang terkait dengan ojol, seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood atau makanan lain yang pembeliannya dilakukan melalui aplikasi, akan meningkat.

Hal ini dapat menyebabkan penjualan makanan dalam aplikasi anjlok dan membuat para pelaku UMKM terkena imbas dan kesulitan berbisnis saat berusaha pulih dari pandemi.

Sementara itu, UMKM yang tidak terkait dengan ojol juga secara tidak langsung akan terkena dampak kenaikan harga pangan dan barang akibat kenaikan harga produsen besar.

“Jadi akibat kebijakan kenaikan tarif ini, efek bola saljunya sangat besar dan bisa memicu inflasi liar,” kata Piter.

Karena itu, dia menyarankan agar pemerintah mengevaluasi kembali kenaikan tarif ojol yang tinggi. Menurut dia, kalaupun harus ada kenaikan, harus moderat atau tidak langsung tinggi.

”Saya kira angka yang masuk akal itu maksimal 10%. Saya juga heran kenapa bisa begitu tinggi, seperti apa matematikanya?” tanya Piter.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor KP 564 Tahun 2022 tentang pedoman perhitungan retribusi penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat melalui aplikasi. Penyelesaian itu ditandatangani pada 4 Agustus 2022.

“Kami telah menilai batas tarif terbaru yang berlaku untuk ojek online. Selain itu, sistem zonasi masih menerapkan 3 zonasi,” kata Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Senin (8/8/2022).

Rata-rata kenaikan tarif dasar bervariasi dari 30 hingga 40%. Melalui peraturan ini, Kementerian Perhubungan juga menaikkan tarif per KM di Jabodetabek menjadi Rp 2.600 – 2.700 per km, dan Rp 2.250 – Rp 2.650 per km.

Perusahaan Permohonan wajib menyesuaikan besaran biaya selambat-lambatnya 10 hari kalender setelah diterbitkannya Peraturan Menteri ini.

Detail Kenaikan Harga Ojol

Kementerian Perhubungan telah menerbitkan peraturan yang mengatur harga jasa angkutan ojek atau ojol online yang akan mulai berlaku pada 14 Agustus 2022.

Peraturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Retribusi Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan dengan aturan ini, tarif layanan ojol akan dibagi menjadi tiga zona.

“La zone I comprend Sumatra, Java (en plus de Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) et Bali”, a déclaré Hendro, mardi 08/09/2022.

Ensuite, la zone II comprend Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang et Bekasi. La zone III comprend Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara et ses environs, Maluku et la Papouasie.

Batas bawah service charge jasa angkutan ojol di Zona I adalah batas bawah service charge Rp 1.850 per kilometer dan batas atas service charge Rp 2.300 per kilometer.

”Untuk minimum service charge di Zona I, service charge berkisar antara Rp 9.250 hingga Rp 11.500,” kata Hendro.

Kemudian di Zona II, service charge batas bawah sebesar Rp2600 per kilometer, service charge batas atas sebesar Rp2700 per kilometer dan service charge minimum dengan kisaran service charge antara Rp13.000 hingga Rp13.500.

Sedangkan untuk Zona III, batas bawah service charge Rp 2.100 per kilometer, batas atas service charge Rp 2.600 per kilometer, minimum service charge dengan range service charge antara Rp 10.500 sampai Rp 13.000.

Tanggapan Pengguna

Noviansyah, seorang pegawai swasta yang setiap hari harus bekerja menggunakan berbagai moda transportasi dari rumahnya di Cilebut, Bogor.

Dimulai dengan menggunakan ojol dari tempat tinggalnya, kemudian dilanjutkan dengan kereta api dan dilanjutkan dengan ojol hingga sampai di kantornya di Jakarta Selatan. “Sekarang dari rumah saya ke stasiun, naik ojol sudah 26 ribu, kalau naik, biayanya lebih mahal lagi”, ujarnya, Selasa (08/09).

Happy Ojol Pilot

Pengemudi ojek online atau mitranya menyambut baik peningkatan batas atas dan batas bawah untuk angkutan ojek online atau taksi ojol.

Dewan, salah satu tukang ojek online di Bogor, Jawa Barat, mengaku kenaikan tarif membuat dirinya semakin semangat mencari penumpang.

“Jadi lebih semangat, ya biasa saja,” ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Kenaikan Tarif Ojol Ketinggian Ekonom Inflasi Bisa Makin Liar
14 jam yang lalu kenaikan tarif ojek online atau ojol dinilai terlampau tinggi begitu pun dengan pelaku usaha sektor mikro atau umkm yang terkait dengan

Sektor Umkm Bakal Ikut Terdampak Gara Gara Kenaikan Tarif Ojol
3 jam yang lalu penetapan tarif baru ojek online ojol oleh kementerian perhubungan kemenhub dinilai dapat memberikan dampak bagi kelangsungan bisnis dan

Berdasarkan Aturan Baru Ini Besaran Kenaikan Tarif Ojek Online Di
4 hari yang lalu baca juga kini berlaku 3 zonasi tarif ojek online naik jadi berapa direktur jenderal perhubungan darat hendro sugiatno mengatakan

Tarif Ojek Online Naik Sektor Umkm Akan Ikut Terdampak
9 jam yang lalu tarif ojek online naik sektor umkm akan ikut terdampak dampak dari kenaikan tarif ojek online ekonom hal ini kontradiktif

Kenaikan Tarif Ojol Ketinggian Ekonom Ekbis Sindonews Com
14 jam yang lalu kenaikan tarif ojek online atau ojol dinilai terlampau tinggi sehingga berpotensi membebani masyarakat dan pelaku umkm serta ekonomi

Ekonom Kenaikan Tarif Ojol Dorong Harga Umkm Jadi Lebih Mahal
1 hari yang lalu industri makanan minuman skala umkm bisa menaikkan harga imbas kenaikan tarif ojek online tersebut ekonom dari institute for development of

Tarif Ojek Online Naik Sektor Umkm Akan Ikut Terdampak
5 jam yang lalu kenaikan tarif ojek online ojol diperkirakan akan ikut berdampak pada sektor usaha mikro kecil menengah umkm

Tarif Ojek Online Naik 30 Persen Berpotensi Mengerek Inflasi
5 jam yang lalu sementara itu pelaku usaha sektor mikro atau umkm yang tergabung dalam aplikasi seperti gofood grabfood dan shopeefood juga berpeluang

Tarif Ojek Online Naik Indef Beberkan Dampaknya Bisnis Tempo Co
1 hari yang lalu tarif ojek online naik indef beberkan dampaknya tak hanya ke inflasi misalnya industri makanan minuman di skala umkm yang bisa

Tarif Ojek Online Naik Ini Besarannya Halaman All
4 hari yang lalu aturan tersebut tertuang dalam keputusan menteri perhubungan km nomor kp 564 tahun 2022 tentang pedoman perhitungan biaya jasa penggunaan

Kenaikan Tarif Ojol Bisa Hantam Bisnis Umkm Begini Penjelasannya
11 jam yang lalu selain itu kata piter pelaku usaha sektor mikro atau umkm yang ilustrasi dua orang pengemudi ojek online ojol berbincang di jalan

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.