free stats
banner 728x250
Berita  

Tarif Pelesiran Ke Taman Nasional Komodo Naik 14 Kali Lipat, Pelaku Wisata Labuan Bajo Mogok Sebulan

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Kenaikan tiket masuk Labuan Bajo atau Taman Nasional Komodo, khususnya di Pulau Padar dan Pulau Komodo, sebesar Rp. 3,75 juta memiliki ekor yang panjang.

Pelaku wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat menolak keras kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo sebesar Rp 3,75 juta.

banner 325x300

Sedikitnya 24 asosiasi pelaku pariwisata di Labuan Bajo siap melakukan aksi mogok selama satu bulan sebagai bentuk protes terhadap pengenaan tarif masuk Taman Nasional Komodo.

Pemogokan akan dilakukan mulai Senin, 1 Agustus 2022 sampai dengan 30 Agustus 2022. Pemogokan menolak dengan tegas pungutan ke TNK yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan perairan sekitarnya sebesar Rp 3,75 juta per orang untuk jangka waktu satu tahun. .

Kebijakan Pemerintah Provinsi NTT dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2022.

“Kami sudah membahas agenda mogok kerja dengan 24 asosiasi yang telah menandatangani nota kesepahaman. Kami sudah sepakat bersama, selanjutnya kami akan melakukan mogok massal untuk jasa pariwisata,” kata juru bicara Asosiasi Transportasi Wisata Darat (Awstar) Labuan. Bajo, John Daniel, Minggu (31/7/2022).

Aksi mogok massal tersebut, lanjut John, merupakan protes terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro terhadap pengusaha atau pelaku pariwisata lokal.

“Tindakan kami mogok, jadi jasa pariwisata ditiadakan, kami sebagai pelaku wisata di rumah saja, jadi untuk booking tamu, mobil atau kapal dihentikan, jadi kami tidak melayani jasa atau jasa apapun dalam bentuk apapun,” ” jelasnya.

Menurut John, wacana penetapan tarif masuk TNK hingga diberlakukan akan berdampak besar bagi pariwisata Labuan Bajo. Banyak wisatawan yang membatalkan kunjungan ke Labuan Bajo.

“Sejak wacana ini beredar di media massa, media elektronik, dan media sosial, dampaknya sangat besar, banyak agen wisata yang membatalkan tamu. Hari ini juga ada beberapa tamu di Bandara Komodo yang kembali ke Bandara Komodo. negaranya, makanya kami informasikan selama di Labuan Bajo tidak ada kegiatan, karena para pelaku pariwisata mogok kerja, ini bagian dari protes kenaikan tiket,” ujarnya.

Ketua Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata Manggarai Barat (FORMAPP-MABAR), Rafael Todowel mengatakan, puluhan asosiasi pariwisata telah sepakat untuk melakukan mogok kerja sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama.

“Pemogokan total, kapal, hotel, restoran, kapal, angkutan wisata, pemandu mogok. Tidak ada yang aktif. Yang kita inginkan, pemerintah harus adil, bisnis pariwisata adalah bisnis jasa, ketika tidak ada jaminan informasi kepastiannya tamu batal semua kalau tamu batal kita rugi, kelaparan karena tamu tidak datang karena ketidak pastian informasi,” ujarnya.

Pihaknya menuntut kebijakan tersebut segera dicabut dan pemerintah memberlakukan kembali tarif lama untuk masuk kawasan TNK.

“Kami menuntut keadilan dari pemerintah, kapan dia mengeluarkan pernyataan pembatalan tiket. Jadi, stabilitas pasar pariwisata pasti. Tidak perlu embel-embel, katakan saja pembatalan,” katanya.

Menurutnya, pelaku pariwisata harus diberikan kepastian mengenai penetapan tarif, agar tidak merugikan wisatawan dan pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

“Kekecewaan (wisatawan) seharusnya tidak ada pada kita, kecewa dengan pemerintah sebagai sumber kebisingan, yang menciptakan ketidakadilan, bukan pelaku pariwisata atau masyarakat, tetapi pemerintah. Tolong tumpahkan kekecewaan itu kepada pemerintah,” katanya.

Sandiaga Uno Ajak Pelaku Pariwisata Dialog

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang berencana mogok karena kenaikan tarif masuk ke Labuan Bajo untuk menahan diri.

Sandiaga Uno menanggapi rencana aksi mogok para pelaku Parekraf selama Agustus 2022. Hal tersebut dilakukan pelaku Parekraf akibat kenaikan tarif masuk ke Taman Nasional Komodo (TN), khususnya di Pulau Padar dan Pulau Komodo, sebesar Rp. 3,75 juta.

“Saya menghimbau kepada seluruh pelaku pariwisata ekonomi kreatif untuk menahan diri, tetap mengedepankan dialog terbuka yang transparan tentunya dengan hati yang sejuk dengan pikiran yang tenang. Mari kita duduk bersama mencari solusi,” kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Sandiaga Uno mengajak para pelaku Parekraf untuk mengambil tindakan positif. Misalnya melakukan pembersihan di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo. Hal ini, menurutnya, akan berdampak positif bagi sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

”Saya usulkan masyarakat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sudah berjalan dengan baik, daripada mogok, mereka ingin melakukan aksi bersih-bersih sampah, mungkin bisa membuat kegiatan yang lebih positif lagi,” kata Sandiaga.

Diketahui, pelaku pariwisata di Labuan Bajo menolak menerapkan harga baru masuk Taman Nasional Komodo senilai Rp. 3,75 juta. Di Labuan Bajo, para pelaku pariwisata turun ke jalan, bentrok dengan aparat, karena menolak kebijakan baru pemerintah.

Pemerintah mengenakan biaya konservasi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Hal ini masih menjadi kontroversi. Kenaikan biaya masuk, yaitu Rp 3,75 juta per orang per tahun, termasuk biaya masuk, atau secara kolektif Rp 15 juta untuk empat orang.

Angka ini naik 14 kali lipat dari tiket masuk wisatawan domestik saat ini sebesar Rp 265.000 per orang per hari atau per kunjungan. Kebijakan tersebut berlaku mulai 1 Agustus 2022. Kenaikan tarif hanya dikenakan kepada wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Tarif Trip ke Taman Nasional Komodo Naik Rp 3,75 Juta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan, biaya kunjungan ke Taman Nasional Komodo (TN) di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta per orang selama setahun.

Pasalnya, biaya tersebut digunakan untuk kebutuhan konservasi di destinasi yang kemudian dibebankan kepada pengunjung.

Sandiaga menjelaskan, biaya konservasi berlaku untuk Pulau Komodo dan Pulau Padar, serta beberapa perairan di sekitarnya.

“Wisatawan akan mengapresiasi upaya konservasi kita dan membantu membangun destinasi lain di NTT (Nusa Tenggara Timur) menjadi destinasi unggulan,” kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing (WPB) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Senin. (11/7/2022).

Sandiaga Uno mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi NTT, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Balai Taman Nasional Komodo sepakat membatasi kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar maksimal 200 ribu orang. per tahun.

Sebelum pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut mencapai 300-400 ribu orang per tahun dan diklaim berdampak negatif terhadap kelestarian ekosistem di Taman Nasional Komodo.

”Ini berdasarkan studi yang dilakukan,” kata Sandiaga.

Koordinator Program Konservasi Taman Nasional Komodo, Carolina Noge, menjelaskan konservasi berkaitan dengan pengelolaan sampah, kemudian tata kelola, serta pengamanan dan pengawasan kawasan.

Pihaknya menemukan, penurunan nilai jasa ekosistem ini tidak hanya terjadi secara alami, tetapi juga aktivitas manusia atau wisata di dalamnya.

“Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memberlakukan pembatasan dengan kompensasi biaya konservasi,” kata Carolina. (/)

Tarif Taman Nasional Komodo Bakal Dipatok Rp14 Juta
Tarif taman nasional komodo bakal dipatok rp14 juta m ilham ramadhan avisena nusantara antara foto indrianto eko suwarso pengunjung mengabadikan seekor komodo di pulau rinca kawasan taman nasional komodo nusa tenggara timur

Tarif Tn Komodo Naik Kepala Balai Belum Ada Informasi
Jakarta beritasatu com kepala balai tn komodo menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi mengenai biaya kontribusi ke taman nasional tersebut diketahui balai taman nasional tn komodo berencana akan menerapkan biaya kontribusi pada wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan tn komodo di nusa tenggara timur ntt biaya tersebut rencananya akan diterapkan mulai 1 agustus mendatang

Pelaku Wisata Di Sikka Ikut Tolak Kenaikan Tarif Masuk Tn Komodo Rp 3
Maumere sejumlah pelaku wisata yang tergabung dalam komunitas peduli komodo kpk kabupaten sikka ntt ikut menolak kebijakan tarif masuk pulau taman nasional komodo dan padar rp 3 75 juta per orang yang berlaku senin 1 8 2022 perwakilan kpk sikka konradus rindu menilai bahwa kebijakan tersebut telah memicu kebingungan serta kemarahan pelaku wisata dan masyarakat flores

Tarif Masuk Tn Komodo Naik Pelaku Pariwisata Mogok 1 Bulan Bupati
Taman nasional komodo tarif masuk tn komodo naik pelaku pariwisata mogok 1 bulan bupati jamin keamanan wisatawan masuk tn komodo naik jadi rp 3 75 juta selama sebulan pelaku pariwisata bakal

Mulai 1 Agustus 2022 Tarif Pelesiran Ke Taman Nasional Komodo Naik
Mulai 1 agustus 2022 tarif pelesiran ke taman nasional komodo naik jadi rp 3 75 juta biaya konservasi berlaku di pulau komodo dan pulau padar serta beberapa kawasan perairan sekitarnya dan dibebankan ke pengunjung rp 3 75 per tahun

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Per 1 Agustus 2022 Ini Hargan
Pemerintah daerah nusa tenggara timur ntt dan balai taman nasional komodo btnk mengumumkan tentang penetapan harga baru tiket masuk taman nasional komodo tnk bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan konservasi taman nasional komodo tnk per 1 agustus 2022 nanti wisatawan akan dikenakan biaya sebesar rp3 75 juta per orang untuk periode satu tahun

Mulai 1 Agustus 2022 Tarif Pelesiran Ke Taman Nasional Komodo Naik
Mulai 1 agustus 2022 tarif pelesiran ke taman nasional komodo naik jadi rp 3 75 juta biaya konservasi berlaku di pulau komodo dan pulau padar serta beberapa kawasan perairan sekitarnya dan

Fakta Tarif Masuk Tn Komodo Rp 3 75 Juta Berlaku Mulai 1 Agustus
Kamis 14 juli 2022 14 44 wib penulis sri juliati editor pravitri retno widyastuti baca juga mulai 1 agustus 2022 tarif pelesiran ke taman nasional komodo naik jadi rp 3 75 juta

Tarif Taman Nasional Komodo Naik Sandiaga Uno Siap Berdiskusi Berikan
Berdasarkan studi kawasan taman nasional ini memiliki carrying capacity yang terbatas oleh karena itu diputuskan akan ada pembatasan kunjungan hanya 200 ribu kunjungan per tahun selain konservasi ada juga aspek pendidikan dan penelitian agar jumlah komodo yang saat ini tercatat sebanyak 3 300 tidak menurun tapi dipertahankan katanya

Dede Yusuf Desak Kenaikan Tarif Masuk Pulau Komodo Ditunda Kaget Dan
Tarif anyar itu berlaku mulai hari ini 1 agustus 2022 pertama saya kaget dan prihatin kata dede saat dihubungi pada senin 1 agustus 2022 menurut dede penerapan kenaikan htm di taman nasional komodo semestinya dilakukan sampai pemerintah bisa menjelaskan dasar perhitungan komponen tiket

Tarif Taman Nasional Komodo Naik Menparekraf Siap Dialog Dengan Pelaku
Tarif taman nasional komodo naik menparekraf siap dialog dengan pelaku usaha dan masyarakat mnc media jumat 22 juli 2022 15 56 00 wib presiden joko widodo depan didampingi menparekraf sandiaga uno belakang kanan mengunjungi taman nasional komodo labuan bajo nusa tenggara timur jumat 22 7 2022

Tiket Masuk Naik 50 Kali Lipat Turis Jadi Ogah Ke Tn Komodo
Padahal seharusnya paket sedang di bawah rp 10 000 000 dengan kenaikan bisa rp 14 000 000 nambah dengan tiket hampir rp 4 000 000 ujar jeme langkah pemerintah yang bakal menaikkan harga tiket masuk ke taman nasional komodo dari rp 75 ribu menjadi rp 3 75 juta atau naik 50x lipat sejak awal telah menimbulkan gejolak di masyarakat dan memicu

Berapa Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Sekarang
Rp25 000 orang main kano rp25 000 orang memancing terdapat juga retribusi daerah tiket masuk ke kawasan taman nasional komodo sebesar rp50 ribu untuk wisatawan domestik hingga saat ini rencana ini belum berlaku dan masih menunggu keputusan dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan klhk yang berhak untuk mengonfirmasi hal ini

Tarif Tn Komodo Naik Sandiaga Uno Untuk Biaya Konservasi Jasa Ekosistem
Idxchannel menteri pariwisata dan ekonomi kreatif sandiaga salahuddin uno mengatakan kenaikan tarif masuk taman nasional komodo tnk menjadi rp3 750 000 dimaksudkan untuk kepentingan biaya konservasi nilai jasa ekosistem lingkungan di kawasan tersebut dalam weekly press briefing di gedung sapta pesona jakarta pusat senin 11 7 2022 sandiaga mengatakan biaya sebesar rp3 750 000 ini

Tiket Ke Taman Nasional Komodo Naik Dinilai Tabrak Arahan Jokowi
Jakarta tajukflores com pemerhati budaya lingkungan dan pariwisata manggarai heribertus baben menilai kenaikan tarif masuk taman nasional komodo perlu didahului dengan kajian mendalam dan kalkulasi terukur terkait potensi dampak yang ditimbulkan pangkalnya kekeliruan dalam penerapan tarif bisa berdampak luas dampaknya bisa kontraproduktif terhadap kebijakan makro pariwisata nasional

Tarif Taman Nasional Komodo Naik Menparekraf Ajak Berdialog
Tarif taman nasional komodo naik menparekraf ajak berdialog ntt terkait kenaikan tarif wisata ke dua daya tarik wisata dalam kawasan taman nasional komodo tnk sebesar rp3 75 juta per 1 agustus 2022 saya siap berdialog dan bersedia mencarikan solusi namun saya ingin memberi ajakan agar meningkatkan kualitas dan keberlanjutan

Daftar Tarif Di Taman Nasional Komodo Dari Rp 1 500
Kasubag tata usaha balai taman nasional komodo tnk dwi putro sugiarto mengatakan tarif yang paling murah yakni rp 1 500 dan paling mahal rp 50 juta dwi menyebutkan tarif paling murah rp 1 500 itu berlaku untuk kendaraan darat yakni menunggang kuda baca juga taman nasional komodo akan ditata seperti kepulauan galapagos di ekuador

Tarif Taman Nasional Komodo Naik Sandiaga Uno Siap Berdiskusi Berikan
Sebelumnya pemerintah menerapkan tarif baru masuk pulau komodo dan pulau padar senilai rp 3 75 juta mulai 1 agustus 2022 berdasarkan studi kawasan taman nasional ini memiliki carrying capacity yang terbatas oleh karena itu diputuskan akan ada pembatasan kunjungan hanya 200 ribu kunjungan per tahun

Tarif Tiket Masuk Tn Komodo Tetap Berlaku Pemprov Ntt Terus Sosialisasi
Bisnis com jakarta pemerintah provinsi ntt akan terus melakukan sosialisasi terkait dengan kenaikan tarif masuk pulau komodo dan padar demi konservasi taman nasional tersebut kita akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan tarif masuk kawasan taman nasional komodo tnk yakni pulau komodo dan pulau padar

Tarif Taman Nasional Komodo Bakal Naik Jadi Rp3 Juta Lebih Menparekraf
Pengunjung melihat komodo di pulau komodo manggarai barat ntt beberapa waktu lalu tarif taman nasional komodo bakal naik jadi rp3 75 juta mulai 1 agustus 2022 sumber tv ant telah menetapkan biaya kontribusi untuk konservasi sebesar rp3 75 juta per orang bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau komodo dan pulau padar

Pelaku Wisata Demo Tarif Pulau Komodo Menparekraf Ajak Diskusi
Pada jumat 29 7 2022 bersamaan dengan peresmian biaya konservasi pulau komodo padar dan perairan sekitarnya di labuan bajo kabupaten manggarai barat nusa tenggara timur ntt turut diwarnai aksi protes sejumlah pelaku usaha pariwisata setempat sebagaimana diberitakan sebelumnya 29 7 2022 massa menolak kenaikan tarif masuk ke pulau komodo dan menyampaikan

Protes Tiket Masuk Pulau Komodo Yang Naik Pelaku Wisata Labuan Bajo
Tiket masuk ke pulau komodo naik hingga 25 kali lipat dari harga sebelumnya menjadi rp3 75 juta freepik ayojakarta com asosiasi pelaku wisata dan individu pelaku wisata labuan bajo manggarai barat nusa tenggara timur ntt menyatukan persepsi dalam nota kesepahaman mou untuk menghentikan aktivitas pariwisata di kawasan wisata pada

Reaksi Sandiaga Uno Usai Ada Demo Karena Tarif Pelesiran Ke Taman
Angka tersebut naik 14 kali lipat dari tarif tiket masuk wisnus yang berlaku saat ini sebesar rp 265 000 per orang per hari atau per kunjungan tarif pelesiran ke taman nasional komodo naik

Tarif Pulau Komodo Naik Ini 5 Pilihan Wisata Di Labuan Bajo
Tarif masuk ke taman nasional komodo naik mulai besok 1 agustus 2022 berikut sejumlah destinasi alternatif di labuan bajo yang bisa kamu singgahi 31 07 2022 14 54 wib itinerary singkat wisata sehari di dieng pagi sore tanpa menginap itinerary 31 07 2022 12 01 wib g20 di labuan bajo delegasi bawa keluarga lalu berwisata usai rapat

Tarif Pelesiran Ke Taman Nasional Komodo Naik 14 Kali Lipat Pelaku
Wisatawan mengamati komodo yang terdapat di pulau komodo labuan bajo nusa tenggara timur minggu 28 3 2021 kenaikan biaya masuk ke labuan bajo atau tepatnya taman nasional komodo terutama di

Harga Baru Biaya Tiket Masuk Kawasan Taman Nasional Komodo Kata Omed
2 rincian biayanya masuk kawasan sandar kapal 200 000 5 40 000 tiket komodo 50 000 biaya selama sailling 35 000 ranger tips 80 000 50 000 5 25 000 total rp 150 000 orang untuk biaya atau htm selama sailling komodo baca juga ini dia kota maumere yang ngehits dan terkenal

Pengamat Penetapan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Rp3 75 Juta
Suarasulsel id pengamat hukum administrasi pemerintahan dari universitas nusa cendana undana kupang john tuba helan menilai penetapan harga tiket masuk ke kawasan taman nasional tn komodo belum ada landasan hukum karena belum tertuang dalam peraturan daerah perda penetapan tarif itu bisa berlaku jika surah ada perda jadi peraturan dibuat dulu barulah dieksekusi lewat keputusan

Mulai 1 Agustus 2022 Tarif Pelesiran Ke Taman Nasional Komodo Naik
Biaya konservasi berlaku di pulau komodo dan pulau padar serta beberapa kawasan perairan sekitarnya dan dibebankan ke pengunjung rp 3 75 per tahun mulai 1 agustus 2022 tarif pelesiran ke taman nasional komodo naik jadi rp 3 75 juta

Harga Tiket Taman Nasional Komodo Naik Video Dailymotion
Per 1 agustus 2022 pemerintah menaikkan tarif masuk ke taman nasional komodo presiden joko widodo menyetujui kenaikan tarif masuk ke pulau komodo tarif terbaru wisatawan harus membayar rp3 75 juta per orang tarif baru ini hanya berlaku di pulau komodo dan pulau padar sedangkan untuk pulau rinca tetap dengan tarif lama menparekraf sandiaga uno berdialog dengan pelaku usaha yang awalnya

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.