free stats
banner 728x250
Berita  

Tiga Penyebab Arus Kas Menipis Hingga Menggerus Tabungan Jelang Lebaran 

banner 120x600
banner 468x60

Reporting journalist, Yanuar Rize Yovanda

Jakarta – Olya Akbar, pelatih perencanaan keuangan Emtrade, mengungkapkan hanya ada tiga penyebab masalah arus kas pribadi, termasuk persiapan Lebaran pekan depan.

banner 325x300

Ketiga faktor ini seringkali terjebak dengan pengeluaran yang tidak terduga, pengeluaran yang tidak teratur berdasarkan keinginan dan hutang yang melebihi batas wajar.

“Akhirnya kekurangan cash flow yang terus terjadi setiap bulan, akibatnya tabungan kita berkurang karena cold money turun. Kalau tabungan habis, dana darurat terputus,” ujarnya di Tania Dana: Safe Financing Setelah acara Ramadhan. Ditulis pada Selasa (26/4/2022).

Sedangkan jika tidak memiliki dana darurat, yang bersangkutan harus menggunakan hutang karena tabungannya sudah habis.

Akbar berkata: “Karena faktor-faktor ini, ada yang mengatakan bahwa gaji lulus hanya karena tidak ada catatan. Beban itu sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu beban tetap atau beban tetap dan terukur, dan beban variabel, yaitu beban variabel.”

Ia menambahkan, pengeluaran variabel ini biasanya untuk satu jenis konsumsi yang besarnya bervariasi setiap bulannya.

“Itu saja untuk bulan ini, datang bulan depan karena untuk makanan, misalnya, harga bahan baku naik turun, dan biaya untuk membayar bahan bakar juga bisa meningkat. Semakin tinggi biaya variabel, semakin banyak defisit arus kas, dan rata-rata Penghargaan subjektif masuk ke biaya variabel., Banyak yang mengabaikan biaya tidak tetap.”

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.