free stats
banner 728x250
Berita  

Tips Bijak Kelola THR Saat Lebaran Buat Generasi Sandwich

banner 120x600
banner 468x60

Reporting by Michael Davitt Adi Prasetyo

Jakarta – Idul Fitri akan tiba tak lama setelah sebulan berpuasa. Karyawan juga menerima pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk kebutuhan selama Idul Fitri.

banner 325x300

Berdasarkan hasil survei Snapcart tentang rencana penggunaan tunjangan hari raya (THR), hingga 60 persen responden menyatakan akan menggunakan THR untuk berbelanja.

Hal ini merupakan hal yang lumrah mengingat merayakan hari raya untuk berkumpul bersama keluarga merupakan hal yang selalu kita nantikan setiap tahunnya.

Khusus untuk generasi sandwich, diperlukan trik tersendiri agar uang THR bisa dikelola secara optimal.

Untuk generasi sandwich, momen ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekunder yang biasanya tertunda,” kata Windy Riswantyo, Vice President Marketing, Branding and Digital Channel Astra Life.

Dan dia mengatakan, Kamis (28/4/2022): “Tapi perlu diingat bahwa jika dana THR tidak dikelola dengan baik, itu bisa menjadi bumerang di masa depan.”

“Dengan semangat #iGotYourBack, Astra Life mengajak generasi sandwich untuk bijak dalam mengelola keuangan, termasuk dana THR. Karena dengan pengelolaan dana THR yang tepat, dana tersebut dapat digunakan secara optimal sehingga membantu sandwich generation mendapatkan perencanaan keuangan yang baik dari dalam rangka mencapai tujuan keuangan. kata Windy Riswantyo.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan generasi sandwich agar uang THR dapat digunakan sebanyak mungkin:

1. Libatkan keluarga dalam perencanaan

Saat menerima THR, ciptakan kesempatan untuk mendiskusikan alokasi dana THR serta catatan keuangan yang merinci tujuan penggunaan dana THR dengan pasangan dan keluarga Anda.

Selain itu, perencanaan keuangan dengan pasangan dan keluarga juga menunjukkan keterbukaan dan kepercayaan yang dapat berdampak pada hubungan keluarga yang dekat.

Perlu diingat bahwa dana THR tidak boleh digabungkan dengan gaji bulanan sampai dapat dialokasikan secara optimal.

2. Bagikan dengan orang lain, kirim hadiah untuk orang yang dicintai

THR juga dapat disisihkan untuk partisipasi, misalnya melalui sedekah dan zakat sebesar 2,5 persen hingga 5 persen. Saat ini sudah banyak halaman crowdfunding yang bisa menyalurkan donasi dengan cara yang mudah dan cepat.

Selain itu, kita juga bisa berbagi momen lebaran dengan orang yang kita sayangi dengan mengirimkan hadiah sebagai alternatif silaturahmi yang masih sangat terbatas di masa pandemi.

3. Simpan dan “biakkan” THR . uang

Agar tetap permanen, uang THR juga dapat disimpan dalam bentuk tabungan atau dikumpulkan dalam bentuk investasi.

Dengan berinvestasi, kita berharap bisa merasakan manfaatnya di masa depan. Produk investasi dapat disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi.

4. Ukuran belanja

Tidak ada larangan menggunakan uang THR untuk keperluan konsumtif, yang biasanya dilakukan oleh kaum milenial, seperti membeli baju baru, nongkrong di kedai kopi kekinian, atau pergi berlibur.

Namun, semua pengeluaran tersebut harus diperhitungkan dengan bijak agar disesuaikan dengan kemampuan finansialnya.

Sementara itu, ada juga hal-hal yang harus dihindari dalam pengelolaan THR, antara lain:

1. Jadilah menarik bagi orang-orang selama Hari Raya

Masalah yang sering dihadapi oleh generasi sandwich adalah keinginan yang besar untuk menyenangkan setiap anggota keluarga, baik keluarga inti maupun kerabat yang berkumpul di hari raya.

Sikap ini sering menyebabkan generasi sandwich memberi di luar kemampuan finansial mereka.

2. Sesuai anggaran

Penting untuk bisa merinci biaya yang dikeluarkan saat pulang kampung seperti tiket pulang-pergi, biaya tes antigen jika diperlukan, serta hadiah untuk kerabat saat perayaan hari raya.

Mencatat perkiraan pengeluaran dapat membantu kita untuk disiplin dalam jumlah yang dialokasikan untuk menghindari over-budgeting.

3. Dana THR untuk uang muka dicicil

Dana THR tidak dialokasikan untuk penambahan utang baru, salah satunya adalah uang muka cicilan, misalnya cicilan untuk pembelian mobil atau handphone baru.

Intinya, THR harus digunakan untuk meringankan beban utang, dan bahkan tidak menambah beban biaya di kemudian hari, apalagi jika daftar kebutuhan dan kewajiban lainnya tetap tidak terpenuhi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.