free stats
banner 728x250
Berita  

Ukraina Tutup Kran Minyak Di Pipa Druzhba, Tiga Negara Ini Makin Merana

banner 120x600
banner 468x60

Report by journalist Namira Yunia Lestanti

MOSKOW – Perusahaan minyak dan gas Rusia Transneft mengatakan pengiriman pasokan ekspor minyak Rusia ke tiga negara Eropa melalui pipa Druzhba kini terpaksa dihentikan, Selasa (9/8/2022).

banner 325x300

Penghentian tersebut dilakukan setelah Rusia gagal memenuhi permintaan Ukraina untuk dapat melakukan pembayaran di muka atas jasa transportasi minyak yang telah diberikan Ukraina.

Namun, sanksi yang dijatuhkan oleh Barat telah mempersulit Rusia untuk memenuhi tuntutan pembayaran transit. Inilah alasan mengapa operator minyak Ukraina UkrTransNafta telah berhenti memompa minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba.

“Sejak 4 Agustus, pengiriman minyak Rusia melalui wilayah Ukraina telah dihentikan, karena masalah teknis di bank mengenai pembayaran biaya transit di pihak Rusia”, jelas operator pipa Transneft.

Mengutip Reuters, Rusia biasanya memasok sekitar 250.000 barel minyak per hari melalui rute ini, tetapi dampak blokade oleh Ukraina sekarang adalah impor minyak Rusia melalui pipa Druzhba ke Republik Ceko, Slovakia, dan Hongaria terancam penundaan pengiriman.

Munculnya tekanan tersebut tentunya membuat ketiga negara di atas kesulitan mencari eksportir baru di tengah krisis pasar energi global.

Meskipun Uni Eropa telah berusaha untuk mengurangi ketergantungannya pada sumber daya energi Rusia dengan memotong impor minyak dari kilang Moskow hingga dua pertiga. Namun, ini tidak cukup untuk membebaskan Republik Ceko, Slovakia, dan Hongaria dari cengkeraman impor Rusia.

Ancaman ini bahkan mengancam pelaku pasar di tiga negara di atas dengan krisis energi.

Beberapa cara sekarang digunakan oleh importir untuk mengamankan pasokan alternatif, seperti perusahaan energi Hungaria MOL dan operator pipa Slovakia Transpetrol yang mulai mencari solusi untuk mendiskusikan dengan mitra Ukraina dan Rusia mereka kemungkinan untuk membayar biaya transit.

Selain menawarkan pembicaraan dengan Rusia dan Ukraina, Hungaria juga diketahui telah mulai mengimpor minyak melalui pipa Adria yang menghubungkan terminal minyak Omisalj di Kroasia dengan kilang Hungaria.

Meski navigasinya relatif panjang dan mahal, namun untuk mengamankan cadangan energi beberapa pekan ke depan, pemerintah Hongaria terpaksa mengimpor pasokan minyak dari kilang Omisalj.

Langkah serupa juga dilakukan Slovakia, setelah pasokan minyak dari pipa Druzhba terputus, negara ini mulai mengimpor minyak melalui jalur Hungaria. Untuk bagiannya, perusahaan energi Polandia PKN Orlen diketahui mengamankan pasokan minyaknya dengan bekerja sama dengan kilang Trieste di Italia melalui pipa transalpine (TAL).

Mengantisipasi peningkatan kerugian, Transneft dilaporkan mulai mempertimbangkan sistem pembayaran alternatif untuk menangani pembayaran transit ke operator pipa Ukraina UkrTransNafta.

Menyusul penyumbatan asuransi kesehatan pada pipa Druzhba, harga minyak West Texas Segera (WTI) turun 0,29% menjadi $90,5 per barel, sementara minyak Brent turun sedikit 0,07% menjadi $96,58 per barel. .

Video Rusia Ledakkan Depot Minyak Dan Pipa Gas Ukraina
Rusia terus melancarkan serangan ke sejumlah infrastruktur milik ukraina minggu 27 2 2022 dini hari waktu setempat

Detik Detik Rudal Militer Rusia Ledakkan Tangki Minyak Dan
Membubung tinggi di langit kota vasilkiv ukraina pada dini hari tadi rusia ledakkan tangki minyak dan hantam pipa gas di ukraina

Video Drone Kamikaze Ukraina Tabrak Kilang Minyak
Serambinews com sebuah drone kamikaze milik ukraina terbang rendah menuju kilang minyak novoshakhtinsk rusia

Di Tengah Invasi Ke Ukraina Depot Penyimpanan Minyak Rusia
Diketahui depot minyak druzhba yang mengalami kebakaran hebat itu ternyata dekat dengan unit militer dari artileri utama rusia bahkan pipa

Rudal Ukraina Hantam Depot Minyak Druzhba Rusia Rugi Besar
Pakar nato thomas c theiner mentweet jika kebakaran ini terjadi di stasiun pompa pipa minyak druzhba maka satu satunya pipa minyak rusia ke

Ukraina Ancam Tutup Pipa Gas Rusia Youtube
Ukraina ancam tutup pipa gas rusiapresiden volodymyr zelenskiy mengajukan rancangan undang undang ke parlemen ukraina pada rabu 11 5 2022

Rudal Rusia Hantam Pipa Gas Dan Kilang Minyak Ukraina
Rusia masih melancarkan invasi ke ukraina kali ini serangan rudal rusia menghantam pipa gas dan kilang minyak yang berada di vasylkiv

Ukraina Setop Transit Minyak Rusia Via Jaringan Pipa Druzhba
Ukraina menghentikan transit minyak rusia melalui pipa druzhba untuk sementara waktu menurut perusahaan uktransnaft pada kamis mereka

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.