Press "Enter" to skip to content

6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi Yang Sering Dilakukan

keuangankita 0

6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi – Kenapa kita sering melakukan kesalahan dalam memilih asuransi? Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan suatu produk asuransi dengan premi yang tidak wajar yang dapat membuat kliennya malah mendapatkan kerugian dari asuransi tersebut.

Gimana sih kita membeli asuransi bukannya dapat manfaat malah dapat kerugian? Oleh karena itu, kita memerlukan pertimbangan lebih dalam memilih produk asuransi yang tepat untuk kita. Simak Penjelasannya Berikut ini.

Artikel tentang asuransi selain 6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi dapat kalian akses di link berikut ini:

Asuransi

6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi

Berikut ini adalah 6 kesalahan umum dalam memilih asuransi yang paling sering dilakukan oleh setiap orang:

Kesalahan #1 Terjebak Dengan Premi yang Murah

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Terjebak Dengan Premi Murah

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang pertama adalah terjebak dengan premi murah yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Sudah sering sekali, saya menemui beberapa orang yang memilih membeli asuransi hanya karena tergiur dengan premi yang begitu murah. Murah sih murah yah, tapi jika saat kita mengklaimnya ternyata yang dicover hanyalah sebagian atau bahkan terkadang tidak bisa klain sama sekali, yah percuma dong kita beli asuransi nantinya?

Oleh karena itu saat kita akan membeli sebuah asuransi, kita harus memperhatikan terlebih dahulu dari aspek lainnya jangan hanya karena preminya yang murah saja tiba-tiba langsung beli tanpa pikir panjang, wahh jangan gitu yah temen-temen. Jika nantinya kita ditawari premi yang sangat murah oleh agen asuransi, kita harus waspada dan mencari tahu terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  1. Kenapa preminya bisa begitu murah? Apakah perusahaanya memang kuat beri harga segitu untuk preminya?
  2. Berapa limit asuransi atau pertanggungannya?
  3. Apa saja yang nantinya bakal dicover sama perusahaan?
  4. Nanti dicover sampai kapan sih asuransi kita?
  5. Bagaimana cara mengklaim asuransi tersebut?

Itulah hal yang harus kalian cari tahu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu asuransi, jangan sampai membuat kesalahan yah, karena kita tidak akan tahu apa yang nantinya akan terjadi jika kita hanya memilih berdasarkan premi yang ditawarkan saja 😊.

Baca Juga :   5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui

Kesalahan #2 Tidak Melihat Profil Dari Perusahaan Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Tidak Melihat Profil Perusahaan Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang kedua adalah tidak melihat profil dari perusahaan asuransi yang dipilih. Dalam membeli asuransi yang tentunya harus kalian perhatikan adalah perusahaan asuransinya. Kalian harus mencari tahu dan mengecek terlebih dahulu profil dari perusahaan asuransi yang hendak kalian beli produknya.

Hal ini dirasa sangat penting karena di luar sana banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi yang menarik sekali dengan premi yang murah pula, tetapi pada akhirnya malah berujung gagal bayar ☹. Kalau kita pikirkan secara logika, karena premi yang kelewat murah ini, untuk bayar operasional saja bisa jadi tidak akan cukup. Apalagi jika untuk membayar klaim asuransi anda?

Nahh… Karena itulah jika kita memang ingin membeli asuransi dari perusahaan asuransi yang benar-benar terpecaya, Prudential adalah solusi untuk kita. Kenapa Prudential? Seperti yang telah kita ketahui, Prudential ini adalah perusahaan yang memimpin pasar dari industri asuransi selam 11 tahun berturut-turut. Track record dari perusahaaan ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kesalahan #3 Tidak Menyesuaikannya Dengan Kebutuhan

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Tidak Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang ketiga adalah membeli asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Membeli sebuah asuransi memerlukan suatu pertimbangan, kita harus membeli produk asuransi yang memang benar-benar kita butuhkan saja di masa mendatang. Profil resiko dari setiap orang itu berbeda-beda, yang artinya setiap orang memiliki kebutuhan terhadap produk asuransi yang berbeda-beda pula, sehingga kebutuhan untuk proteksinya juga pasti berbeda.

Untuk menghitung kebutuhan proteksi yang kita perlukan, kita perlu berkonsultasi dengan perencana keuangan yang memang sudah ahli dibidangnya. Perencana keuangan yang baik akan bertanya kepada kita seputar keuangan, mendengarkan permasalahan keuangan kita, serta memahami kita terlebih dahulu, barulah nanti menghitung dan menawarkan solusi yang tepat untuk kita. Bukannya langsung asal-asalan menyodorkan produk asuransi kepada kita.

Kesalahan #4 Tidak Membaca Proposal Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Tidak Membaca Proposal Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang keempat adalah tidak membaca proposal asuransi sampai paham. Seperti yang telah dijelaskan pada poin 3 sebelumnya tentang perencana keuangan yang baik. Setelah mereka mengetahui dan menghitung kebutuhan asuransi kita, kita akan diberi suatu proposal asuransi. Setelah diberikan proposal asuransi, mintalah agent untuk menjelaskan dari awal sampai akhir mengenai isi dari proposal asuransi.

Baca Juga :   Tidak Disadari? Inilah 5 Alasan Milenial Perlu Asuransi Untuk Masa Depan

Pesan saya, jangan sampai membaca sendiri proposal yang diberikan oleh perencana keuangan, karena didalam proposal tersebut akan terdapat banyak sekali istilah seputar dunia asuransi yang dapat membuat kita merasa kebingungan. Untuk itulah gunanya kita meminta bantuan dari agent untuk menjelaskan isi dari proposal, agar kita dapat memahami isinya dengan singkat, sehingga akan menghemat banyak waktu kita juga.

Dan tentunya pastikan kita nantinya paham tentang produk asuransi yang akan kita beli sebelum mengambil keputusan, karena resikonya seperti yang sudah sering saya jelaskan bisa saja nanti asuransi yang kita ambil hanya bisa diklaim sebagian saja atau bahkan tidak dapat diklaim. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita 😊.

Kesalahan #5 Agent Tidak Sepenuh Hati

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Agent Tidak Sepenuh Hati

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang kelima adalah memilih agent yang tidak sepenuh hati dalam melayani. Sebelum kita memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi, selain harus paham tentang produk asuransi dan isi dari proposal asuransi, kita juga harus melihat apakah agent yang melayani kita adalah seorang professional dan sepenuh hati bekerja di perusahaan asuransi.

Karena membeli produk asuransi itu tidak seperti pacaran yang kalau tidak cocok bisa langsung putus >.<. Kita akan terus memakai jasa dari agent asuransi tersebut seumur hidup kita.

Peran agent asuransi ini sangatlah penting bagi kita dalam membantu urusan klaim asuransi di kemudian hari, memberikan informasi mengenai produk dan perusahaan asuransi secara terupdate, dan melakukan review terhadap polis kita setiap tahunnya. Jangan sampai nantinya agent asuransi yang kita pilih malah tidak aktif dalam jangka waktu lama, dan polis kita malah akan terbengkalai ☹.

Kesalahan #6 Menunda Untuk Membeli Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi - Menunda Untuk Membeli Asuransi

Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang keenam adalah menunda untuk membeli asuransi. Membeli asuransi memang merupakan kebutuhan setiap orang dan dalam memilih produk asuransi yang tepat kemungkinan akan memakan waktu juga, tapi bukan berarti kita harus menunda untuk membeli suatu asuransi terus-terusan karena tidak ada yang cocok.

Baca Juga :   4 Tanda Kamu Butuh Asuransi Jiwa Untuk Masa Depan

Jika memang produk asuransi yang ditawarkan oleh agent yang kita temui selama ini tidak ada yang tepat untuk kita, maka seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, Prudential adalah pilihan yang tepat bagi kita yang track recordnya sudah tidak perlu kita ragukan lagi.

Tetapi, jika produk dan budget memang sudah sesuai dengan kebutuhan kita, kemudian perusahaan dan agent asuransi yang melayani kita dapat dipercaya, segera daftarkan diri kita, jangan ditunda terus-terusan!!!

Kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan kita nanti, apakah akan terjadi resiko ataupun tidak. Walaupun kita adalah tipe orang yang sangat menjaga kesehatan atau mungkin berhati-hati saat berkendara, bisa saja terjadi hal yang tidak kita inginkan (Semoga saja tidak terjadi yahh). Saat kita menunda untuk membeli asuransi, kita akan meresikokan keuangan dan keluarga kita sendiri, bukan perusahaan dan agent asuransi.

Seperti kata pepatah di dunia asuransi yang mengatakan bahwa:

“MULAILAH HARI INI DAN KAMU AKAN MENDAPAT HASIL LEBIH CEPAT DARIPADA BESOK”

Nahh… Itulah dia artikel tentang 6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi yang paling sering dilakukan oleh setiap orang. Dari 6 kesalahan di atas, kesalahan apa saja yang pernah kalian lakukan? Yuk segera dibenahi yahh!! Untuk yang masih belum memiliki asuransi, jangan sampai kalian lakukan 6 kesalahan di atas yah, begitu salah, keuangan keluarga kitalah yang bisa menjadi tidak aman 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi dan tidak ada orang yang melakukan kesalahan lagi dalam memilih asuransi 😊.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *