Press "Enter" to skip to content

6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui

keuangankita 0

6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui – Memutuskan untuk membeli rumah pertama kalinya bukanlah hal yang mudah, karena ada banyak faktor yang harus kita pertimbangkan agar rumah yang kita beli dapat dihuni dengan nyaman dan aman.

Sering kali faktor-faktor yang penting ini malah diabaikan oleh orang-orang, sehingga berdampak pada kondisi finansial kita, dan bahkan bisa saja berakibat pada kenyamanan dan keamanan kita saat menghuni rumah tersebut nantinya.

Nahh, kali ini kita akan membahas mengenai 6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui agar kita semua tidak melakukan kesalahan lagi saat membeli rumah untuk pertama kalinya 😊.

Artikel tentang Investasi selain 6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui dapat diakses di link berikut ini:

Investasi

6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui

Berikut ini adalah 6 kesalahan membeli rumah pertama yang wajib untuk kita ketahui:

Kesalahan #1 Hanya Mempertimbangkan 1 Atau 2 Faktor Saja

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Hanya Mempertimbangkan 1 atau 2 faktor saja

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang pertama adalah hanya mempertimbangkan 1 atau 2 faktor saja. Saat pertama kali membeli rumah, kita sering kali hanya mempertimbangkan 1 atau 2 faktor saja, padahal masih banyak faktor lain yang perlu kita perhatikan lagi.

Memilih rumah pertama harus benar-benar teliti, pertimbangannya bukan hanya tentang faktor lokasi dan harganya saja. Untuk memahami produk properti yang benar-benar baik, ada beberapa faktor lain selain lokasi dan harga yang harus kita pertimbangkan, diantaranya:

  • Lokasi;
  • Pihak Developer;
  • Harga dan Cara Pembayaran Rumah;
  • Waktu Serah Terima;
  • Lingkungan Sekitar Rumah;
  • Legalitas Bangunan; dan
  • Keadaan Fisik Rumah.

Kesalahan #2 Membeli Rumah yang Tidak Sesuai Dengan Kemampuan

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Membeli Rumah Yang Tidak Sesuai Dengan KEmampuan

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang kedua adalah membeli rumah yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial. Membeli rumah yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh setiap orang.

Baca Juga :   7 Tips Bisnis Sewa Properti Sejak Dini Wajib Diketahui

Saat pertama kali membeli rumah, banyak orang yang memaksakan untuk membeli rumah entah karena faktor dari keluarga atau faktor lain walaupun kemampuan finansial masih belum mencukupi, sehingga akan mengakibatkan jumlah cicilan yang besar per bulannya.

Pada saat kita sudah tertarik untuk membeli suatu rumah, sebaiknya jangan sampai membeli rumah yang terlalu mahal hingga membuat budget atau cicilan rumah tersebut diluar jangkauan kemampuan finansial kita.

Nahh, untuk memastikan apakah harga rumah tersebut sesuai dengan kemampuan finansial kita atau tidak, kita dapat menggunakan rumus berikut ini sebagai pertimbangan saat membeli rumah:

  1. Pastikan cicilan bulanan dari rumah yang dibeli tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan kita.
  2. Pastikan harga dari rumah yang dibeli tidak melebihi 4x penghasilan tahunan.
  3. Pastikan kita memliki dana 50% dari harga rumah yang akan dibeli yang siap untuk dialokasikan sebagai uang muka.

Kesalahan #3 Tidak Memperhitungkan Biaya Lain-Lain

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Tidak Memperhitungkan Biaya Lain-lain

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang ketiga adalah tidak memperhitungkan biaya lain-lain. Saat membeli rumah bukan hanya harga dari rumah dan cicilan per bulannya saja yang harus kita perhatikan, melainkan ada juga biaya lain-lain yang akan menambah harga dari rumah tersebut.

Nahh, biaya lain-lain yang harus kita perhitungkan pada saat akan membeli rumah ini ternyata cukup banyak dan jika ditotal nilainya lumayan mahal loh. Berikut ini adalah biaya lain-lain yang akan muncul ketika kita membeli sebuah rumah:

  • PPN sebesar 10% dari harga transaksi (untuk primary).
  • AJB sebesar ± 1% dari harga transaksi.
  • BBN sebesar jutaan rupiah.
  • BPHTB yang dapat kalian hitung dengan rumus ((harga transaksi – 60jt) x 5%).

Jika kita akan menggunakan skema KPR saat membeli rumah pertama, maka akan ada biaya KPR yang harus dipertimbangkan, yaitu:

  • Biaya Akad Kredit sebesar 2-3% dari plafon kredit.
Baca Juga :   11 Kesalahan Investor Pemula Yang Sering Dilakukan

Kesalahan #4 Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang keempat adalah tidak mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu. Saat membeli rumah pertama, banyak orang yang hanya memperhatikan segi lokasinya saja, dan tidak memperhatikan lingkungan sekitar rumah, padahal ini adalah hal yang sangat penting.

Jika secara lokasi, fisik rumah, dan harga rumah sudah cocok, maka kita juga tidak boleh lupa untuk mengamati kondisi lingkungan sekitar rumah. Banyak sekali hal-hal sederhana yang sering dilupakan dalam membeli rumah pertama, seperti:

  • Apakah lingkungan sekitar rumah adalah daerah yang rawan banjir atau tidak?
  • Bagaimana kondisi lalu lintas dari dan menuju ke rumah saat jam kerja atau jam sibuk? Macet atau tidak?
  • Apakah rumah tersebut dekat dengan tempat pembuangan sampah? Karena jika kita memilih rumah yang dekat tempat pembuangan sampah, maka akan sering muncul bau yang tidak sedap sampai ke rumah kita di saat angin berhembus.
  • Bagaimana kondisi keamanan di sekitar lokasi rumah kita? Apakah sering terjadi tindakan kriminalitas atau tidak?
  • Apakah rumah yang akan kita beli adalah bekas jaman penjajahan atau bekas tragedi tertentu yang banyak dihuni makhluk halus?

Nahh, itulah hal yang setidaknya harus kita amati dari lingkungan sekitar rumah yang akan dibeli, agar nantinya tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan 😊.

Kesalahan #5 Tidak Mengasuransikan Rumah

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Tidak Mengasuransikan Rumah

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang kelima adalah tidak mengasuransikan rumah yang dibeli. Tentu saja, kesalahan yang satu ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh semua orang dalam membeli rumah pertama.

Logikanya, mobil dan sepeda motor aja perlu asuransi begitu pula dengan rumah. Asuransi ini berfungsi sebagai proteksi atau pelindung rumah kita, jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, dan lain-lain.

Baca Juga :   7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan

Kita semua tentunya tidak mau terjadi hal yang tidak diinginkan apalagi pada rumah yang pertama kali kita beli. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itulah, asuransi ini menjadi hal yang sangat penting dalam membeli rumah pertama.

Tetapi, jika kita membeli rumah dengan skema KPR, maka kita tidak perlu khawatir lagi, karena biasanya asuransi ini sudah termasuk pada biaya KPR.

Kesalahan #6 Tidak Melibatkan Agen Professional

Kesalahan Membeli Rumah Pertama - Tidak Melibatkan Agen Profesional

Kesalahan membeli rumah pertama wajib kita ketahui yang keenam adalah tidak melibatkan agen professional dalam pembelian rumah. Saat membeli rumah untuk pertama kali, alangkah baiknya jika kita melibatkan jasa agen profesional sebagai mentor kita.

Di tengah proses pencairan rumah dan begitu banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli rumah pertama, Agen Properti Profesional bisa membantu kita untuk memberikan solusi yang terbaik untuk pertimbangan dalam membeli rumah.

Dan menariknya lagi, biaya yang perlu kita keluarkan untuk membayar agen properti profesional ini hanyalah sebesar 0 RUPIAH atau FREE.

Nahh, Itulah artikel tentang 6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui, Gimana nihh?? Udah pada tau kan apa aja kesalahan membeli rumah pertama, Jangan sampai membuat kesalahan seperti di atas yah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *