Press "Enter" to skip to content

7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan

keuangankita 0

7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan – Investasi Properti adalah salah satu dari banyaknya jenis produk investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan investasi properti dianggap lebih stabil, aman, resiko rendah, dan dapat menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Namun, melihat dari berbagai keuntungan tersebut, masih banyak orang yang tidak yakin dengan investasi properti ini. Jika kita melihat lebih dalam lagi mengenai investasi properti, maka investasi ini akan menjadi sebuah peluang yang sangat menguntungkan, baik secara keuangan maupun secara nyata, seperti kemungkinannya untuk investasi lebih lama.

Nahh, oleh karena itu kali ini kita menulis artikel tentang 7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan untuk kalian yang masih ragu dalam melakukan investasi properti ini 😊.

Artikel tentang Investasi selain 7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan dapat kalian akses di link berikut ini:

Investasi

7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan

Berikut ini adalah 7 keuntungan investasi properti untuk masa depan kalian:

Keuntungan #1 Harga Properti Selalu Meningkat

Keuntungan Investasi Properti - Harganya Selalu Meningkat

Keuntungan investasi properti yang pertama adalah harga properti selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Saat ini, kebutuhan akan tempat tinggal akan terus meningkat setiap tahunnya, tetapi luas tanah yang kita miliki adalah tetap, sehingga hal ini menyebabkan lahan tersebut akan terus naik harganya.

Jika kita lebih memilih investasi properti daripada produk investasi lainnya, maka kita akan mendapatkan keuntungan dari penjualan maupun sewa properti. Investasi properti yang dilakukan dapat berupa dengan membeli rumah, tanah, toko, apartemen, dan banyak lagi yang lainnya. Harga sewa dan harga jual properti tersebut ditentukan oleh harga pasar yang setiap tahunnya akan meningkat.

Jika kita bandingkan dengan produk investasi keuangan yang lainnya, seperti saham, maka kita akan mendapatkan dividen yang dibayarkan oleh direktur setiap tahunnya. Nilai saham ini akan meningkat jika kinerja perusahaan tersebut baik, tapi jika kinerjanya buruk, maka harga sahamnya juga akan menurun.

Baca Juga :   7 Tips Bisnis Sewa Properti Sejak Dini Wajib Diketahui

Oleh karena itu, investasi properti ini memiliki manfaat dan keuntungan yang lebih pasti daripada produk investasi keuangan lainnya, karena setiap tahunnya nilai properti akan selalu meningkat, berbeda dengan saham tadi. Jadi, Gimana guyss? Menarik kan investasi properti ini? 😊

Keuntungan #2 Mendapatkan Pasive Income (Rent Guarantee)

Keuntungan Investasi Properti - Mendapatkan Pasive Income

Keuntungan investasi properti yang kedua adalah mendapatkan penghasilan pasif dari menyewakan properti tersebut. Selain harganya selalu meningkat, kita juga dapat menyewakan properti yang kita miliki pada orang lain yang membutuhkan tempat tinggal.

Semakin bertambahnya kebutuhan akan tempat tinggal setiap tahunnya, maka properti seperti rumah pastinya dapat disewakan dalam jangka waktu tertentu. Apalagi jika kita memiliki properti dengan lokasi yang strategis, maka tidak hanya harga jualnya saja yang meningkat, tapi begitu pula dengan harga sewanya.

Jika kita melihat keluar saat ini, banyak sekali properti yang memiliki lokasi berdekatan dengan transportasi umum, layanan publik, kampus atau sekolah, dan lain-lain yang tentunya memiliki harga lebih mahal untuk disewakan daripada properti dengan lokasi yang kurang strategis.

Keuntungan #3 Dapat Dijadikan Agunan

Keuntungan Investasi Properti - Dapat DIjadikan Agunan

Keuntungan investasi properti yang ketiga adalah dapat dijadikan sebagai agunan. Investasi properti memiliki keuntungan yang cukup besar dan tentunya menjanjikan di masa depan, sehingga kita bisa menjadikannya jaminan saat kita mengajukan pinjaman pada bank untuk membeli properti yang lainnya.

Berbeda dengan produk investasi lain yang tidak pasti apakah akan menghasilkan keuntungan di masa depan atau malah merugikan, seperti yang dibilang pada keuntungan #1, harga jual dari properti akan selalu meningkat setiap tahunnya, sehingga membuat pihak pemberi kredit lebih percaya dengan peminjam karena memang telah terjamin bahwa investasi tersebut akan menguntungkan di masa depan.

Kepemilikan dari properti ini akan menjadi jaminan utam yang dapat memfasilitasi pengajuan dana pinjaman kepada bank, karena dianggap sebagai salah satu aset yang pasti menguntungkan di masa depan.

Baca Juga :   7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses

Keuntungan #4 Tahan Dari Ancaman Inflasi

Keuntungan Investasi Properti - Tahan Dari Ancaman Inflasi

Keuntungan investasi properti yang keempat adalah tahan dari ancaman inflasi. Harga dari properti ini memiliki kenaikan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan inflasi, sehingga nilai investasinya tidak akan turun seperti nilai mata uang yang akan tergerus oleh adanya inflasi.

Keuntungan #5 Cenderung Rendah Resiko

Keuntungan Investasi Properti - Cenderung Rendah Resiko

Keuntungan investasi properti yang kelima adalah memiliki resiko yang tergolong rendah. Banyak yang mengatakan bahwa investasi properti itu memiliki resiko yang tinggi, namun kenyataannya tidak seperti itu jika kita mampu mengelolanya dengan baik.

Jika kita mengelola properti ini dengan baik, maka investasi properti yang kita lakukan akan memiliki tingkat resiko yang lebih rendah karena pergerakannya tidak terlalu sensitif seperti yang ditemukan pada investasi saham atau ekuitas lainnya.

Jika memang akan terjadi penurunan, harga properti ini tidak akan menurun sedrastis mata uang ataupun produk investasi yang lainnya. Itulah sebabnya investasi properti ini sangat cocok untuk para investor yang lebih ingin berinvestasi dengan tingkat resiko yang lebih rendah.

Terutam jika kita adalah investor pemula. Nahh, disini kita bisa berinvestasi pada properti seperti rumah ataupun apartemen di kota-kota besar yang setiap harinya semakin ramai dan banyak diminati oleh orang. Saat memilih properti, sebaiknya kita pilih properti dengan lokasi yang strategis, seperti dekat transportasi umum, layanan publik, sekolah atau kampus, tempat kerja, dan lain-lain agar keuntungan yang kita dapatkan semakin meningkat.

Keuntungan #6 Bisa Dilihat Secara Fisik

Keuntungan Investasi Properti - Bisa DIlihat Secara Fisik

Keuntungan investasi properti yang keenam adalah dapat dilihat kondisinya secara fisik. Berbeda dengan produk investasi yang lain, seperti saham, obligasi, deposito, ataupun pasar uang, kita dapat melihat investasi properti ini secara fisik dan nyata.

Jika kita dapat melihatnya secara fisik dan nyata, maka memungkinkan bagi kita untuk melihat keadaannya setiap waktu. Selain itu, kita juga bisa menganalisa peningkatan keuntungan dari investasi properti kita melihat dari lokasi dan keadaan sekitar dari properti, yang biasanya cukup mudah walaupun untuk seorang pemula untuk menganalisanya.

Baca Juga :   6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui

Keuntungan #7 Investasi Jangka Panjang

Keuntungan Investasi Properti - Investasi jangka Panjang

Keuntungan investasi properti yang ketujuh adalah sebagai investasi jangka panjang. Keuntungan yang paling disukai oleh investor properti adalah memiliki nilai dalam jangka waktu yang panjang. Investasi properti cenderung akan bertahan dalam waktu yang lama dan tidak akan kadaluarsa sepanjang pemilik masih mempunyai surat-surat dari properti tersebut.

Jika kita bandingkan investasi properti dengan produk investasi yang lainnya, seperti deposito, emas, dan lain-lain, investasi properti adalah investasi yang berkelanjutan. Bisnis properti memiliki rata-rata investasi mulai dari 3 sampai dengan 5 tahun. Setelah itu, perubahan nilainya akan cukup untuk menghasilkan capital gain (dimana harga jual lebih besar dari harga beli).

Jika kita mempertimbangkan peluang keuntungan investasi properti di masa depan, tentunya kita harus memikirkan juga tentang investasi non-fatal ini. Terutama jika kita lihat pada area yang cenderung mengalami perkembangan pesar di bidang ekonomi dan komersial.

Area yang telah siap untuk berkembang dalam jangka waktu yang dekat memiliki kemungkinan untuk menjadi pilihan terbaik sebagai investasi properti yang nantinya akan kita lakukan.

Nah… Itulah 7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan, Gimana nih? Masih mikir 2 kali buat investasi properti? Pelajari saja dulu mengenai properti sambil mengumpulkan uang, agar saat uang sudah terkumpul kita bisa langsung mulai untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *