Press "Enter" to skip to content

Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank Lengkap

Wirda Maulidia 0

Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank Lengkap – Dunia bisnis merupakan dunia yang kerap kali dibicarakan oleh berbagai orang maupun forum, di tingkat nasional bahkan internasional loh. Ramainya pembicara ini akibat tolak ukur kemajuan ekonomi oleh perusahaan yang bergerak di dunia bisnis.

Perusahaan yang bergerak di dunia bisnis rata-rata merupakan perusahaan yang bergerak dalam berbagai macam bidang usaha, mulai dari perdagangan, industri, pertanian, manufaktur, keuangan dan sebagainya.

Tetapi masalah yang selalu dialami oleh setiap perusahaan adalah tentang kebutuhan akan dana untuk membiayai keberlangsungan usaha tersebut. Kebutuhan dana diperlukan perusahaan berupa modal kerja atau investasi. Dana ini  dibutuhkan oleh perusahaan yang baru berdiri maupun yang sudah berjalan bertahun-tahun.

Lembaga keuangan yang bertugas dalam penyediaan keuangan ini, menawarakan solusi untuk perusahaan-perusahaan yang baru di rintis atau telah lama berjalan yang sedang membutuhkan dana dengan memberikan pinjaman modal kepada suatu bidang usaha.

Tugas dari lembaga keuangan yaitu menyediakan jasa keuangan bagi nasabah, dimana lembaga keuangan ini juga di atur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.

Artikel tentang bank selain Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank Lengkap dapat kalian akses di link berikut ini:

Bank

Pengertian Lembaga Keuangan

Pengertian lembaga keuangan

Lembaga keuangan adalah lembaga yang tugasnya mengumpulkan asset dalam bentuk dana yang berasal masyarakat dan disalurkan kembali kepada masyarakat untuk pendanaan proyek pembangunan serta kegiatan ekonomi. Lembaga keuangan itu sendiri memperoleh keuntungan dalam bentuk bunga sebesar presentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.

Menurut menteri keuangan RI No.792 Tahun 1990 tentang lembaga keuangan, sebagai semua badan yang kegiatannya di bidang keuangan, menaruh uang dari dan menyalurkan dalam masyarakat.

Simpulan dari definisi diatas, lembaga keuangan adalah suatu lembaga yang operasi sehari-harinya menjalankan jasa dibidang keuangan berupa tabungan dari masyarakat dan diberikan kepada masyarakat kembali sebagai bentuk pinjaman.

Peran Lembaga Keuangan

Peran Lembaga Keuangan

Dari beberapa penjelasan di atas kita menjadi tahu pengertian dan macam-macam lembaga keuangan, selanjutnya akan kami jelaskan mengenai peran lembaga keuangan. Apa aja sih peran lembaga keuangan itu sendiri? Penjelasannya sebagai berikut :

#1 Sebagai Pihak Pengalihan Aset (assets transmutation )

Lembaga keuangan memiliki asset sebagai pinjaman kepada pihak lain dalam jangka waktu yang diatur sesuai dengan kebutuhan peminjam. Dana yang di miliki lembaga keuangan berasal dari tabungan masyarakat. Dengan demikian lembaga keuangan hanya memindahkan kewajiban peminjam menjadi suatu asset dengan jangka tempo sesuai keinginan penabung.

Baca Juga :   6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank (Wajib Diketahui)

#2 Likuiditas (Liquidity)

Likuiditas merupakan kewajiban seseorang atau perusahaan untuk membayar utang jangka pendek menggunakan harta yang di milikinya. Likuiditas ini juga berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh uang tunai pada saat di butuhkan yang mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, seperti : tangungan, deposito dan sertifikat deposito.

#3 Alokasi Pendapatan ( Income allocation )

Masyarakat sekarang banyak yang menyadari bahwa di masa mendatang mereka akan berhenti bekerja atau pensiun sehingga membuat penghasilan yang mereka terima akan berkurang. Untuk menghadapi semua itu masyarakat menyisihkan sebagian uangnya untuk menjadi tabungan pada usia tua mereka.

Agar penyisihan yang akan anda lakukan tersimpan dengan baik, anda bisa menyimpan sebagian uang ke dalam tabungan, deposito, program pensiun, serta saham. Semua itu sudah dikeluarkan oleh lembaga keuangan agar mempermudah anda mengalokasikan pendapatan anda.

#4 Transaksi ( Transaction )

Lembaga keuangan menyediakan produk-produk tabungan, giro, deposito dan sebagainya yang berfungsi sebagai uang. Produk tabungan tersebut banyak di beli oleh masyarakat sebagai alat penukaran barang dan jasa. Dalam hal tersebut banyak masyarakat membeli produk-produk yang di sediakan lembaga keuangan untuk mempermudah transaksi keuangan dalam setiap harinya.

Selain itu ada beberapa faktor yang mendorong peran lembaga keuangan, yaitu :

  1. Meningkatnya pendapatan masyarakat kelas menengah
    Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat kelas menengah, kini lembaga keuangan menyediakan saranan yang menguntungkan bagi mereka berupa tabungan.
  2. Pesatnya perkembagan teknologi dan industry
    Lembaga keuangan mempunyai peran dalam pemberian pinjaman modal yang bersumber dari para penabung untuk memberikan dana berupa modal usaha kepada perusahaan yang berjalan di bidang industry dan teknologi.
  3. Resiko lebih kecil
    pengawasan yang diberikan pemerintah dengan adanya program asuransi menyebabkan risiko atas simpanan pada lembaga keuangan

Saat ini, Bank dan lembaga keuangan menjadi salah satu pelaku terpenting dalam perekonomian sebuah negara. Masyarakat dari kalangan industry atau usaha lainnya sangat membutuhkan jasa bank dan lembaga keuangan sebagai pendukung dan mempelancar aktivitas keuangan mereka.

Fungsi Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan memiliki fungsi sebagai penyedia jasa berupa perantara antara pemilik modal yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahaan atau orang pribadi yang membutuhkan dana tersebut.

Macam-Macam Lembaga Keuangan

Macam-macam Lembaga Keuangan

Macam-macam lembaga keuangan secara umum adalah sebagai berikut :

Perbankan

Perbankan itu sendiri bertugas menghimpun dana dari nasabah yang dilakukan oleh bank melalui simpanan serta bertugas sebagai penyalur dana melalui pinjaman kepada masyarakat.

Koperasi

Koperasi merupakan badan hukum yang didirikan oleh perorangan yang kegiatannya memisah kekayaan para anggota dan menjadikan  modal untuk menjalankan usaha serta memenuhi kebutuhan anggota bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya, sesuai dengan nilai dan prinsip di dirikannya sebuah koperasi.

Credit Union

Sebuah lembaga yang tugasnya menyediakan simpan pinjam yang di miliki dan di kelolah oleh anggotanya dan bertujuan menyejahterakan anggotanya sendiri.

Pialang Saham

Pialang Saham biasanya dilakukan oleh seseorang atau firma yang melakukan transaksi financial di dalam pasar saham yang tugasnya menjadi agen dari klient yang tidak ingin berdagang untuk dirinya sendiri.

Baca Juga :   Pentingnya Lalu Lintas Pembayaran Di Era Globalisasi Lengkap

Aset Manajemen

Merupakan manajemen professional yang mengelola beragam sekuritas seperti saham, obligasi, property, yang memiliki tujuan untuk mencapai target dalam berinvestasi yang menghasilkan keuntungan bagi investor.

Modal Venture

Suatu investasi yang diberikan ke dalam suatu perusahaan swasta dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal.

Asuransi

Asuransi merupakan perjanjian antara kedua belah pihak dimana pihak tersebut berkewajiban melaksanakan tanggung jawab membayar iuran/kontribusi/premi.

Dana Pensiun

Adalah hak seseorang untuk memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan telah berhenti bekerja karena usianya sudah memasuki masa pension. Dana pensiun ini berasal dari gaji hasil dari kerja seseorang yang di potong oleh perusahaan.

Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank

Lembaga Keuangan dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuannya dalam menghimpun dana dari masyarakat secara langsung. Atas dasar tersebut lembaga keuangan dibagi menjadi dua yaitu

Lembaga Keuangan Bank

Lembaga Keuangan Bank
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/First_Bank_of_the_United_States

Lembaga keuangan bank menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dalam bentuk simpanan, seperti giro, tabungan, atau deposito berjangka.

Lembaga keuangan bank sendiri dibagi menjadi bank sentral, bank umum serta bank perkreditan rakyat. Berikut penjelasannya :

  1. Bank Sentral
    Bank Sentral adalah lembaga keuangan bank yang bertujuan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuannya, bank sentral atau yang sering kita dengar dengan Bank Indonesia ini memiliki tujuan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur, dan menjaga kelancaran system devisi serta mengatur dan mengawasi bank.
  2. Bank Umum
    Bank Umum adalah lembaga keuangan bank yang bertugas melayani masyarakat baik perorangan ataupun lembaga. Bank umum biasanya di sebut juga dengan bank komersil dan di kelompokan menjadi dua yaitu bank devisa dan bank non devisa.
  3. Bank Perkreditan Rakyat
    Bank Perkreditan Rakyat adalah lembaga keuangan bank yang bertugas melayani masyarakat kecil di pedesaan. Jenis produk yang di tawarkan oleh bank perkreditan rakyat sangatlah sedikit , bahkan ada beberapa jenis jasa bank yang tidak boleh diselenggarakan oleh bank perkreditan rakyat, seperti pembuatan rekening giro dan kliring.

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan bukan bank tugasnya adalah menarik dana dari masyarakat dengan manawarkan kotrak perlindungan bagi penabung untuk menghindari resiko ketidakpastian. Lembaga keuangan non bank itu sendiri dibagi menjadi tiga bagian yaitu : lembaga keuangan kontraktual, lembaga keuangan investasi, dan lembaga keuangan pembiayaan.

Berikut  jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank lainnya yang ada di Indonesia saat ini, antara lain :

  1. Pasar Modal
    Pasar tempat dimana pertemuan antara pencari dana dengan para penanam modal. Yang di perjual belikan dalam pasar modal berupa saham dan obligasi jangka panjang.
  2. Pasar Uang
    Pasar uang sama halnya dengan pasar modal, yang menjadi pembeda hanya benda yang ditawarkan dalam pasar uang berjangka pendek sedangkan dalam pasar modal berjangka panjang.
  3. Koperasi Simpan Pinjam
    Koperasi simpan pinjam menghimpun dana dari anggotanya lalu menyalurkannya kembali kepada anggota serta kepada masyarakat umum. Artinya koperasi akan memberikan masyarakat umum pinjaman selama uang dari anggotanya belum digunakan.
  4. Perusahaan Pegadaian
    Menyediakan pinjaman tetapi dengan jaminan tertentu. Jaminan yang di berikan nasabah tersebut di gadaikan dan pihak pegadaian menaksir nilai jaminan.
  5. Perusahaan Leasing
    Perusahaan leasing bergerak dalam bidang menyediakan biaya berupa barang-barang modal yang di inginkan oleh nasabah. Seperti pembelian barang-barang modal secara kredit maka pembayaran barang ini akan di tutup oleh perusahaan leasing sedangkan nasabah mengangsur pembayaran ke perusahaan leasing itu sendiri dengan kesepakatan yang telah di buat.
  6. Perusahaan Asuransi
    Perusahaan yang bergerak dalam bidang pertangguangan. Nasabah akan diberikan jaminan asuransi oleh pihak asuransi apabila nasabah sedang terkena musibah atau terkena resiko yang telah di perjanjikan.
  7. Perusahaan Anjak Piutang
    Perusahaan ini relatife baru ada di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai tugas utama yaitu membantu perusahaan lain yang sedang mengalami permasalahan dalam pengelolaan utangnya.
  8. Perusahaan Modal Ventura
    Perusahaan yang memberikan pembiayaan dalam bentuk kredit tanpa jaminan yang umumnya tidak di layani oleh lembaga keuangan. Jenis perusahaan ini juga termasuk relatife baru di Indonesia loh.
  9. Dana Pensiun
    merupakan perusahaan yang mengelola iuran pensiun dari suatu perusahaan pemberi kerja atau perusahaan itu sendiri.
  10. Perusahaan Kartu Plastik
    Kartu plastik? Apa hubungannya sama bank? Kartu plastik dikenal juga sebagai kartu kredit yang mempunyai fungsi seperti uang tunai, kartu plastik atau kartu kredit ini dipergunakan untuk mempermudah berbagai keperluan atau transaksi. Nah tugas dari perusahaan kartu plastik tentunya sebagai pihak penerbit kartu kredit/ kartu plastik tersebut.
Baca Juga :   Pentingnya Lalu Lintas Pembayaran Di Era Globalisasi Lengkap

Perbedaan Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank

Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank

Nah setelah mengetahui bahwa macam-macam bidang serta kegiatan antara lembaga keuangan bank dan bukan bank. Selanjutnya, apa sih yang membedakan di antara lembaga keuangan bank dan bukan bank padahal terlihat mempunyai peran yang sama yaitu pemberi pinjaman dana serta menerima dana?, nah berikut kami jelaskan mengenai perbedaan lembaga keuangan bank dan non bank,sebagai berikut :

Lembaga Keuangan Bank

Dalam menghimpun dana lembaga keuangan bank:

  1. Secara langsung berasal dari simpanan masyarakat berupa tabungan, rekening giro serta depostio.
  2. Secara tidak langsung berasal dari masyarakat berupa surat berharga, kredit pinjaman dari lembaga lain.

Sebagai penyalur dana lembaga keuangan bank:

  1. Menyalurkan dana untuk tujuan modal investasi.
  2. Memberikan kepada suatu badan usaha atau pribadi.
  3. Menyalurkan dana untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Dalam menghimpun dana:

Secara tidak langsung berasal dari masyarakat melalui surat berharga atau juga bisa melalui kredit pinjaman.

Dalam menyalurkan dana:

  1. Di berikan sebagai modal investas.
  2. Diberikann kepada badan usaha.
  3. Untuk tujuan jangka menengah serta jangka panjang

Nah… Itulah Artikel tentang Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank Lengkap, Jangan lupa untuk share artikel Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula 😊

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *