Press "Enter" to skip to content

6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank (Wajib Diketahui)

keuangankita 0

6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank – Apa sih manfaat memiliki rekening tabungan di bank? Beberapa dari kalian mungkin masih bertanya-tanya tentang kegunaan dari memiliki rekening tabungan di bank.

Sebenarnya memiliki rekening tabungan di bank ini dapat memberikan kita banyak sekali manfaat, mulai dari bertransaksi secara online, menjaga dana tetap aman, pemantauan pergerakan dana, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan.

Artikel tentang Bank selain 6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank dapat kalian akses di link berikut ini:

Bank

6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank

Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki rekening tabungan di bank:

Manfaat #1 Modal Mendapatkan Kepercayaan

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Modal Mendapatkan Kepercayaan

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang pertama adalah sebagai modal dalam mendapatkan kepercayaan bank. Kepercayaan merupakan hal yang paling penting dalam bertransaksi, apalagi jika kita bertransaksi dengan menggunakan bank. Saat kita akan mengajukan kredit di bank, bank pastinya mempertimbangkan terlebih dahulu apakah kita adalah customer yang dapat dipercaya akan mengembalikan kredit tersebut beserta dengan bunganya atau tidak.

Nahh… Rekening Tabungan ini menjadi salah satu modal kita dalam mendapatkan kepercayaan dari pihak bank saat pengajuan kredit. Pasalnya, saat mengajukan kredit, jika kita memiliki rekening tabungan di bank, bank akan mengetahui seluruh identitas kita melalui rekening tabungan tersebut, karena saat pembuatan rekening tabungan kita tentunya telah dimintai untuk melengkapi identitas kita, mulai dari nama, pekerjaan, dan lain-lain. Hal tersebut dapat memudahkan kita dalam proses mengajukan kredit ke bank.

Manfaat #2 Menerima Dana Hasil Kerja

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Menerima Dana Hasil Kerja

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang kedua adalah untuk menerima dana hasil kerja. Sekarang ini, semua hal dilakukan secara online, mulai dari bekerja, berjualan, belanja, kuliah, dan lain-lain. Lalu saat kita bekerja secara online, pastinya kita akan menerima hasil kerja kita (Gaji) secara online juga kan?

Baca Juga :   Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank Lengkap

Jika kita menerima gaji secara online, tentunya perusahaan yang mempekerjakan kita akan mentransfer gaji kita ke rekening bank kita. Meskipun saat ini banyak aplikasi dompet online, seperti OVO, Go-Pay, Dana, dan lain-lain, kebanyakan perusahaan masih menggunakan transfer ke rekening bank, karena dirasa lebih mudah dan lebih aman daripada menggunakan aplikasi dompet online.

Selain itu, saat kita berjualan di toko online, tentunya pembeli akan membeli barang yang kita jual melalui transfer bank. Sebenarnya, jika kita berjualan di marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain, pembeli bisa menggunakan aplikasi dompet lain untuk melakukan pembayaran.

Nah, saat kita menerima pembayaran dari pembeli, uang tersebut awalnya akan masuk ke aplikasi dompet online kita, setelah itu jika kita ingin mengambil uangnya secara tunai, maka kita harus mentransfer uang dari aplikasi dompet online kita ke rekening bank kita terlebih dahulu, setelah itu baru kita akan menarik uang tunai dari rekening bank kita.

Bagaimana? Banyak kan keguanaan dari rekening tabungan di bank ini, Eitt… Tapi itu hanya beberapa aja loh, masih banyak kegunaan rekening tabungan bank ini. Yuk, Simak manfaat yang berikutnya!

Manfaat #3 Memantau Pergerakan Dana

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Memantau Pergerakan Dana

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang ketiga adalah memantau pergerakan dana. Jika kita memiliki rekening tabungan di bank, kita juga dapat memantau pergerakan dana yang kita lakukan dalam waktu tertentu. Pergerakan dana ini maksudnya adalah keluar masuknya uang dari rekening tabungan kita. Jadi, nantinya kita dapat melihat apakah pemasukan kita lebih besar daripada pengeluaran atau mungkin sebaliknya.

Apalagi sekarang bank telah menyediakan layanan M-banking yang dapat memudahkan kita dalam memantau pergerakan dana rekening bank kita. Dengan menggunakan layanan ini, kita dapat memantau pemasukan dan pengeluaran rekening tabungan kita dimanapun dan kapanpun selama masih terhubung dengan jaringan internet. Jadi, jika ada pengeluaran yang tidak diharapkan, maka kita bisa mengetahuinya hanya dengan mengecek riwayat transaksi kita pada aplikasi tersebut.

Baca Juga :   Pentingnya Lalu Lintas Pembayaran Di Era Globalisasi Lengkap

Tetapi, jika kita memiliki rekening tabungan di bank tanpa menggunakan layanan M-banking, maka kita akan rugi besar, karena kita tidak dapat mengecek riwayat transaksi kita setiap waktu. Bank hanya akan mengirimkan laporan rekening koran (laporan yang berisi riwayat transaksi yang kita lakukan melalui rekening bank) dalam waktu 1 kali sebulan yang akan dikirimkan setiap minggu pertama dari bulan yang bersangkutan. Jadi, kita hanya bisa mengecek riwayat transaksi kita setiap sebulan sekali saja.

Manfaat #4 Menjaga Uangnya Tetap Aman

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Menjaga Uang Tetap Aman

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang keempat adalah menjaga uang tetap aman. Menabung di bank selain banyak manfaatnya juga terbilang aman. Kenapa? Bank selalu mempekerjakan satpam untuk menjaga brankas uangnya, sehingga bagi para perampok yang akan merampok uang di bank juga memerlukan kewaspadaan terhadap hal ini.

Selain itu, jika kita membawa uang dalam jumlah banyak saat bepergian, akan menambah resiko kita dirampok. Berbeda jika kita memiliki rekening tabungan di bank, kita hanya perlu membawa kartu ATM saja.

Kalaupun kartu tersebut nantinya akan dirampok, kita tidak perlu cemas karena saat kita memasukkan kartu tersebut ke dalam ATM, terdapat perintah untuk memasukkan PIN yang telah kita buat saat membuat rekening tabungan. Jadi, perampok tetap saja tidak akan dapat mengambil uang kita di ATM walaupun nantinya kartu ATM kita dirampok.

Manfaat #5 Memudahkan Berbagai Macam Transaksi

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Memudahkan Berbagai Macam Transaksi

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang kelima adalah memudahkan berbagai macam transaksi. Seperti yang telah diberitahukan di Poin kedua, saat ini segala macam transaksi sudah banyak yang dilakukan secara online, mulai dari berjualan, belanja, bahkan investasi pun dilakukan secara online.

Baca Juga :   Lembaga Keuangan Bank & Bukan Bank Lengkap

Jika kita melakukan transaksi secara online misalnya berjualan ataupun belanja, tentunya kita akan membutuhkan rekening bank, baik untuk menyimpan uang yang kita dapat saat menjual barang maupun untuk membayar barang yang nantinya akan kita beli.

Selain itu, untuk transaksi investasi seperti dalam membeli reksadana, saham, properti, dan lain-lain kebanyakan telah dilakukan secara online. Jadi, di jaman sekarang ini hanya dengan menggunakan ujung jari saja kita sudah bisa membeli barang apapun itu sampai berinvestasi sekalipun.

Manfaat #6 Menyimpan Dana Darurat

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan - Menyimpan Dana Darurat

Manfaat memiliki rekening tabungan di bank yang keenam adalah menyimpan dana darurat. Terkadang saat kita menyimpan uang di kantong saja, secara tiba-tiba akan timbul keinginan untuk membelanjakan uang kita. Pasalnya, jika kamu hanya menyimpan uang di dompetmu secara tunai, maka akan membuatmu semakin khilaf untuk membelanjakan uangmu dengan tujuan hanya untuk bersenang-senang aja, bahkan ada beberapa orang yang membelanjakan uangnya hanya untuk tujuan yang tidak jelas.

Jika kamu adalah tipe orang yang sulit untuk mengontrol pengeluaran kamu seperti pernyataan di atas, maka memiliki rekening tabungan di bank adalah solusi yang cocok untukmu. Jika kamu secara rutin setor uang dari gajianmu ke bank, misalnya setiap gajian 10% nya disetorkan ke rekening bank, maka lama kelamaan kamu juga akan memiliki dana lebih yang dapat digunakan jika kamu mengalami keadaan darurat.

Nah… Itulah 6 Manfaat Memiliki Rekening Tabungan di Bank. Banyak banget kan manfaatnya? Dari 6 manfaat itu, manfaat mana saja yang telah kalian rasakan nih? 😊. Jika kalian masih belum memiliki rekening tabungan di bank, maka segeralah untuk membuatnya dan rasakan manfaatnya 😊. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *