Press "Enter" to skip to content

7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses

keuangankita 0

7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses – Bagi kalian semua yang sudah belajar dan terjun ke dunia investasi pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Lo Kheng Hong, orang yang sering disebut sebagai Wurren Buffet dari Indonesia.

Lo Kheng Hong adalah seorang investor yang telah sukses dalam mencapai kebebasan finansial hanya dengan berinvestasi pada instrument saham saja. Selama perjalanan sebagai seorang investor, dia lebih memilih untuk menjadi investor jangka panjang daripada investor jangka pendek.

Lo Kheng Hong ini selalu tekun dalam belajar bagaimana caranya untuk berinvestasi dengan baik dan benar, terutama pada orang yang disebut sebagai Bapak Investasi, yaitu Wurren Buffet. Lo Kheng Hong sering membaca buku yang menjelaskan tentang Wurren Buffet dalam memperoleh kebebasan finansialnya melalui investasi.

Kabarnya kekayaan dari Lo Kheng Hong ini sudah mencapai triliunan rupiah lohh. Gimana?? Jadi tertarik kan kalian untuk mempelajari tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong  sampai bisa menghasilkan triliunan rupiah. Simak artikel berikut ini.

Artikel tentang Investasi selain 7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses dapat kalian akses di link berikut ini:

Investasi

7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses

Berikut ini adalah 7 tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang bisa bikin kita sukses dalam berinvestasi:

Tips #1 Pilihlah Perusahaan Yang Memiliki ROE Tinggi

Tips Jitu Investasi - Pilih Perusahaan Dengan ROE TInggi

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang pertama adalah dengan memilih perusahaan yang memiliki ROE tinggi. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba hanya dengan bermodalkan ekuitas atau yang disebut Return on Equity (ROE) sering dijadikan sebagai acuan bagi para investor sebelum memilih untuk berinvestasi pada saham yang menarik.

Secara historis, perusahaan yang paling menguntungkan untuk berinvestasi adalah perusahaan yang memiliki ROE tertinggi. Investor yang cerdas pastinya akan memilih perusahaan yang memiliki ROE tinggi. ROE yang tinggi ini mencerminkan keefektifan suatu perusahaan dalam mengelola ekuitasnya sehingga bisa memperoleh laba yang besar.

Nilai ROE ini telah menggambarkan dengan baik untuk mengukur sejauh mana suatu perusahaan dalam menggunakan rupiah yang mereka dapatkan. Oleh karena itulah, setiap investor harus selalu menganalisa pasar untuk mendapatkan perusahaan dengan angka ROE yang baik dan masuk akal.

Misalnya jika terdapat sebuah perusahaan dengan catatan ROE 7%. Sudah bisa dipastikan kalau perusahaan dengan ROE 7% ini akan kurang menarik perhatian investor. Hal ini wajar, karena kisaran angka tersebut hampir sama dengan angka deposito di Indonesia.

Setiap investor akan beranggapan bahwa buat apa juga mereka memilih untuk berinvestasi dengan resiko yang tinggi apabila imbal hasil yang didapatkan tidak lebih baik dari instrument investasi tersebut, yaitu Deposito, Sukuk, dan Obligasi lainnya.

Baca Juga :   7 Keuntungan Investasi Properti Untuk Masa Depan

Tips #2 Perhatikan Tata Kelola Perusahaan

Tips Jitu Investasi - Perhatikan Tata Kelola Perusahaan

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang kedua adalah kita harus memperhatikan tata kelola perusahaan yang akan dipilih. Tata Kelola perusahaan yang baik dinilai dapat memberikan keuntungan yang lebih besar pada para investor.

Hal ini dikarenakan kinerja saham emiten dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik akan jauh lebih tinggi daripada saham emiten dengan penerapan tata kelola perusahaan yang buruk. Volatilitas harga saham emiten dengan penerapan tata kelola perusahaan yang buruk juga jauh lebih tinggi dibandingkan saham emiten dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

Selain itu, tata kelola perusahaan yang baik ini juga akan menunjukkan kemampuan dari pihak manajemen dalam mengelola perusahaannya. Perusahaan dengan tata kelola yang baik tentunya tidak akan ragu untuk membuka informasi yang akurat kepada publik.

Ada lima prinsip dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik, yaitu independensi, kejujuran, transparansi, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Prinsip ini sebenarnya berdasarkan pada tujuan perusahaan dalam memaksimalkan nilai pemegang saham.

Walaupun begitu, sebelum kalian memutuskan untuk berinvestasi pada saham, kalian harus mempertimbangkan banyak aspek juga, tata kelola perusahaan yang baik hanyalah sebagian kecil dari aspek tersebut, misalnya seperti pertumbuhan kinerja keuangan, volume jual beli, likuiditas, sentiment, berita keuangan, hingga perkembangan dari sektor usaha emiten.

Tips #3 Bandingkan Dengan Perusahaan Kompetitor

Tips Jitu Investasi - Bandingkan Dengan Perusahaan Kompetitor

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang ketiga adalah bandingkan perusahaan yang kita akan pilih dengan perusahaan kompetitornya. Nilai pasar dari suatu saham dan jumlah keuntungan yang akan diperoleh oleh seorang investor dapat dilihat dari PBV (prive per book value) dan PER (price earning ratio).

Kedua elemen ini sangatlah penting untuk kalian jadikan sebagai alat pengukur harga saham perusahaan, apakah saham tersebut undervalued ataupun overvalued. Nahh, jika kalian berinvestasi untuk tujuan jangka panjang, maka pilihlah perusahaan yang overvalued.

Tapi, perlu kalian ingat, bahwa keputusan tersebut memerlukan analisis lanjutan untuk memastikan bahwa harga tersebut di kemudian harinya akan tetap naik. Misalnya jika suatu perusahaan memiliki PER 20, maka kita akan mendapatkan informasi bahwa sahamnya dijual 20 kali lipat dari EPS-nya, namun hal itu tidak memberikan informasi apakah laba yang diperoleh sebanding dengan hasil penjualannya atau tidak.

Oleh karena itulah, hanya melihat pada PER ataupun PBV perusahaan ini tidak akan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada kita apakah perusahaan tersebut lebih efisien jika dibandingkan dengan perusahaan lain dalam operasinya.

Tips #4 Pastikan Kondisi Finansial Mendukung

Tips Jitu Investasi - Pastikan Kondisi Finansial Mendukung

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang keempat adalah dengan memastikan kalau kondisi finansial kita mendukung investasi kita juga. Sebelum kalian berinvestasi pastikan juga kalau kalian memiliki uang yang mencukupi untuk kebutuhan investasi kalian.

Baca Juga :   6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Wajib Kita Ketahui

Sebenarnya, saat ini hanya dengan modal 100 ribu saja kalian sudah dapat membeli mulai dari satu hingga dua lot saham. Tetapi, pastinya keuntungan yang kalian dapatkan juga akan sangat kecil, bahkan keuntungan tersebut tidak dapat digunakan untuk membeli lot saham yang baru.

Maka dari itu, jika kalian berinvestasi dalam jumlah yang sedikit seperti 100 ribu saja, maka kalian juga harus menyiapkan mental karena kalian juga akan mendapatkan imbal hasil yang sangat sedikit pula, jangan sampai kalian berhenti berinvestasi karena hasilnya tidak sesuai yang kalian harapkan.

Walaupun begitu, jika kalian terus memperbanyak investasi kalian mulai dari sedikit demi sedikit secara konsisten lama-lama juga akan menghasilkan keuntungan yang semakin besar pula. Karena itu, memulai investasi harus kalian lakukan sedini mungkin agar di masa mendatang nanti kalian sudah bisa menikmati keuntungannya.

Oleh karena itulah, Master Lo Kheng Hong ini sangat menyarankan kepada para investor untuk memiliki kondisi finansial yang mendukung terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Tetap ingat, jangan pernah sekali-kali kalian memakai uang orang lain ataupun meminjam uang untuk tujuan investasi.

Tips #5 Berani Mengambil Resiko Demi Keuntungan

Tips Jitu Investasi - Berani Mengambil Resiko Demi Keuntungan

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang kelima adalah berani dalam mengambil resiko demi keuntungan yang sebanding. Dalam setiap investasi yang dilakukan terdapat resiko mulai dari yang tinggi hingga yang rendah. Semakin tinggi resiko yang diambil, semakin tinggi pula imbal hasil yang akan didapatkan begitu juga sebaliknya.

Tetapi, untuk kalian para investor pemula, sebelum kalian mengambil resiko yang tinggi karena juga menginginkan imbal hasil yang tinggi pula. Kalian harus mempelajari terlebih dahulu resiko investasi yang akan kalian tanggung dan memulai untuk berinvestasi pada resiko rendah terlebih dahulu.

Jika pengalaman dan pengetahuan kalian sebagai seorang investor telah meningkat, kalian bisa secara bertahap memulai berinvestasi pada resiko yang lebih tinggi.

Hal ini karena dari semua investor saat ini, mereka berani mengambil resiko yang tinggi karena memiliki ilmu dan pengalaman dalam menganalisa perkembangan pasar. Selain itu, mereka juga percaya pada kemampuan mereka dalam menganalisis dan percaya bahwa mereka dapat memperoleh imbal hasil yang maksimal.

Tips #6 Sabar, Fokus, & Tetap Disiplin Dalam Berinvestasi

Tips Jitu Investasi - Sabar Fokus dan Disiplin

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang keenam adalah harus sabra, fokus, dan disiplin dalam melakukan investasi. Saat ini, instrument investasi sudah sangat beragam, mulai dari saham, obligasi, emas, reksadana, deposito, valuta asing, dan lain-lain.

Namun, Hanya investasi saham saja yang mendapat perhatian dari Lo Kheng Hong. Dengan begitu, dia bisa fokus untuk mengamati perkembangan harga saham dan memaksimalkan seluruh peluang investasi saham yang ada.

Baca Juga :   11 Kesalahan Investor Pemula Yang Sering Dilakukan

Selain fokus pada satu jenis investasi, Lo Kheng Hong juga menyarankan agar kalian tetap sabar dan disiplin dalam berinvestasi. Karena pada dasarnya, untuk memperoleh imbal hasil yang tinggi tidak semudah membalikkan telapak tangan saja. Dibutuhkan proses yang panjang pula untuk ukuran modal yang sangat minim dalam menghasilkan laba maksimum.

Tips #7 Jangan Dengarkan Perkataan Orang Lain

Tips Jitu Investasi - Jangan Dengarkan Perkataan Orang Lain

Tips jitu investasi ala Lo Kheng Hong yang ketujuh adalah dengan tidak mendengarkan perkataan dari orang lain. Ini adalah tips jitu investasi yang paling penting karena saat ini banyak sekali orang yang mengatakan bahwa investasi itu sangat sulit, rugi, dan lain-lain. Hal tersebut merupakan fakta yang tidak bisa terlepas lagi dalam dunia investasi.

Memang benar bahwa investasi itu hal yang sangat sulit dan dapat membuat rugi, tetapi jika kalian mulai untuk belajar dan terjun langsung ke dunia investasi, maka kesulitan dan kerugian itu bisa kalian ubah menjadi kemudahan dan keuntungan di masa depan selama kalian tetap konsisten.

Apapun yang dikatakan orang lain tentang investasi, sebaiknya jangan dengarkan perkataan orang tersebut. Apalagi jika orang itu malah ingin kalian agar membatalkan niat kalian dalam memulai untuk investasi, wahh langsung saja kalian hiraukan kalau orang yang begini nih.

Kalian bisa gunakan waktu luang kalian untuk belajar cara berinvestasi serta mempertajam ilmu investasi kalian. Caranya bisa dengan mengikuti pelatihan, seminar, ataupun kursus tentang investasi yang diadakan. Jika memang diperlukan belilah beberapa buku yang membahas mengenai dunia investasi.

Kenapa harus membeli buku? Bahkan Lo Kheng Hong ini juga mengoleksi buku dari Warren Buffet sebagai dasar untuk berinvestasi. Tidak hanya membaca buku tentang Warren Buffet sekali saja, tetapi dia membacanya dua sampai tiga kali hingga dia benar-benar paham tentang apa yang disampaikan oleh Bapak Investasi ini.

Nah… Itulah 7 Tips Jitu Investasi Ala lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses, Gimana nih? Jadi pengen nyoba buat belajar dan terjun ke dunia investasi setelah ini kalian. Tetap semangat belajar dan berusaha agar investasi yang kita semua lakukan nantinya dapat memberikan imbal hasil yang maksimal 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 7 Tips Jitu Investasi Ala lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

7 Tips Jitu Investasi Ala Lo Kheng Hong Yang Bisa Bikin Sukses

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *