Press "Enter" to skip to content

5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui

keuangankita 0

5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui – Setiap produk dari perusahaan asuransi pasti memiliki keunggulan dan benefitnya masing-masing. Tapi sebenarnya bagaimana cara untuk memilih asuransi yang terbaik untuk diri kita? Kelihatannya semua jenisnya juga menguntungkan bagi kita?

Yapp, Betul, asuransi yang terbaik adalah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita saat ini dan di masa depan. Kenapa begitu? Yah contohnya begini aja, ngapain juga kalian beli asuransi perjalanan jika kalian sedang tidak akan melakukan travelling?

Asuransi akan sangat membantu kita jika kita membelinya pada saat yang tepat juga. Karena itu untuk membeli asuransi juga diperlukan pertimbangan agar nantinya tidak salah beli juga. Tapi, pertimbangan yah pertimbangan, jangan sampai nantinya malah gak jadi beli asuransi gara-gara kelamaan pertimbangan.

Jadinya kan kita malah menunda untuk beli asuransi, dan pastinya taulah kalau semua hal itu bisa terjadi kapanpun, jadi jangan sampai nantinya kita malah kena batunya juga yah 😊.

Sekarang ini sudah banyak agent asuransi yang memberikan jasa konsultasi mengenai asuransi yang cocok dengan kebutuhan kita. Jadi, kalau kita kesulitan untuk mempertimbangkan asuransi yang tepat untuk kebutuhan kita, kita bisa berkonsultasi pada mereka saja agar bisa segera diberikan solusinya, sehingga kita tidak menunda-nunda dalam membeli asuransi.

Oleh karena itu, sebelum membeli sebuah produk asuransi carilah dulu informasi tentang produk asuransi tersebut, baik dari media online maupun offline. Jangan lupa juga untuk sering membaca tips memilih asuransi dari orang lain, agar kita tidak salah dalam memilih produk asuransi nantinya 🙂

Artikel tentang asuransi selain 5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui dapat kalian akses di link berikut ini:

Asuransi

5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui

Berikut ini adalah 5 tips memilih asuransi terbaik yang wajib diketahui oleh setiap orang yang sedang mencari asuransi:

Tips Memilih Asuransi #1 Pelajari Setiap Perusahaan Asuransi

Tips Memilih Asuransi - Pelajari Profil Perusahaan Asuransi

Tips memilih asuransi terbaik yang pertama adalah dengan mempelajari setiap perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransinya. Sebelum kita membeli produk asuransi perusahaan, sebaiknya kita mempelajari dahulu profil perusahaan asuransi tersebut.

Apa saja yang harus kita pelajari dari profil perusahaan asuransi tersebut? Yang pertama pastinya harus kita pelajari adalah track record (rekam jejak) dari perusahaan itu. Yang dimaksud dari track record perusahaan adalah pengalaman perusahaan selama menyediakan produk asuransi.

Baca Juga :   Tidak Disadari? Inilah 5 Alasan Milenial Perlu Asuransi Untuk Masa Depan

Apakah perusahaan ini terbukti membayar preminya? Ataukah hanya bohongan saja? Kalian bisa bertanya pada orang yang sudah pernah membeli produk asuransi perusahaan tersebut. Dan kalian juga bisa melihat testimoni yang diberikan oleh orang-orang, tapi jangan sampai tertipu dengan testimoni bohongan, testimoni yang benar biasanya pasti mengikut sertakan nama dan latar belakang dari pelanggan yang memberikan.

Yang selanjutnya harus kita pelajari dari perusahaan asuransi adalah mengenai premi yang diberikan. Jangan sampai nantinya kita membeli asuransi hanya karena tergiur dengan premi yang murah. Tapi kan siapa juga yang tidak mau jika diberi premi murah?

Iyah, saya juga mau, tapi harus kita pastikan dulu juga apakah nanti perusahaan tersebut memang benar-benar membayar atau hanya bohongan saja. Jangan sampai kalian nantinya tertipu oleh produk asuransi bodong. So, tetaplah waspada sebelum membeli asuransi, seperti yang saya bilang tadi, kalian juga bisa berkonsultasi dahulu kepada agent asuransi yang terpercaya sebelum membeli.

Tips Memilih Asuransi #2 Pilih Asuransi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Asuransi - Pilih Sesuai Kebutuhan

Tips memilih asuransi terbaik yang kedua adalah dengan memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita, baik untuk saat ini maupun masa depan. Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita, tentu saja akan membantu kita disaat yang tepat juga nantinya.

Apa yang terjadi jika kita memilih asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita? Yah tentu saja, walaupun kita memiliki asuransi tersebut, misalnya kita membeli asuransi perjalanan seperti di atas tadi, tapi kita tidak akan melakukan perjalanan apapun, yah nanti pastinya kan menjadi tidak berguna bagi kita dan malah tidak bisa kita gunakan.

Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan akan membantumu disaat yang tepat juga. Misalnya ada orang tua yang memiliki anak dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa dari suatu perusahaan. Nah… Jika nantinya orang tua ini meninggal akan menyebabkan hilangnya pendapatan yang berakibat kesulitan keuangan bagi keluarganya.

Disinilah asuransi jiwa tersebut berperan bagi keluarga yang ditinggalkan. Asuransi jiwa dapat memastikan bahwa anak-anak akan memiliki sumber keuangan yang mereka butuhkan sampai mereka dapat menghidupi diri mereka sendiri. Oleh karena itu yah temen-temen, membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita itu adalah kewajiban mutlak bagi setiap orang yang ingin hidupnya aman sejahtera.

Kalau kita memang belum memiliki asuransi kesehatan, sebagai awal dalam membeli produk asuransi sebaiknya kita memilih ini, agar nantinya kita bisa terproteksi saat sakit dan memerlukan perawatan medis yang biayanya juga diluar jangkauan. Sakit itu bisa datang kapanpun bahkan disaat yang tidak kita duga, karena itu jangan sampai kalian menunda untuk membeli asuransi yang satu ini yah temen-temen.

Tips Memilih Asuransi #3 Sesuaikan Premi Dengan Kemampuan Finansial

Tips Memilih Asuransi - Sesuaikan Premi Dengan Kebutuhan Finansial

Tips memilih asuransi terbaik yang ketiga adalah dengan menyesuaikan premi yang akan kita beli dengan kemampuan finansial kita. Bagaimana tidak, jika kita membeli asuransi dengan premi yang terlalu mahal, maka nantinya keuangan kita juga yang akan terdampak. Jangan sampai memilih produk asuransi yang nantinya akan mengancam keuanganmu.

Baca Juga :   4 Tanda Kamu Butuh Asuransi Jiwa Untuk Masa Depan

Di saat kita membeli suatu produk asuransi dari perusahaan, pastinya akan terdapat berbagai pilihan besaran premi yang nantinya dapat kita pilih sendiri. Tapi premi dengan harga berapa yang sebaiknya kita pilih? Sebaiknya kita memilih premi yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita dan benefit yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Jika kita memilih premi yang terlalu murah, nantinya benefit yang akan kita dapatkan juga tidak akan sesuai dengan kebutuhan kita. Bisa jadi, jika kebutuhan kita nantinya lebih besar dari premi yang kita bayarkan, perusahaan asuransi malah hanya membayar sebagian kecil dari kebutuhan kita saja.

Jika kita memilih premi yang terlalu mahal juga, nantinya akan berdampak pada keuangan kita juga. Memang sih nanti benefit yang akan kita dapatkan juga akan jadi lebih banyak daripada biasanya, tapi buat apa juga kalau suatu saat nanti bisa memberatkan keuangan kita. Asuransi yang seharusnya jadi investasi, kan malah jadi beban buat kita.

Tips Memilih Asuransi #4 Pilih Sistem Cashless

Tips Memilih Asuransi - Pilih Sistem Cashless

Tips memilih asuransi terbaik yang keempat adalah dengan memilih sistem asuransi yang cashless. Mengapa kita harus memilih sistem cashless? Tentu saja, agar kamu bisa mendapatkan fasilitasnya tanpa mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu.

Buat yang belum paham tentang sistem cashless, Jadi sistem cashless itu adalah sistem pembayaran asuransi dengan menggunakan kartu. Jadi mereka yang merupakan tertanggung asuransi cashless dapat membayar biaya (missal biaya pengobatan di rumah sakit) hanya dengan bermodal kartu peserta yang telah diberikan perusahaan asuransi.

Misalnya nih, kita sedang sakit lalu kita pergi ke rumah sakit untuk berobat, kita hanya perlu membawa kartu peserta asuransi saja. Kartu ini hampir sama layaknya kartu kredit yang digunakan untuk transaksi pembayaran.

Kartu peserta tersebut kemudian akan diverifikasi oleh tenaga administrasi di rumah sakit terlebih dahulu. Tenaga administrasi akan mengecek apakah manfaat plafon biaya pengobatan atau hospital benefit masih mencukupi atau tidak. Jika plafon biaya pengobatannya masih mencukupi, maka kita bisa langsung berobat di rumah sakit tersebut.

Berbeda dengan sistem reimbursement. Dalam sistem ini, jika peserta asuransi dirawat di rumah sakit, maka peserta asuransi tersebut harus membayar keseluruhan biaya rumah sakit terlebih dahulu dengan menggunakan uang pribadi.

Jadi, dalam sistem cashless ini, peserta asuransi tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun jika dia dirawat dirumah sakit atau sedang mengalami hal lain yang dapat dibayar oleh asuransi.

Untuk mendapatkan penggantian biaya dari perusahaan asuransinya, peserta asuransi harus mengajukan klaim ke perusahaan asuransi dengan cara mengisi dan mengirimkan formulir klaim beserta dengan melampirkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, seperti faktur dan lain-lain.

Baca Juga :   6 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi Yang Sering Dilakukan

Dan jika proses administrasi klaim telah selesai dilakukan, barulah peserta asuransi akan mendapatkan kembali uang penggantian biaya tersebut.

Oleh karena itu, jika kalian ingin membeli produk asuransi, sebaiknya kalian membeli produk dengan sistem cashless. Walaupun biasanya jika kita membeli produk asuransi dengan sistem cashless harganya akan lebih mahal, tapi sistem ini lebih baik jika kalian ingin menghindari resiko kenakalan perusahaan asuransi, serta lamanya pencairan dana dari perusahaan asuransi.

Tips Memilih Asuransi #5 Memiliki Rekanan Yang Luas

Tips Memilih Asuransi - Memiliki Rekanan Yang Luas

Tips memilih asuransi terbaik yang kelima adalah dengan memilih perusahaan yang memiliki rekanan yang luas. Apa yang dimaksud rekanan yang luas? Maksudnya adalah perusahaan asuransi tersebut memiliki cabang di banyak tempat, atau memiliki agent yang banyak.

Jika perusahaan asuransi memiliki jaringan rekanan yang luas, kita akan semakin mudah untuk mengakses fasilitasnya dimanapun dan kapanpun. Kita juga akan semakin mudah untuk menghubungi perusahaan asuransi jika sewaktu-waktu kita sudah bisa mengambil premi kita.

Berbeda jika kita memilih perusahaan asuransi yang masih memiliki rekanan yang sedikit. Nantinya kita akan kesusahan untuk memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Untuk mengambil premi pun nantinya juga akan kesusahan karena masalah perusahaan yang jauh dari tempat tinggal kita atau mungkin agent yang mendadak sulit dihubungi.

Jika seperti itu, kita juga yang akan kesusahan nantinya, bisa jadi asuransinya malah berujung ke produk asuransi bodong. Wahh… Jangan sampai kita memilih perusahaan asuransi yang salah yah, karena akibatnya bukan hanya ke kita saja, tapi juga akan berdampak ke keuangan keluarga kita.

Jadi, mulai sekarang pertimbangkanlah tips memilih asuransi ini sebelum kalian membeli sebuah asuransi. Karena sekarang ini sudah sangat banyak orang yang menjadi korban dari perusahaan asuransi baik yang tidak membayar ataupun yang lainnya. Tetap berhati-hati dan selalu cari informasi yah temen-temen.

“Jangan hanya termakan dengan harga, tapi lihat juga pelayanan dari agennya”

Nah… Itulah 5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui, Jangan sampai kalian salah dalam memilih asuransi yah temen-temen, pilihlah perusahaan asuransi yang memang benar-benar terpercaya dan sudah memiliki rekam jejak yang bagus… 😊

Jangan lupa untuk share artikel 5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

5 Tips Memilih Asuransi Terbaik Yang Wajib Diketahui

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *